CarsInfo

Kenapa Asap Mobil Hitam?

asap mobil

Asap Mobil Hitam, Carscheck.id – Asap hitam yang keluar dari knalpot mobil kita bisa menjadi pertanda adanya masalah pada mesin. 

Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan asap mobil menjadi hitam:

  1. Kotornya Filter Udara: Filter udara memiliki fungsi penting untuk membersihkan dan juga menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika permukaan filter tadi sudah terlalu kotor karena debu dan pasir, saluran udara bisa tersumbat loh, mengurangi udara yang masuk ke ruang bakar. Akibatnya, pembakaran jadi tidak sempurna dan asap hitam keluar dari knalpot.
  2. Sensor Oksigen Rusak: Sensor oksigen mengirim informasi ke unit kontrol mesin agar mobil berjalan efisien dan mengatur emisi. Jika sensor oksigen bermasalah, mobil dapat mengalami idle yang buruk, konsumsi bahan bakar tinggi, dan masalah lainnya.
  3. Terlalu Banyak Campuran Bensin: Jika terlalu banyak campuran bahan bakar (bensin atau juga diesel), pembakaran tidak optimal. Kelebihan bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna ini akan menghasilkan asap hitam yang pekat.
bengkel mobil balikpapan

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa langkah:

  • Membersihkan Dari Ruang Silinder: Jika ada sisa bahan bakar di ruang silinder mobil, segera bawa mobil ke bengkel untuk segera dibersihkan.
  • Rutin Servis Mobil: Ganti oli teratur, bersihkan filter, dan pastikan mobil dalam kondisi baik agar tidak mengeluarkan asap hitam.

Ingatlah bahwa mengatasi masalah ini segera akan membantu menjaga performa mesin dan mengurangi polusi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *