CarsInfo

Kapan Waktunya Ganti Oli Untuk Mobil?

ganti oli mobil

Kapan Waktunya Ganti Oli Untuk Mobil?, Carscheck.id – Mengganti oli mobil ialah salah satu tindakan perawatan penting yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan kamu.

Oli berfungsi sebagai pelumas yang bisa melindungi komponen-komponen mesin dari gesekan dan juga panas berlebih. Namun, pertanyaannya adalah, kapan sih sebaiknya Anda mengganti oli mobil?

Berikut ini ialah beberapa panduan mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil:

  1. Berdasarkan Jarak Tempuh (Km):
    • 10.000 Kilometer atau 6 Bulan: Anjuran dari pabrikan mobil saat ini adalah untuk mengganti oli setiap 10.000 kilometer atau juga setiap enam bulan sekali. Ini berarti kamu sebaiknya melakukan penggantian oli berdasarkan jarak tempuh yang telah ditetapkan oleh pabrikan atau setiap enam bulan.
    • 5.000 Kilometer: Beberapa bengkel juga menyarankan untuk mengganti oli setiap 5.000 kilometer. Hal ini terutama berlaku jika kondisi jalanan di daerah kamu dianggap tidak normal, misalnya kemacetan di kota besar seperti Jakarta.
  2. Berdasarkan Waktu (Bulan):
    • Setiap 3 Bulan Sekali: Interval ini juga cocok untuk kendaraan tua dengan intensitas pemakaian yang tinggi. Jika mobil kamu berusia lebih dari sepuluh tahun dan sering digunakan dalam cuaca ekstrem, mengganti oli setiap 3 bulan sekali adalah pilihan yang sangat baik.  Jika dalam waktu 3 bulan kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 kilometer, penggantian oli tentu sangat disarankan karena kualitas oli akan menurun seiring dengan penggunaan kendaraan.
    • Setiap 6 Bulan Sekali: Rentang waktu ini cocok untuk kendaraan yang lebih baru dengan intensitas penggunaan yang tinggi. Terutama jika kamu menggunakan mobil sebagai sarana transportasi sehari-hari, mengganti oli dalam rentang waktu ini akan membantu menjaga kinerja optimal kendaraan dan mencegah masalah yang mengganggu.
bengkel mobil balikpapan

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Tanda-tanda Oli Mesin Mobil Harus Diganti:

    • Perhatikan Tandanya: Selain mengikuti panduan di atas, penting juga untuk mengenali tanda-tanda bahwa oli mesin mobil harus diganti. Beberapa tanda yang perlu diperhatikan antara lain:
    • Warna Berubah: Jika warna oli berubah jadi gelap atau keruh, ini bisa menjadi indikasi bahwa oli sudah tercemar dan perlu diganti.
    • Bau yang Tidak Sedap: Bau yang tidak sedap dari mesin bisa menandakan adanya masalah pada oli.
    • Penurunan Kinerja Mesin: Jika mesin terasa kurang ada tenaga atau ada ketidaknormalan dalam kinerja mesin, periksa kondisi oli.

Baca juaga: Ini Alasan Kenapa Mobil Gak Bisa Di Starter

Ingatlah bahwa mengganti oli secara rutin akan membantu memperpanjang umur mesin mobil Anda dan menjaga performanya. Pastikan untuk selalu mengikuti panduan dari pabrikan dan berkonsultasi dengan bengkel terpercaya untuk perawatan yang optimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *