CarsTips

Waktu Membersihkan AC Mobil

Waktu Membersihkan AC Mobil

Waktu Membersihkan AC Mobil, Carscheck.id – Sebagai pemilik mobil, menjaga kesehatan dan kinerja air conditioner (AC) pada kendaraan kamu sangat penting. AC yang bersih dan juga terawat akan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Berikut adalah beberapa informasi tentang waktu yang tepat untuk membersihkan AC mobil:

  • Jadwal Servis Rutin:

Ganti Filter AC: Waktu ideal untuk servis berkala pada AC mobil adalah setiap kelipatan 10.000 kilometer. Servis ini melibatkan pembersihan AC dari debu dan kotoran. Dengan melakukan servis ini secara rutin, AC akan lebih awet. 

Servis Besar: Untuk servis besar, sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 20 ribu hingga 40 ribu kilometer atau juga setiap dua tahun. Pada servis besar, selain pembersihan, AC juga diperiksa secara menyeluruh dan juga mendetail. Perawatan rutin lainnya termasuk juga pembersihan komponen evaporator setiap 8-12 bulan dan juga penggantian filter kabin setiap 6 bulan.

  • Alasan AC Harus Diservis:

Debu dan Kotoran: AC yang tidak rutin diservis akan menumpuk banyak kotoran pada komponen-komponennya. Kotoran ini dapat menghambat kinerja AC dan memicu masalah lebih besar di kemudian hari. Oleh karena itu, rutin membersihkan dan merawat AC sangat penting agar tidak cepat rusak dan menghindari biaya perbaikan yang lebih besar.

Biaya Service AC Mobil:

Biaya servis AC bervariasi tergantung pada merk mobil dan kondisi AC. Ada dua jenis servis: Cuci atau Pembersihan AC Mobil: Biaya ini tergantung pada jenis pabrikan mobil (Jepang atau Eropa). Untuk mobil Jepang, biayanya berkisar sekitar Rp300 ribu, sedangkan untuk mobil Eropa berkisar antara Rp1,2 juta hingga Rp2 juta. Perbedaan harga disebabkan oleh tipe komponen yang digunakan.

Ganti Spare Part AC Mobil: Biaya ini tergantung pada jenis spare part yang diganti. Secara umum, biayanya berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp850 ribu.

Ganti Magnetic Clutch: Komponen ini berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kerja kompresor AC. Biaya penggantian magnetic clutch juga bervariasi tergantung jenis mobil.

Jadi, pastikan kamu merawat AC mobil secara rutin agar tetap nyaman dan berfungsi dengan baik selama perjalanan!

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *