Ini Dia Fungsi Gardan mobil!, Carscheck.id – Seperti yang kita ketahui bahwa gardan mobil menjadi salah satu komponen mobil yang harus diperhatikan. Karena fungsi dari gardan mobil untuk penyalurkan tenaga dari mesin roda belakang. Jadi, mobil tidak bisa dikendarai tanpa adanya gardan mobil.
Daftar Isi :
ToggleApa Sih Gardan Mobil Itu?
Diketahui jika mobil dapat berjalan berarti mobil tersebut harus memiliki tenaga penggerak bukan? Tapi ada beberapa orang menyatakan bahwa mobil dapat berjalan karena adanya mesin di dalamnya, tanpa mereka berpikir bagaimana mengetahui prosesnya.
Pengertian dari gardan itu berasal dari kata cardan, dan mempunyai arti roda – roda gigi. Cardan adalah sebuah alat yang bisa memberikan perbedaan putaran di antara kedua roda (roda depan dan roda belakang mobil). Dan oleh sebab itu gardan mempunyai fungsi sebagai memindahkan tenaga ke mesin bagian roda mobil, dengan cara ini maka mobil pun bisa berjalan dengan sempurna.
Fungsi Dari Gardan Mobil
Pada dasarnya fungsi dari gardan mobil sebagai komponen yang berperan untuk menyalurkan tenaga ke mesin lalu ke poros roda mobil. nah, tenaga yang disalurkan tersebut berasal dari sebuah prosesnya pembakaran yang terjadi di dalam ruang pembakaran mesin.
Kemudian dari proses pembakaran itu akan menghasilkan tenaga yang menggerakkan piston yang berupa gerakan naik turunnya pemutaran poros engkol.
Bagi tenaga yang sudah dihasilkan maka nanti akan melewati transmisi ke propeller shaft, lalu dilanjut dengan menghasilkan tenaga yang akan diteruskan ke roda mobil, maka tenaga tersebut dapat mengerjakan mobil dan sudah dapat melaju kenalan.
Maka kesimpulannya adalah gardan mobil itu mempunyai fungsi yang dapat meneruskan tenaga yang hasilnya dari proses pembakaran menuju poros roda dan setelah melewati transmisi serta propeller shaft. Nah, dengan prosesnya tenaga tersebut maka mobil kamu bisa bergerak dan sudah bisa melaju.
Ada pun fungsi dari gardan mobil untuk memperbesar momen serta untuk membedakan putaran roda amatiran putaran roda kiri dan putaran roda kanan pada saat kamu hendak ingin berbelok.
Berikut adalah sejarah singkat tentang gardan mobil:
Awal Mula
Pada awal pengembangan mobil, penggerak roda menggunakan desain sederhana yang disebut sistem penggerak langsung atau direct-drive. Dalam sistem ini, tenaga dari mesin mobil langsung ditransfer ke roda melalui poros langsung yang terhubung ke mesin dan roda. Namun, sistem ini memiliki beberapa kelemahan, termasuk kurangnya fleksibilitas dalam menangani variasi medan dan kecepatan.
Pengembangan Awal
Pada awal abad ke-20, terutama setelah munculnya mobil-mobil dengan mesin depan dan penggerak roda belakang, gardan mulai digunakan sebagai bagian dari sistem transmisi. Gardan memungkinkan pergerakan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam transfer tenaga dari mesin ke roda, serta memungkinkan penyesuaian yang lebih baik terhadap perubahan kecepatan dan medan.
Perkembangan Teknologi
Seiring dengan kemajuan teknologi dan desain mobil, gardan mengalami berbagai perubahan dan peningkatan dalam desain dan materialnya. Gardan mulai dibuat dari bahan-bahan yang lebih kuat dan ringan, seperti baja alloy atau serat karbon, untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja. Desain juga semakin dioptimalkan untuk meminimalkan keausan dan kebisingan serta meningkatkan keandalan dan daya tahan.
Peran dalam Sistem Penggerak
Gardan mobil memiliki peran kunci dalam sistem penggerak roda, terutama dalam mobil dengan penggerak roda belakang atau empat roda (4WD). Mereka bertanggung jawab untuk mentransfer tenaga dari transmisi atau differential ke roda-roda kendaraan, memungkinkan kendaraan untuk bergerak maju. Gardan juga memungkinkan pergerakan independen roda belakang atau depan, yang penting untuk penanganan dan kenyamanan berkendara.
Variasi dan Inovasi
Selama bertahun-tahun, telah ada berbagai variasi dan inovasi dalam desain dan konstruksi gardan mobil. Ini termasuk penggunaan gardan lurus atau gardan sudut, gardan konvensional atau gardan homokinetic (CV), dan gardan dengan desain khusus untuk kendaraan off-road atau performa tinggi. Inovasi terbaru juga termasuk penggunaan teknologi elektronik dalam kontrol dan monitoring sistem penggerak roda.
Berikut ini adalah komponen yang ada di gardan mobil
-
Axle Shaft
Axle shaft ada dua bagian, yaitu axle shaft kanan dan axle shaft kiri. komponen axle shaft ini tugasnya untuk meneruskan putaran yang dihasilkan side gear yang fungsinya untuk memutar roda.
-
Axle Housing
Axle housing ini terbuat dari plat baja yang kuat, sehingga berfungsi untuk melindungi seluruh komponen gardan mobil.
-
Side Gear
Komponen side gear ini ada dibagikan differencial case carrier dan dapat dipasang di bagian kiri pinion gear dan bagian kanan. side gear ini berfungsi untuk meneruskan suatu putaran yang berasal dari pinion gear menuju roda mobil.
-
Defferential Case Carrier
Komponen ini diletakan pada bagian tengah ring gear, yang berfungsi untuk sebagai tempat pinion dan side gear.
Baca juga: Apa Itu General Check Up Mobil?