CarsTips

Suspensi Mobil: Fungsi, Jenis, dan Komponennya

suspensi mobil adalah

Suspensi mobil adalah salah satu sistem yang berperan penting dalam kendaraan. Suspensi memiliki dampak yang besar terhadap pengalaman berkendara, baik soal kenyamanan maupun keamanan berkendara.

Dengan adanya suspensi, mobil dapat kita kontrol saat melaju di atas jalanan. Selain itu, suspensi mobil juga memungkinkan berkendara di berbagai medan jalan dengan nyaman dan aman.

Lantas, apa fungsi dari suspensi mobil? Jenis suspensi apa saja yang digunakan pada mobil? Apa saja komponen yang ada di dalam suspensi mobil? Mari telusuri lebih jauh tentang suspensi mobil di bawah ini!

Apa itu Suspensi Mobil?

Suspensi mobil adalah sistem yang tersusun atas berbagai part atau komponen untuk menjaga stabilitas mobil saat di jalanan. Komponen inti suspensi adalah pegas yang terbuat dari material baja yang fleksibel.

Dengan pegas, suspensi bekerja secara sinergis mengatur roda dan bodi mobil. Mobil bergerak naik turun atau mengayun saat melintasi jalan tidak rata, sehingga memastikan pengemudi nyaman di dalam mobil.

Selain itu, suspension juga dapat membantu memperbaiki kinerja pengereman mobil. Dengan suspension, getaran mobil akibat jalan tidak rata dapat diredam, serta traksi roda saat pengereman dapat bekerja optimal.

Fungsi Suspensi Mobil

 

Fungsi utama suspensi mobil adalah mengurangi benturan antara roda dan bagian bodi mobil, serta meredam getaran saat melewati polisi tidur atau jalan berlubang.

Pada saat mobil melewati jalan tidak rata atau polisi tidur, maka bagian suspension akan mengayun naik turun. Hal ini membuat getaran tidak terasa di kabin, sehingga berkendara menjadi lebih nyaman.

Selain meredam getaran dan benturan, fungsi suspensi mobil yakni untuk menjaga stabilitas mobil. Mobil menjadi seimbang saat berjalan maupun diam. Dengan begitu, pengemudi dapat mengontrol mobil dengan baik.

Secara sederhana, suspensi memberikan kenyamanan saat berkendara. Pengemudi maupun penumpang akan merasakan kenyamanan di dalam kabin meski melewati jalan dengan permukaan tidak rata.

Jenis-jenis Suspensi Mobil

Setiap mobil memiliki jenis suspensi yang tidak selalu sama. Apalagi saat ini banyak mobil berteknologi canggih, tentunya jenis suspensi semakin beragam. Adapun jenis suspensi mobil adalah sebagai berikut:

1. Double Wishbone

Double wishbone merupakan suspensi yang umum digunakan pada kendaraan sedan dan SUV. Suspensi ini memiliki handling yang bagus, tetapi biaya perawatan cukup mahal dan perbaikan tidak boleh sembarang.

2. Suspensi Multi-Link

Suspensi jenis ini memang memiliki kelebihan mampu memberi daya cengkram yang baik. Hanya saja, komponen suspensi ini ketersediaannya masih jarang. Oleh karena itu, harganya masih sangat mahal.

3. Suspensi 3 Link-Rigid

Suspensi 3 link-rigid menggunakan lower arm dan lateral rod. Komponen suspensi inipun cukup kompleks, seperti coil spring, shock absorber, torsion axle, dan lainnya. Meskipun demikian, suspensi ini tersusun rapi. 

4. Suspensi Axle Rigid

Axle rigid adalah suspensi rigid yang letaknya berada di roda belakang. Suspensi ini terhubung menjadi satu poros atau gardan yang dapat menopang beban besar. Biasanya digunakan pada kendaraan truk.

5. Rigid-Leaf Spring

Rigid-leaf spring adalah suspensi dependen yang memiliki sifat kaku dan letaknya di bagian belakang. Suspensi ini banyak digunakan di indonesia pada kendaraan niaga atau kendaraan pengangkut beban berat.

6. Suspensi Torsion Beam

Suspensi ini menawarkan peredam yang lebih baik, sehingga banyak orang yang menyebutkan torsion beam adalah suspensi yang empuk. Selain itu, torsion beam juga memiliki bobot yang lebih ringan dan kuat.

7. Air Suspension

Air suspension adalah salah satu jenis suspensi terbaik karena dapat meningkatkan performa dengan handling yang mudah. Suspension ini biasanya terpasang pada mobil mewah dan cocok untuk modifikasi.

8. Suspensi MacPherson

Biasanya MacPherson digunakan pada kendaraan jenis sedan, MPV, dan LMPV. Suspensi ini terkenal ringan dan konstruksinya sederhana. Namun, kekurangannya dari sisi handling yang kurang begitu baik.

9. Suspensi Trailing Arm

Trailing arm merupakan suspensi independen yang biasanya dipasang pada sasis dengan menggunakan lengan pengikat. Lengan pengikat memiliki fungsi sebagai penghubung antara roda dan sasis mobil.

10. Suspensi Pneumatic

Pneumatic merupakan jenis suspensi dengan memakai udara bertekanan tinggi untuk menstabilkan mobil. Suspensi jenis ini memiliki tingkat kenyamanan yang baik dan dapat mengurangi keausan pada ban.

Komponen Suspensi Mobil

suspensi mobil adalah

Suspensi pada mobil dapat bekerja dengan baik tidak lepas dari komponen yang menyusunnya dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Adapun komponen pendukung suspensi mobil adalah sebagai berikut:

1. Spring atau Pegas

Komponen satu ini berfungsi untuk meredam benturan dari gesekan jalan dengan roda mobil. Selain itu, komponen pegas ini juga bisa membantu meningkatkan daya cengkeram roda pada saat mobil berjalan.

Adapun jenis pegas atau spring pada suspensi mobil seperti koil spring, leaf spring, pegas daun, dan suspensi torsion bar spring dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

2. Ball Joint

Ball joint merupakan komponen yang berfungsi menerima beban lateral pada mobil. Selain itu, ball joint juga berguna sebagai sumbu putar saat mobil berbelok.

Pada ball joint biasanya terdapat minyak yang berfungsi untuk melumasi bagian yang bergesekan. Jika tidak ada minyak, maka gesekan tersebut tidak akan optimal dan ball joint cenderung tidak bekerja maksimal.

3. Shock Absorber

Suspensi mobil adalah sistem yang dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Salah satu komponen suspensi yang menawarkan kenyamanan meski melewati jalanan rusak adalah shock absorber.

Shock absorber dapat menyerap benturan dan getaran dari roda mobil bergesekan dengan jalan. Komponen ini akan menyerap oksilasi yang dihasilkan oleh pegas, sehingga suspensi dapat mengayun dengan baik.

4. Stabilizer Bar

Fungsi stabilizer bar adalah untuk menjaga keseimbangan mobil saat berbelok. Ketika Anda membawa mobil kecepatan tinggi dan membelokkan mobil secara mendadak, maka akan muncul gaya sentrifugal.

Jika gaya sentrifugal terlalu besar, maka mobil dapat terbalik. Oleh karena itulah, komponen stabilizer bar berperan penting pada sistem suspension mobil untuk memberikan keseimbangan.

5. Upper dan Lower Arm

Upper dan lower arm merupakan salah satu komponen sistem suspensi yang berfungsi sebagai penghubung knuckle arm dan body mobil. Knuckle arm sendiri merupakan tempat roda mobil terpasang.

Pada dasarnya, upper dan lower arm bekerja seperti lengan manusia yang bergerak naik dan turun. Dalam dunia mekanik, komponen ini disebut wishbone. Dengan komponen ini, mobil dapat berbelok dengan stabil.

6. Lateral Control Rod

Lateral control rod merupakan komponen tambahan yang ada di dalam sistem. Komponen lateral control rod ini berfungsi untuk menahan axle ketika ada beban dari bagian samping kendaraan roda empat atau mobil.

Komponen lateral control rod biasanya terpasang di antara axle mobil dan bodi mobil. Meskipun komponen ini kurang dikenal, tetapi fungsinya cukup penting bagi kestabilan mobil pada saat mobil berjalan.

7. Strut Bar

Strut bar merupakan salah satu komponen suspensi pada mobil yang berfungsi untuk menahan lower arm agar kemiringan roda depan terjaga dengan baik. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Dengan adanya komponen ini pada bagian kemudi mobil, maka setir memungkinkan berbalik dengan sendiri. Biasanya ini terjadi saat posisi mobil lurus setelah berbelok. Strut bar menjaga lower arm pada posisinya.

8. Knuckle Arm

Knuckle arm merupakan salah satu komponen suspensi yang memiliki fungsi sangat penting. Komponen ini akan memutar roda terus menerus pada poros spindel dihubungkan dengan lower arm melalui ball joint.

Mengingat fungsi knuckle arm sangat penting, pastikan Anda merawat komponen suspensi ini dengan benar dan cek komponen secara berkala. Lakukan perawatan di bengkel mobil terdekat rumah Anda.

9. Komponen Elektronik

Pada mobil modern biasanya suspensi sudah dilengkapi komponen elektronik, seperti sensor kontrol traksi, suspensi adaptif, dan sensor kecepatan roda. Semua itu dapat terdeteksi pada dashboard mobil.

Dengan adanya komponen elektronik ini, sistem pada suspensi dapat terkontrol dengan baik. Karakter suspensi pun bahkan secara otomatis dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan dan gaya mengemudi Anda.

Cara Kerja Suspensi Mobil

suspensi mobil adalah

Pada dasarnya, suspensi yang baik adalah suspensi yang dapat memastikan roda mobil tetap beradu kontak dengan permukaan jalan. Dengan begitu, traksi dan kemampuan pengereman mobil tetap optimal.

Secara sederhana, prinsip kerja suspensi mobil adalah dengan memberikan sekat atau ruang antara roda dengan bodi mobil. Ketika terjadi kejutan, roda mobil tidak akan mempengaruhi body mobil karena ada sekat.

Dalam hal ini yang berperan penting meredam kejutan ataupun getaran adalah pegas. Namun, pegas tidak bekerja sendiri. Ada komponen lain sebagai pendukung kinerja pegas seperti shock absorber dan lainnya.

Dengan demikian, pemeliharaan dan perawatan suspensi mobil menjadi sangatlah penting karena menyangkut keamanan dan kenyamanan. Oleh karena itu, periksa suspensi secara berkala menjadi rekomendasi.

Hal ini tentunya tidak lepas dari fungsi suspensi kendaraan mobil itu sendiri harus optimal. Apalagi jika Anda membeli mobil bekas, maka penting memeriksa bagian suspensi mobil. Pastikan masih berfungsi dengan baik.

FAQ

Apa yang dimaksud suspensi mobil?

Suspensi mobil adalah sistem yang dirancang untuk meredam benturan ataupun getaran ketika mobil berjalan, serta sebagai alat pengeimbang roda mobil.

Apa saja jenis suspensi mobil?

Suspensi mobil ada berbagai jenis seperti air suspension, double wishbone, torsion beam, suspension pneumatic, suspension axle rigid, dan suspension MacPherson.

Apa fungsi suspensi pada mobil?

Fungsi suspensi pada mobil adalah untuk mengurangi benturan antara roda dan bodi mobil, menjaga stabilitas, meningkatkan traksi, dan kenyamanan berkendara.

Di mana letak suspensi mobil?

Suspensi mobil terletak di setiap roda depan dan belakang mobil. Tujuan dipasang suspensi untuk meredam getaran dan benturan antara roda dan bodi mobil.

Butuh Layanan Darurat? Hubungi CarsCeck!

Suspensi mobil adalah bagian yang sangat penting untuk mobil karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan. Jika Anda membeli mobil bekas, perhatikan bagian suspension apakah masih bagus atau tidak.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memeriksa suspensi mobil sendiri, hubungi CarsCeck saja. Kami siap membantu melakukan pemeriksaan mobil secara menyeluruh, termasuk bagian suspension.

Yuk, cek kondisi mobil Anda di CarsCheck! Kami menyediakan layanan darurat 24 jam di seluruh Indonesia. Jika Anda berada di luar kota, maka Anda dapat cek dan periksa mobil ke bengkel rekanan kami.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *