CarsInfo

Simak! Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Soak

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Simak! Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Soak, Carscheck.id – Seperti yang kita ketahui jika aki mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Karena aki mobil mempunyai fungsi yang dapat menyuplai listrik sampai ke komponen lainnya yang ada di dalam mobil. Oleh karena itu aki mobil harus selalu dirawat dan diperhatikan agar tidak cepat soak.

Jika aki mobil kamu tidak diperhatikan serta tidak dirawat maka akan mengakibatkan aki mobil kamu soak. Jika aki mobil kamu sudah soak, maka mobil pun tidak bisa digunakan dengan optimal. Dikarenakan dari daya aki tidak optimal untuk menjalankan komponen yang membutuhkan daya listrik dari aki. Dan fatalnya mobil tidak bisa distarter karena tidak memiliki daya listrik untuk menyalakan mobil tersebut.

Dan cara mengatasi masalah aki mobil. Kamu hanya perlu membawa mobil kamu ke bengkel dan segera lakukan service, tapi di artikel ini ada cara untuk mengatasinya.

Tips atasi aki mobil yang soak:

  • Siapkan Alat-alat Yang Akan Digunakan.

tool kit

Jika ingin memasang aki mobil harus dengan cara yang benar dan tepat. Sehingga kamu harus mempersiapkan alat – alat yang diperlukan dalam pemasangan aki. Alat yang digunakan sebagai berikut kain lap, lem selotip, suntikan tinta printer, obeng minum, cairan isi ulang aki basah dan aki kering.

  • Lepaskan Aki Mobil.

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Nah, jika alat sudah disiapkan. Maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melepaskan aki dari mesin mobil, dan jangan sampai kamu melepaskan aki ya dengan sembarangan atau asal – asalan. Jadi yang harus kamu lepaskan itu kutub positifnya terlebih dahulu. Lanjut kamu harus melepaskan kutub negatifnya. 

Dengan melakukan diatas, kamu bisa menghindari dari masalah munculnya percikan api yang biasanya bisa terjadi karena dengan adanya gesekan pada logam.

  • Membersihkan Aki Mobil.

Jika sudah melepaskan aki dasar keseluruhan bagian kabel pada kendaraan, maka hal yang harus kamu lakukan adalah membersihkan aki tersebut. Untuk melakukan pembersihan aki, kamu harus membersihkannya dengan menggunakan kain lap. Lalu kamu lap bagian yang kotor menggunakan lap yang sudah bersih.

  • Buka Penutup Aki.

Jika aki mobil sudah bersih, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuka atau membongkar penutup aki. Nah, untuk membongkar buka tutup aki kamu harus menggunakan obeng minus. Lalu kamu arahkan obeng tersebut ke bagian yang tertulis “Do Not Open”.  Dan lakukan hal yang sama pada bagian belakang dan samping penutup aki. Di dalam proses ini kamu harus tetap hati – hati supaya kotak aki tidak rusak.

  • Isi Air Aki.

air aki mobil

Jika penutup aki sudah terbuka. Maka kamu akan melihat enam lubang, lubang nya berukuran kecil. Nah, di lubang tersebut kamu bisa mengisi nya dengan air aki, alat yang digunakan yaitu alat suntik. Lalu isilah setiap lubang tersebut dan kamu hanya perlu menyisakan jarak sekitar satu sentimeter saja. Jika sudah terisi maka tutupkan setiap lubang aki tersebut, tutup dengan sangat rapat menggunakan selotip supaya tidak ada udara yang masuk.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah hati – hati dalam penyuntikan tersebut. Karena jika aki tersebut mengenai kulit maka bisa menyebabkan iritasi. Jika sudah selesai, pasang kembali aki ke tempatnya.

Lakukan pengecekan aki mobil secara berkala sobat, bawa ke HaloBengkel supaya perawatan mobil jadi lebih menyeluruh. HaloBengkel akan merawat mobil kamu dari A sampai Z, termasuk juga pengecekan aki mobil kamu.

Baca juga: Pilihan Mahasiswa Masa Kini Simak Keunggulan Suzuki Swift Bekas

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *