Beli Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Terbaik untuk Anda? 

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print
mobil baru atau bekas

Sudah memutuskan membeli mobil? Jika iya, sudah waktunya untuk menentukan membeli mobil baru atau bekas

Pusing? Tenang saja karena kami akan membeberkan apa saja yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih antara keduanya. 

Pertimbangan ini juga berguna untuk mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi, entah dari segi finansial hingga yang lainnya. Penasaran? Cek sini!

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Bekas: Dari Honda sampai Toyota

Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini yang Terbaik untuk Anda

Sebenarnya ada masing-masing perbedaan antara keuntungan membeli mobil bekas ataupun mobil baru. Tapi, jangan hanya pilih sesuai keuntungannya saja melainkan harus sesuai dengan kondisi Anda. 

1. Budget

Persoalan utama yang akan paling besar mempengaruhi keputusan pembelian adalah dari segi budget. Benar, Anda harus tahu dulu seberapa besar budget yang tersedia dan rela untuk Anda bayarkan ketika membeli mobil. 

Jika memang budget Anda sudah lebih dari cukup atau Anda tidak terlalu pusing soal finansial, maka mobil baru menjadi pilihan tepat bagi Anda. 

Tapi, jika Anda masih sering ragu dengan pengeluaran dan bahkan sering berpikir soal biaya, sebaiknya beli mobil bekas saja. Sebaiknya pastikan juga soal garansinya. 

2. Mobil Pertama atau Sudah Kesekian Kalinya? 

Mending kredit mobil baru atau bekas? Jawabannya tergantung pada apakah Anda akan membeli mobil pertama atau sudah kesekian kalinya. 

Jika Anda memang baru ingin membeli mobil pertama, maka jawabannya silakan pilih mobil bekas saja. 

Pasalnya, memilih mobil bekas akan mengikis kekhawatiran Anda soal mobil lecet, tergores, atau semacamnya. Apalagi jika budget Anda terbatas, maka mobil bekas bergaransi bisa jadi pilihan pas untuk menghilangkan keraguan. 

Tapi, jika Anda sudah sekian lama mengendarai mobil dan membutuhkan sesuatu yang baru, maka sebaiknya pertimbangkan membeli mobil baru entah dengan kredit atau juga dengan membayar secara cash. 

3. Teknologi Pada Mobil 

Inilah yang juga harus jadi pertimbangan Anda ketika ingin membeli mobil. Pastikan mobil seperti apa yang ingin Anda peroleh. 

Jika memang tidak keberatan dengan fitur-fitur lama atau minim teknologi tambahan di dalamnya, maka membeli mobil bekas tidak akan ada ruginya. 

Namun, jika Anda ingin fitur dan teknologi yang jauh lebih canggih, maka pilihan terbaiknya adalah dengan membeli mobil baru saja karena sudah banyak perkembangan yang bisa Anda peroleh dari mobil bekas tersebut. 

4. Jangka Waktu Penggunaan

Seberapa lama Anda ingin menggunakan mobil tersebut? Jika memang ingin menggunakannya lebih dari 5 tahun atau bahkan 8 tahun, pertimbangkan untuk hanya membeli mobil baru. 

Jika memang ingin menggunakannya di bawah 5 tahun atau bahkan di bawah 3 tahun, maka sebaiknya membeli mobil bekas saja. 

Pasalnya, tingkat depresiasi dari penggunaan mobil bekas itu lebih rendah daripada depresiasi mobil baru. 

Mobil baru, menurut data yang kami peroleh bisa mengalami depresiasi sekitar 20 – 25% di tahun pertama Anda menggunakannya. Maka, untuk penggunaan jangka panjang ini tentu tidak jadi masalah. 

Tapi, bakal jadi masalah besar untuk memilih mobil baru atau bekas ketika Anda hanya ingin menggunakannya beberapa tahun saja. 

Jika hanya ingin coba-coba, kami sarankan beli mobil bekas saja karena depresiasi per tahunnya hanya 9 – 12%. Jadi, harga jual kembalinya tidak akan terlalu jatuh. 

5. Jenis Mobil 

Ini berpengaruh jika Anda memang ingin memilih mobil listrik vs konvensional. Sepertinya, jika ingin membeli mobil listrik kami sarankan untuk membeli mobil baru saja. 

Tapi, jika butuh mobil konvensional jauh lebih baik beli mobil bekas bergaransi karena harganya lebih terjangkau. 

Berencana Beli Mobil Bekas? Harus Tetap Pilih yang Bergaransi

Memang, ada banyak keuntungan beli mobil baru daripada mobil bekas. Selain fiturnya canggih, garansinya masih full, Anda juga bisa dapat kualitas mesin dan semua bagian mobil yang masih baru. 

Tapi, jika menginginkan mobil bekas untuk lebih menghemat biaya, maka kami sarankan beli yang sudah tercover garansi. 

Jika memang masih ragu, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil dari CarsCheck untuk inspeksi menyeluruh. Selain itu, ada garansi 1 bulan yang masih bisa diperpanjang hingga 1 tahun!



Realated Post

Post Terbaru