CarsInfo

Fungsi Spooring dan Juga Balancing

spooring

Fungsi Spooring dan Juga Balancing, Carscheck.id – Spooring dan juga balancing adalah dua prosedur perawatan yang berbeda yang diberikan kepada sistem roda kendaraan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Mari kita bahas lebih lanjut tentang perbedaan dan fungsi keduanya:

Spooring:

Pengertian: Spooring ialah proses menyetel sudut kemiringan roda dari caster dan camber pada bagian kaki-kaki yang terhubung dengan velg. Pada spooring, akan dilakukan setting ulang angka standar pabrik pada sudut toe dan chamber. Proses ini mengembalikan setelan kaki-kaki pada mobil sesuai dengan produksi.

Tujuan Spooring

  • Menjaga kestabilan mobil.
  • Membuat kemudi mobil menjadi lebih ringan.
  • Menimbulkan gaya putar kembali setelah belok.
  • Mencegah kendaraan berbelok sendiri saat kemudi dilepas.

Perawatan: Spooring sebaiknya dilakukan rutin ya, setiap 20.000 km biar mobil punyai performa yang baik dan tahan lama.

bengkel mobil balikpapan

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Balancing:

Pengertian Balancing mobil ialah proses memperlancar perputaran roda dengan menyamakan berat dari seluruh roda. Setelah mengganti ban atau juga velg, mobil perlu di-balancing supaya putaran bannya tetap seimbang. Balancing sih biasanya dilakukan pada mobil tua yang memiliki ban yang udah tidak rata.

Tujuan Balancing:

  • Untuk memastikan distribusi dari berat yang merata pada setiap roda.
  • Membuat putaran ban mobil supaya lebih stabil.

Perawatan: Balancing sebaiknya dilakukan di HaloBengkel untuk menghindari kerusakan ban mobil yang menjalar. Jika mobil tua Anda memiliki ban yang tidak rata, segera lakukan balancing.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Gak Bisa Di Starter

Jadi, spooring dan juga balancing bekerja bersama untuk menciptakan keseimbangan dan stabilitas di mobil. Spooring akan mengatur sudut roda, sedangkan balancing memastikan distribusi berat yang merata di setiap roda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *