CarsTips

Ini Dia Fungsi Gardan Mobil!

gardan mobil

Ini Dia Fungsi Gardan mobil!, Carscheck.id – Seperti yang kita ketahui bahwa gardan mobil menjadi salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan. Karena fungsi dari gardan mobil untuk penyalurkan tenaga dari mesin roda belakang. Jadi, mobil tidak bisa dikendarai tanpa adanya gardan mobil.

Apa Sih Gardan Mobil Itu?

Diketahui jika mobil dapat berjalan berarti mobil tersebut harus memiliki tenaga penggerak bukan? Tapi ada beberapa orang menyatakan bahwa mobil dapat berjalan karena adanya mesin di dalamnya, tanpa mereka berpikir bagaimana mengetahui prosesnya.

Pengertian dari gardan itu berasal dari kata cardan, dan mempunyai arti roda – roda gigi. Cardan adalah sebuah alat yang bisa memberikan perbedaan putaran di antara kedua roda (roda depan dan roda belakang mobil). Dan oleh sebab itu gardan mempunyai fungsi sebagai memindahkan tenaga ke mesin bagian roda mobil, dengan cara ini maka mobil pun bisa berjalan dengan sempurna.

Fungsi Dari Gardan Mobil

Pada dasarnya fungsi dari gardan mobil sebagai komponen yang berperan untuk menyalurkan tenaga ke mesin lalu ke poros roda mobil. nah, tenaga yang disalurkan tersebut berasal dari sebuah prosesnya pembakaran yang terjadi di dalam ruang pembakaran mesin.

Kemudian dari proses pembakaran itu akan menghasilkan tenaga yang menggerakkan piston yang berupa gerakan naik turunnya pemutaran poros engkol.

Bagi tenaga yang sudah dihasilkan maka nanti akan melewati transmisi ke propeller shaft, lalu dilanjut dengan menghasilkan tenaga yang akan diteruskan ke roda mobil, maka tenaga tersebut dapat mengerjakan mobil dan sudah dapat melaju kenalan.

Maka kesimpulannya adalah gardan mobil itu mempunyai fungsi yang dapat meneruskan tenaga yang hasilnya dari proses pembakaran menuju poros roda dan setelah melewati transmisi serta propeller shaft. Nah, dengan prosesnya tenaga tersebut maka mobil kamu bisa bergerak dan sudah bisa melaju.

Ada pun fungsi dari gardan mobil untuk memperbesar momen serta untuk membedakan putaran roda amatiran putaran roda kiri dan putaran roda kanan pada saat kamu hendak ingin berbelok.

Berikut ini adalah komponen yang ada di gardan mobil

  • Axle Shaft

Axle shaft ada dua bagian, yaitu axle shaft kanan dan axle shaft kiri. komponen axle shaft ini tugasnya untuk meneruskan putaran yang dihasilkan side gear yang fungsinya untuk memutar roda. 

  • Axle Housing¬†

Axle housing ini terbuat dari plat baja yang kuat, sehingga berfungsi untuk melindungi seluruh komponen gardan mobil.

  • Side Gear

Komponen side gear ini ada dibagikan differencial case carrier dan dapat dipasang di bagian kiri pinion gear dan bagian kanan. side gear ini berfungsi untuk meneruskan suatu putaran yang berasal dari pinion gear menuju roda mobil.

  • Defferential Case Carrier

Komponen ini diletakan pada bagian tengah ring gear, yang berfungsi untuk sebagai tempat pinion dan side gear.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Apa Itu General Check Up Mobil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *