CarsNews

Catat Daftar Rest Area Jakarta Surabaya

Daftar Rest Area Jakarta Surabaya

Catat Daftar Rest Area Jakarta Surabaya, Carscheck.id – Rest area, atau area istirahat, merupakan sebuah fasilitas yang disediakan di sepanjang jalan tol untuk memberikan tempat beristirahat bagi para pengendara. 

Rest area biasanya terdiri dari berbagai fasilitas seperti toilet, tempat parkir, tempat ibadah, dan tempat makan.

Fungsi Rest Area

Rest area memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

  1. Tempat Beristirahat: Fungsi utama rest area adalah sebagai tempat beristirahat bagi para pengendara. Mengemudi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan konsentrasi, sehingga beristirahat secara teratur sangat penting untuk menjaga keselamatan di jalan raya.
  2. Tempat Ibadah: Sebagian besar rest area dilengkapi dengan tempat ibadah, memungkinkan para pengendara untuk melaksanakan ibadah selama perjalanan.
  3. Tempat Makan: Rest area juga seringkali dilengkapi dengan berbagai pilihan tempat makan, mulai dari warung kaki lima hingga restoran cepat saji.
  4. Tempat Refuel: Beberapa rest area juga memiliki pom bensin, memungkinkan pengendara untuk mengisi bahan bakar tanpa harus keluar dari jalan tol.
  5. Tempat Rekreasi: Beberapa rest area yang lebih besar juga memiliki fasilitas rekreasi, seperti taman dan area bermain anak-anak.

Salah satu rute mudik yang paling banyak dilalui adalah rute Jakarta-Surabaya. Berikut ini adalah beberapa rest area yang dapat Anda temui sepanjang rute tersebut:

  1. Rest Area KM 19: Terletak di ruas Tol Jakarta-Cikampek, rest area ini menawarkan berbagai fasilitas seperti toilet, area parkir, dan beberapa pilihan tempat makan.
  2. Rest Area KM 57: Masih di ruas yang sama, rest area ini juga menawarkan fasilitas yang serupa, ditambah dengan adanya pom bensin.
  3. Rest Area KM 102: Berada di ruas Tol Cikampek-Palimanan, rest area ini cukup luas dan menawarkan berbagai pilihan tempat makan.
  4. Rest Area KM 166: Masih di ruas yang sama, rest area ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap, termasuk area bermain untuk anak-anak.
  5. Rest Area KM 207: Terletak di ruas Tol Palimanan-Kanci, rest area ini dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah.
  6. Rest Area KM 208+400: Masih di ruas yang sama, rest area ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk beristirahat.

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bisa memakan waktu sampai 10 jam atau lebih, tergantung pada kondisi lalu lintas. Oleh karena itu, sangat penting untuk beristirahat secara teratur selama perjalanan. 

Dengan mengetahui lokasi rest area di sepanjang rute, kamu dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik dan memastikan bahwa kamu tetap segar dan aman selama perjalanan mudik.

Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan!

Baca juga: Faktor Ban Mobil Bisa Pecah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *