CarsInfo

Tips Agar Mobil Gak Overheat

mobil overheat

Tips Agar Mobil Gak Overheat, Carscheck.id – Mobil yang mengalami overheat bisa menjadi masalah serius dan berisiko berat jika tidak segera ditangani. 

Overheat itu terjadi ketika suhu mesin mobil melebihi batas normalnya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat membantu mencegah mobil kamu dari masalah overheat:

  1. Periksa Cairan Radiator Coolant: Cairan radiator coolant adalah faktor penting dalam mencegah overheat. Pastikan volume radiator coolant selalu mencukupi. Meskipun usia radiator coolant cukup panjang (sekitar 20.000 km), tetaplah melakukan pengecekan secara berkala.
  2. Perawatan Radiator: Radiator yang berfungsi dengan baik akan membantu mencegah overheat. Bersihkan radiator secara teratur dan pastikan tidak ada karat yang menghambat aliran cairan pendingin.
  3. Gunakan Radiator Coolant: Radiator coolant memiliki zat-zat khusus yang membantu memaksimalkan pendinginan mesin.
  4. Periksa Kipas Angin Radiator: Kipas angin radiator membantu mengeluarkan panas dari radiator.
  5. Jangan Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas: Setelah berkendara, biarkan mesin dingin sebelum membuka tutup radiator.
  6. Periksa Oli dan V-belt: Oli yang kotor atau kurang dapat menyebabkan mesin overheat. Pastikan oli mesin selalu dalam kondisi baik. Selain itu, periksa juga kondisi V-belt yang menggerakkan komponen seperti alternator dan power steering.

Baca juaga: Ini Alasan Kenapa Mobil Gak Bisa Di Starter

bengkel mobil balikpapan

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Biaya perbaikan overheat itu pada mobil bervariasi tergantung pada penyebabnya dan juga komponen yang mengalami kerusakan. Berikut ini estimasi biaya perbaikan:

  1. Perbaikan Komponen: Jika beberapa komponen mesin mengalami kerusakan akibat overheat, biaya perbaikannya antara Rp300.000 hingga Rp700.000. Ini termasuk perbaikan pada bagian-bagian seperti kipas pendingin dan tutup radiator.
  2. Penggantian Komponen Berat: Jika komponen mesin mengalami kerusakan parah, seperti gasket pada tutup radiator atau juga komponen lainnya, biaya perbaikannya bisa mencapai Rp5 juta sampai Rp20 juta.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *