CarsInfo

Kenapa Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Dia Penyebabnya Dan Solusinya

mesin mobil overheating

Kenapa Mesin Mobil Cepat Panas?, Carshcheck.id – Setiap kali membahas masalah mobil pasti tidak pernah ada habisnya ya, selalu akan ada aja permasalahan nya. Apalagi sebentar lagi akan banyak pengendara yang akan mudik, dan tanpa disadari pasti mesin mobil jadi terasa cepat sekali panas dibandingkan biasanya. 

Overheat pada mobil terjadi ketika mesin kendaraan mencapai suhu yang sangat tinggi, melebihi batas normal operasinya. Penyebab utama overheat bisa bermacam-macam, mulai dari kebocoran pada sistem pendingin, kurangnya cairan pendingin, terlalu banyak beban pada mesin, atau masalah pada kipas pendingin yang tidak berfungsi dengan baik. 

mobil overheat

Ketika mesin mobil overheat, bisa terjadi kerusakan serius pada komponen-komponen mesin seperti pakai pada komponen yang terbuat dari logam, segel karet bisa mengalami kebocoran, hingga mesin bisa mengalami kerusakan yang parah seperti terbakar. Selain itu, overheat juga dapat menyebabkan penurunan performa mesin dan bahkan dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena mobil bisa mogok di tengah jalan. 

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk selalu memperhatikan suhu mesin dan melakukan perawatan rutin serta tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya overheat.

Jika mesin mobil kamu cepat sekali panas, maka sudah dipastikan mesin mobil kamu sedang dalam masalah yang sangat serius, jika kamu tidak segera menangani masalah tersebut. Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa mesin mobil kamu cepat panas atau biasa dibilang dengan sebutan overheating.

Apa penyebab mobil cepat panas:

  • Bocornya Atau Tersumbatnya Radiator Pada Mobil.

Cara Merawat Radiator Mobil

Bocornya atau tersumbatnya radiator pada mobil juga bisa jadi penyebab mesin mobil kamu cepat panas. Karena jika radiator tersumbat bisa menyebabkan penghambatan aliran cairan pendingin. Jadi, mesin mobil tidak bisa didinginkan dengan baik.

Namun, jika radiator sudah mengalami kebocoran radiator, biasanya ada radiator coolant yang peran nya sebagai pendingin mesin akan kehabisan serta sudah tidak bisa lagi untuk mendinginkan mesin mobil. Sehingga masalah tersebut bisa membuat mesin kamu jadi cepat panas.

Cara mengatasinya adalah dengan cara kamu harus cek kondisi mesin radiator mobil dan tutup radiatornya. Jika ada yang bocor atau rusak kamu harus ganti seal tutup mesin radiator dengan yang baru.

 

 

  • Rusaknya Sistem Pendingin.

Dengan rusaknya sistem pendingin pada mobil juga bisa menyebabkan mesin kamu menjadi cepat panas. Bocornya radiator atau bocornya pada selang juga bisa menyebabkan mesin cepat panas.

Hal ini bisa terjadi karena adanya cairan pendingin yang keluar, sehingga pendingin nya tidak bisa mengalir kembali ke dalam mesin.

  • Tidak Sering Mengganti Oli.

Oli Untuk Mobil di atas 10 Tahun

Seperti yang kita ketahui bahwa oli menjadi peran penting, karena oli berfungsi untuk melumasi setiap bagian komponen mesin supaya dapat membantu mengurangi gesekan pada komponen lainnya. 

Supaya gesekan yang terjadi tidak dapat menyebabkan panas yang berlebihan, sehingga proses tersebut sangat penting. Karena dapat melindungi mesin mobil dari kerusakan atau keausan yang bisa saja terjadi. 

Jika oli mobil yang sudah kotor bahkan sudah lama sekali tidak diganti akan menyebabkan mesin mobil kamu cepat panas dan bisa menjadi overheat.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian pada oli mobil kamu secara rutin di setiap 5.000 sampai 10.000 kilometer.

  • Habisnya Radiator Coolant.

coolant mobil

Habisnya radiator coolant juga menjadi salah satu penyebab kenapa mesin mobil kamu cepat panas karena kekurangan cairan pendingin nya. 

Cara mengatasinya adalah kamu harus menambahkan radiator coolant nya dan kamu harus mematikan mesin beberapa saat, sehingga dapat membuat kondisi mesin mobil kamu benar-benar sudah dingin. 

  • Rusaknya Kipas Radiator.

kipas radiator mobil

Peran kipas radiator sangatlah penting. Karena kipas radiator berfungsi untuk selalu menjaga mesin mobil untuk selalu dingin, jadi jika kipas radiator nya rusak maka bisa menyebabkan mesin kamu menjadi cepat panas.

Dengan kejadian ini, mengingatkan kita pengguna kendaraan mobil untuk lebih memperhatikan bagaimana cara merawat atau membersihkan mesin radiator secara baik dan benar. 

Yuk lakukan perawatan mobil kamu secara berkala ke bengkel terbaik. Kunjungi HaloBengkel sekarang untuk mendapatkan perawatan mobil yang menyeluruh dari A sampai Z.

Baca juga: Siapa Jawara Mobil MPV Paling Irit Antara Mobilio dan Avanza?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *