CarsTips

Pengertian, Komponen, dan Fungsi Suspensi Mobil

fungsi suspensi

Mobil memang memiliki banyak sekali komponen penting didalamnya, salah satunya adalah suspensi. Secara umum, fungsi suspensi adalah untuk menyerap getaran pada mobil. 

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa ada beberapa komponen yang menyusun suatu suspensi mobil. Jenis suspensi pun tidak hanya satu saja, melainkan ada beberapa jenis. 

Agar lebih jelas, inilah informasi mengenai suspensi mobil selengkapnya! 

Pengertian dan Fungsi Suspensi Mobil 

Pada dasarnya suspensi mobil adalah bagian yang terletak di antara body dan roda mobil. Komponen ini menjadi penghubung antara kedua bagian vital pada mobil. Keberadaan komponen ini juga sangat vital untuk sebuah mobil. 

Seperti yang Anda tahu, kondisi jalan raya memang tidak selalu mulus. Seringkali ada juga jalan yang tidak rata, berlubang, bergelombang, ataupun terdapat polisi tidur di jalan tersebut. 

Dalam hal inilah suspensi mobil akan berperan. Fungsi suspensi mobil yang utama adalah untuk meredam getaran atau tekanan yang berasal dari permukaan jalan. Seperti misalnya saat Anda melewati jalan yang berlubang. 

Ketika melewati jalanan tersebut, suspensi akan bergerak ke atas maupun ke bawah agar getaran tersebut bisa teredam dan tidak akan terasa sampai kabin mobil. Selain itu, fungsi suspensi pada mobil adalah untuk penyeimbang. 

Suspensi akan membantu menopang sekaligus menyeimbangkan body mobil baik itu saat mobil sedang diam maupun sedang melaju di jalanan. 

Komponen Suspensi Mobil 

fungsi suspensi

Agar bisa meredam dan menyerap getaran di jalanan, suspensi memiliki beberapa komponen penting. Inilah beberapa komponen suspensi mobil tersebut:

1. Shock Absorber 

Komponen ini juga terkenal dengan sebutan peredam kejut. Fungsi utamanya adalah untuk meredam gerakan naik turun yang berasal dari pegas ketika mobil sedang meredam tekanan atau getaran.

2.  Pegas 

Salah satu komponen vital dalam suspensi mobil adalah pegas. Fungsi pegas adalah untuk menyerap dan meredam berbagai bentuk kejutan dan getaran yang berasal dari gesekan roda dengan jalanan mobil. 

3. Stabilizer 

Komponen ini memiliki fungsi untuk membantu menyeimbangkan mobil supaya berada dalam keadaan yang stabil. Tidak hanya ketika melalui jalan yang tidak rata, tetapi juga saat ketika mobil berbelok. 

4. Ball Joint 

Fungsi komponen ini adalah untuk menerima beban horizontal atau lateral yang mobil terima, terutama ketika mobil berbelok. Terdapat pelumas atau minyak yang ada di dalam ball joint.

Fungsi dari minyak ini adalah untuk melumasi komponen-komponen yang bergesekan satu dengan yang lain. 

5. Bumper

Selanjutnya ada bumper yang terdiri dari bounding dan rebounding. Rebounding bumper akan berfungsi ketika kendaraan mengembang. Sementara bounding akan berfungsi untuk mengerutkan kendaraan. 

6. Knuckle Arm 

Komponen ini berlokasi di roda depan mobil dan akan berputar terus menerus di poros spindel. Pada implementasinya, knuckle arm akan berhubungan juga dengan lower arm dan ball joint. 

7. Lower dan Upper Arm 

Knuckle arm akan berhubungan dengan body mobil melalui lower dan upper arm. Kedua komponen ini pekerja seperti tangan manusia secara naik turun di suspensi mobil. 

8. Lateral Control Rod 

Terakhir, ada lateral control rod yang terpasang antara body dan roda mobil. Fungsinya adalah untuk menahan roda dari beban berat yang berasal dari bagian samping mobil.

Jenis Suspensi Mobil 

Ada beberapa jenis suspensi mobil yang terdiri dari berbagai komponen dan teknologi. Inilah beberapa jenis tersebut:

1. Suspensi Multi Link 

Ini merupakan suspensi yang menggunakan arm ganda yang mendukung roda kiri dan juga kanan. Jenis suspensi ini adalah hasil pengembangan dari jenis suspensi Double Wishbone. 

2. Suspensi Double Wishbone 

Suspensi ini memiliki ciri khas yang berupa adanya 2 buah lengan yaitu lower dan upper arm. Adanya kedua lengan ini memiliki fungsi untuk menopang kinerja suspensi secara keseluruhan. 

3. Suspensi MacPherson Strut 

Suspensi ini adalah jenis yang paling umum untuk digunakan. Meski terkenal sebagai suspensi yang paling sederhana, tapi suspensi ini memiliki daya redam yang baik terhadap getaran yang mobil terima. 

4. Suspensi Axle Rigid 

Ini merupakan jenis suspensi yang khusus untuk roda belakang mobil saja. Dalam suspensi ini terdapat gardan atau poros yang memiliki tampilan mencolok. 

5. Suspensi Torsion Beam 

Torsion Beam adalah jenis suspensi yang berasal dari pengembangan suspensi rigid. Jenis suspensi ini memiliki sistem peredaman yang jauh lebih baik dan terasa lebih empuk untuk meredam getaran pada mobil. 

Itulah ulasan selengkapnya mengenai suspensi mobil. Tertarik membeli mobil bekas dan ingin mendapatkan unit dengan fungsi suspensi yang prima? Percayakan saja pada CarsCheck

Kami akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan dan pemeriksaan kondisi mobil bekas secara komprehensif dan menyeluruh. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan unit mobil bekas terbaik! 

FAQ 

Apa itu suspensi mobil?

Suspensi mobil adalah bagian yang terletak di antara body dan roda mobil. Komponen ini menjadi penghubung antara kedua bagian vital pada mobil. Keberadaan komponen ini juga sangat vital untuk sebuah mobil. 

Apa fungsi suspensi mobil?

Fungsi suspensi mobil yang utama adalah untuk meredam getaran atau tekanan yang berasal dari permukaan jalan. Selain itu, suspensi berfungsi untuk menopang dan menyeimbangkan body mobil. 

Apa saja komponen suspensi mobil? 

Beberapa komponen suspensi mobil adalah pegas, shock absorber, stabilizer, ball joint, lower dan upper arm, bumper, knuckle arm, dan lateral control rod.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *