CarsInfo

Penyebab Aki Mobil Bisa Soak

aki mobil soak

Penyebab Aki Mobil Bisa Soak, Carscheck.id – Aki mobil mrupakan komponen vital yang memastikan kendaraan kita bisa beroperasi dengan baik. Tapi, terkadang aki mengalami kondisi soak, yang dapat mengganggu kinerjanya. Yuk kita bahas lebih lanjut tentang penyebab, lalu ciri-ciri, dan cara mengatasi aki mobil yang mengalami soak.

Penyebab Aki Mobil Soak

  1. Kurangnya Pengisian Daya: Jika mobil jarang digunakan atau terparkir dalam jangka waktu yang lama, aki akan menjadi lemah atau bahkan soak karena kurang mendapat pengisian daya. Ini terjadi karena aki tidak mendapatkan suplai dari listrik yang cukup untuk menjalankan berbagai fungsi pada kendaraan.
  2. Korosi dan Adanya Kotoran pada Terminal Aki: Akumulasi korosi atau kotoran pada terminal aki tentu bisa mengganggu aliran listrik, mengakibatkan aki menjadi soak. Oleh karena itu, perlu rutin membersihkan terminal aki agar aliran listrik tetap optimal.

Ciri-ciri Aki Mobil Soak

Mengenali ciri-ciri aki mobil yang mengalami soak dapat membantu kita sebagai pengemudi mengatasi masalah ini sebelum semakin parah. Berikut adalah beberapa tanda bahwa aki mobil mengalami soak:

  1. Mesin Susah Nyala: Saat kunci diaktifkan, mesin mungkin terdengar bergerak lambat atau sama sekali tidak bereaksi, menunjukkan kurangnya tegangan atau daya aki.
  2. Pencahayaan Lampu yang Redup atau Tidak Konsisten: Aki yang soak bisa mempengaruhi pencahayaan. Lampu mobil, baik lampu depan maupun belakang, mungkin tampak redup atau bahkan berkedip-kedip ketika dinyalakan.
  3. Suara Mesin Lemah: Aki yang lemah bisa membuat suara mesin terdengar tidak biasa, seperti suara menggeram atau gemeretak.
  4. Bunyi Klik atau ‘Krr-Krr’: Bunyi ‘klik’ yang terdengar ketika kunci dinyalakan bisa menandakan kekurangan daya atau tenaga dari aki. Bunyi ini adalah reaksi saat aki tidak memiliki cukup daya untuk memulai mesin.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi aki mobil yang mengalami soak:

  1. Jumper Aki (Jump Start): Lakukan jumper aki dengan mobil yang lain untuk memberikan daya tambahan pada aki yang soak.
  2. Cek Aki Secara Berkala: Selalu periksa kondisi aki dengan rutin dan pastikan terminal aki bersih dari korosi atau kotoran.
  3. Rutin Memanaskan Mobil: Jangan biarkan mobil diam menganggur terlalu lama. Panaskan mesin secara berkala agar aki tetap berfungsi dengan baik.
  4. Hindari Penggunaan Aksesoris yang Berlebihan: Beberapa aksesoris mobil ternyata bisa menguras daya aki. Gunakan dengan bijaksana.

Dengan memahami ciri-ciri dan mengikuti langkah-langkah di atas, kita sebagai pemilik dapat mengatasi masalah aki mobil di rumah tanpa harus langsung menuju bengkel, menghemat waktu dan biaya perbaikan yang lebih besar.

 

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *