CarsTips

Kenapa AC Mobil Bau

Kenapa AC Mobil Bau

Kenapa AC Mobil Bau, Carscheck.id – AC mobil yang berbau tidak sedap bisa menjadi pengalaman yang mengganggu saat berkendara. Berikut beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi bau tak sedap pada AC mobil:

  • Freon yang hampir habis: Freon adalah senyawa kimia yang digunakan dalam sistem pendingin AC mobil. Jika freon hampir habis, AC mobil dapat mengeluarkan bau apek. Perhatikan juga dari suhu AC yang mungkin tidak lagi dingin.
  • Penumpukan jamur di evaporator: Evaporator adalah bagian dari sistem AC yang menyerap panas dari udara. Kelembaban pada evaporator dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bau pesing. Bau ini biasanya tercium saat mesin mobil dinyalakan.
  • Kerusakan pada tangki bensin: Bau bensin yang keluar dari AC mobil mungkin disebabkan oleh kerusakan pada tangki bensin. Pastikan tutup tangki bensin yang terpasang dengan baik dan tidak ada tumpahan bensin di dalam mobil.
  • Asap knalpot: Jika kamu mencium bau asap knalpot melalui AC mobil, kemungkinan asap tersebut masuk ke komponen mobil. Hindari berkendara dekat truk atau juga kendaraan yang mengeluarkan banyak asap.
  • Overheat pada mesin AC: Setelah digunakan dalam waktu lama, mesin AC mobil bisa mengalami overheat dan juga mengeluarkan bau gosong.

Pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada AC mobil dan juga membersihkan evaporator secara berkala agar AC tetap berfungsi dengan baik. Jika bau masih berlanjut, sebaiknya periksakan ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *