CarsInfo

Kenapa Radiator Mobil Bisa Overheat

radiator mobil

Kenapa Radiator Mobil Bisa Overheat, Carscheck.id – Overheat pada mobil adalah kondisi ketika mesin mengalami peningkatan suhu di atas batas normal. Ini bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Berikut adalah beberapa tanda-tanda overheat pada mobil dan cara mengatasinya:

  1. Lampu Indikator Overheat Menyala: Lampu indikator overheat pada dasbor mobil akan menyala saat suhu mesin terlalu tinggi. Jika kamu melihat lampu yang berwarna merah ini, segera periksa kondisi mesin dan sistem pendingin.
  2. Suhu Mesin Terlalu Tinggi: Perhatikan suhu mesin. Jika terasa terlalu panas atau juga suhu yang terbaca di termometer melebihi batas normal, ini bisa menjadi tanda overheat.
  3. Asap Putih dari Radiator: Dalam kondisi normal, tidak seharusnya ada asap keluar dari radiator. Jika kamu melihat asap putih dari arah radiator, ini menjadi tanda ada masalah pada komponen pendinginan. Mungkin air pendingin itu terlalu panas atau ada kerusakan pada radiator.
  4. Suara Berdebur dari Mesin: Jika kamu mendengar suara berdebur yang menyerupai hantaman dari mesin, ini bisa menandakan mesin sedang bekerja keras dan mengalami overheat.

Penyebab Overheat pada Mobil:

  • Kekurangan Air pada Sistem Pendingin: Pastikan level air radiator selalu cukup. Kekurangan air pasti bisa menyebabkan overheat.
  • Kerusakan pada Thermostat: Thermostat yang rusak juga dapat menyebabkan masalah atau overheat. Thermostat mengatur aliran air pendingin ke mesin.
  • Kerusakan pada Water Pump: Water pump membantu mengalirkan air dari radiator ke mesin. Jika water pump bermasalah, lalu suhu mesin bisa meningkat.
  • Kerusakan pada Radiator atau Hose: Radiator yang bocor atau hose rusak dapat mengganggu aliran pendinginan dan juga menyebabkan overheat.

Ingatlah untuk selalu memeriksa kondisi radiator, air pendingin, dan komponen mesin secara berkala agar mobil tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari overheat.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *