CarsTips

Oli Untuk Mobil di atas 10 Tahun

Oli Untuk Mobil di atas 10 Tahun

Oli Untuk Mobil di atas 10 Tahun, Carscheck.id – Nggak dapat disangkal, mobil-mobil tua, dengan usia di atas 10 tahun masih banyak beredar di Indonesia. 

Meskipun lawas, mobil-mobil ini membutuhkan perawatan khusus, termasuk dalam hal pemilihan oli mesin. Sebaik apapun perawatan yang dilakukan, seiring adanya pemakaian, komponen mekanikal di dalam mesin akan mengalami keausan akibat gesekan antar logam. Oleh karena itu sobat, pemilihan oli yang tepat sangat penting untuk menjaga performa dan umur mesin.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih oli untuk mobil di atas 10 tahun:

  • Viskositas Oli: Viskositas mengukur ketebalan atau kekentalan oli. Oli yang terlalu encer akan lebih mudah terbawa masuk ke ruang bakar, sementara oli yang terlalu kental dapat membebani komponen saat bergerak. Untuk mobil dengan usia pakai lebih dari 4 tahun, pertimbangkan pemakaian oli mesin dengan spesifikasi viskositas satu tingkat lebih kental dibanding standar.
  • Kode Oli: Pada kemasan oli, biasanya terdapat kode bertuliskan SAE (Society of Automotive Engineers). Kode ini menunjukkan tingkat kekentalan oli di suhu dingin dan suhu panas. Sebagai contoh, kode oli 10W-40 cocok untuk mobil yang berusia 1 hingga 10 tahun. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak memberatkan komponen saat bergerak.
  • Oli 20W-50: Kode oli 20W-50 umum dipakai oleh kolektor mobil-mobil tua. Oli ini bisa digunakan pada suhu -10°C hingga 150°C. Meskipun terbilang kental, ia memberikan perlindungan logam yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa oli ini dapat membuat mesin lebih boros bahan bakar.
  • Oli 15W-50: Oli ini direkomendasikan untuk mobil berusia 10 tahun ke atas. Kekentalannya kuat untuk suhu -15°C hingga 150°C. Oli ini menjaga komponen logam agar saling gesek dengan baik.
  • Perawatan Ekstra: Mobil lawas butuh perhatian lebih. Selain memilih oli yang tepat, rutinlah melakukan pergantian oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan periksa kondisi mesin secara berkala.

Ingatlah bahwa pemilihan oli yang tepat akan memperpanjang umur mesin dan menjaga performa mobil kamu. Jadi, pilihlah dengan bijak, tanyakan pada mekanik HaloBengkel untuk rekomendasinya.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *