CarsTips

Catet Nih Tol Terpadat Saat Musim Mudik Lebaran Tiba

Tol Terpadat Saat Musim Mudik Lebaran

Catet Nih Tol Terpadat Saat Musim Mudik Lebaran Tiba, Carscheck.id – Mudik Lebaran merupakan momen yang dinantikan oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan merayakan bersama. 

Tapi, perjalanan mudik juga seringkali diwarnai dengan kemacetan di jalan tol. Berikut adalah beberapa informasi mengenai tol paling padat selama masa mudik Lebaran:

  • Gerbang Tol Cikampek Utama (GT Cikampek Utama):

Ruas tol ini menghubungkan Jakarta dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada H-4 Lebaran 2022, antrean kendaraan yang ada di GT Cikampek Utama mencapai puncaknya, dan volume kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek naik hingga 40,7% dibandingkan lalu lintas normal. Lebih dari setengahnya yang menuju ke arah Trans Jawa, menghubungkan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  • Gerbang Tol Cikupa (GT Cikupa):

GT Cikupa yang mengarah ke Merak dan menjadi salah satu titik rawan kemacetan saat mudik Lebaran 2022.

  • Gerbang Tol Ciawi (GT Ciawi):

GT Ciawi mengarah ke Puncak dan juga menjadi titik rawan kemacetan.

  • Gerbang Tol Kalihurip Utama (GT Kalihurip Utama):

GT Kalihurip Utama mengarah ke Trans Jawa dan Bandung.

  • Pergerakan Penumpang Angkutan Penyeberangan:

Pada H-7 sampai hari kedua Lebaran, jumlah dari pergerakan penumpang didominasi oleh penumpang angkutan penyeberangan. Pelabuhan-pelabuhan sibuk seperti Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan juga Kariangau Balikpapan menjadi titik terpadat untuk penumpang keberangkatan.

  • Tips Menghadapi Kemacetan:

Berangkat lebih awal, dimana untuk menghindari puncak arus mudik. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi baik dan siap menghadapi perjalanan panjang. Istirahat secara teratur dan perhatikan kondisi tubuh agar tetap segar selama perjalanan.

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *