CarsInfo

Fungsi Electric Power Steering Mobil dan Biaya Perbaikannya

electric power steering

Fungsi Electric Power Steering Mobil dan Biaya Perbaikannya, Carscheck.id – Electric Power Steering (EPS) adalah sistem kemudi yang menggunakan motor listrik untuk membantu pengemudi dalam menggerakkan roda kemudi. Yuk kita bahas fungsi EPS mobil, biaya perbaikannya di Indonesia, sejarahnya, serta kinerja dan manfaatnya dalam dunia otomotif.

Sejarah Electric Power Steering (EPS)

Sejarah EPS dimulai pada tahun 1988 ketika Toyota pertama kali mengenalkan sistem EPS pada mobil Toyota Soarer. Sistem ini kemudian berkembang dan semakin populer di industri otomotif pada tahun 1990-an dan awal 2000-an. Sebelumnya, sistem kemudi yang lebih tua menggunakan pompa hidraulik untuk memberikan bantuan kemudi, tetapi EPS menggantikan pompa hidraulik dengan motor listrik, yang membuatnya lebih efisien dan ramah lingkungan.

Fungsi Electric Power Steering (EPS) Mobil

1. Bantuan Kemudi

Fungsi utama EPS adalah memberikan bantuan kemudi kepada pengemudi, terutama saat melakukan manuver rendah kecepatan atau parkir. Motor listrik yang terhubung ke roda kemudi membantu mengurangi gaya yang diperlukan untuk menggerakkan roda kemudi, membuatnya lebih mudah untuk pengemudi.

2. Stabilitas dan Penanganan

EPS juga dapat meningkatkan stabilitas dan penanganan kendaraan, terutama saat mengemudi pada kecepatan tinggi atau dalam kondisi jalan yang berliku. Sistem ini dapat memberikan respons yang lebih cepat dan akurat terhadap gerakan roda kemudi, membantu pengemudi untuk menjaga kendali kendaraan dalam berbagai situasi.

3. Penghematan Bahan Bakar

Dibandingkan dengan sistem kemudi hidrolik tradisional, EPS memiliki keunggulan dalam hal efisiensi energi. Motor listrik hanya aktif saat diperlukan, menghasilkan konsumsi energi yang lebih rendah daripada pompa hidrolik yang bekerja secara terus menerus. Ini dapat menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan dalam jangka panjang.

Biaya Perbaikan Electric Power Steering (EPS) di Indonesia

Biaya perbaikan EPS mobil di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk merek dan model mobil, jenis kerusakan, serta biaya tenaga kerja dan suku cadang. Secara umum, biaya perbaikan EPS dapat mencakup:

1. Penggantian Motor Listrik

Jika motor listrik EPS mengalami kerusakan atau kegagalan, penggantian motor listrik mungkin diperlukan. Biaya dari penggantian motor listrik itu bisa bervariasi, semua bergantung pada merek dan juga model, tetapi sih biasanya berkisar antara beberapa juta.

2. Perbaikan Sistem Elektronik

Kerusakan pada komponen elektronik EPS, seperti sensor atau unit kontrol, juga dapat memerlukan perbaikan atau penggantian. Biaya perbaikan sistem elektronik EPS dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas masalah dan jenis pekerjaan yang diperlukan.

3. Biaya Tenaga Kerja dan Suku Cadang

Biaya perbaikan EPS juga akan mencakup biaya tenaga kerja dan suku cadang. Biaya tenaga kerja biasanya ditentukan oleh tarif bengkel atau mekanik, sementara biaya suku cadang dapat bervariasi tergantung pada merek dan kualitas suku cadang yang digunakan.

4. Pemeliharaan dan Servis Berkala

Untuk mencegah kerusakan atau kegagalan EPS, pemeliharaan dan servis berkala diperlukan. Biaya pemeliharaan dan servis berkala EPS mungkin termasuk biaya penggantian cairan hidrolik, pemeriksaan sensor, dan kalibrasi sistem.

Manfaat Electric Power Steering (EPS) Mobil

1. Kemudahan dalam Berkendara

EPS membuat berkendara menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama saat melakukan manuver rendah kecepatan atau parkir.

2. Stabilitas dan Kendali

Sistem EPS meningkatkan stabilitas dan kendali kendaraan, membantu pengemudi untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan kondisi jalan atau situasi darurat.

3. Efisiensi Energi

Dibandingkan dengan sistem hidrolik tradisional, EPS lebih efisien secara energi, yang dapat menghasilkan penghematan bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah.

EPS solusi mobil modern.

Electric Power Steering (EPS) telah menjadi fitur umum dalam mobil modern, memberikan manfaat yang signifikan dalam hal kemudahan pengemudi, stabilitas kendaraan, dan efisiensi energi. Meskipun biaya perbaikan EPS di Indonesia dapat bervariasi, pemeliharaan yang tepat dan servis berkala dapat membantu mencegah kerusakan dan memastikan kinerja sistem yang optimal. Dengan pemahaman yang baik tentang fungsi, biaya, dan manfaat EPS, pemilik mobil dapat membuat keputusan yang tepat dalam merawat dan memperbaiki sistem kemudi mereka.

Baca juga: Penyebab Pelek Mobil Penyok dan Bahayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *