CarsTips

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil, Carscheck.id – Aki atau baterai ialah salah satu komponen penting pada setiap mobil. Mobil mengandalkan aki untuk daya saat proses starter. Namun, berapa lama sih sebenarnya masa pakai aki mobil? Mari kita memahami lebih lanjut.

Berapa Lama Masa Pakai Aki Mobil?

Rata-rata, aki mobil itu mampu bertahan antara 2 hingga 5 tahun. Namun, ini bisa bervariasi antara satu mobil dengan mobil lainnya. Beberapa faktor mempengaruhi usia atau juga daya tahan aki mobil:

  1. Pemakaian Mobil: Mesin yang berjalan di bawah kap mesin menghasilkan panas yang tinggi. Jika mobil sering digunakan dalam kondisi cuaca panas dan terik, ujian aki mobil akan semakin berat. Suhu panas dapat menyebabkan cairan pada aki, terutama di aki basah, menguap hingga merusak struktur internalnya. Oleh karena itu, masa penggunaan aki mobil cenderung lebih pendek di daerah dengan iklim yang lebih hangat.
  2. Jarang Digunakan: Mobil yang jarang digunakan juga dapat memperpendek dari usia aki loh, kok bisa?. Contohnya, selama masa pandemi kemarin 2020, mobil seringkali jarang beroperasi. Mesin yang jarang menyala mengakibatkan pengisian dari daya aki minim, sehingga komponen tersebut kehilangan muatan listrik.

Tips Memperpanjang Masa Pakai Aki Mobil

Terlepas dari suhu dan frekuensi dari penggunaan mobil, ada beberapa tips untuk memperpanjang umur pakai aki mobil:

  1. Rajin Memanaskan Mobil: Meskipun mobil tidak digunakan dalam masa pandemi atau karena alasan tertentu, minimal setidaknya dua hari sekali, panaskan mesin mobil. Ini membantu menjaga agar komponen aki tetap berfungsi normal dan menghindari masalah aki yang tidak bisa menyala kembali.
  2. Pastikan Aki Terikat dengan Baik: Aki yang tidak diikat dengan aman dapat bergetar dan berpotensi menyebabkan adanya korsleting. Pastikan klemnya selalu terikat dengan baik.
  3. Matikan Lampu Sebelum Meninggalkan Mobil: Jika mobil sering digunakan malam hari, pastikan juga untuk mematikan lampu-lampu sebelum meninggalkan mobil. Menyalakan lampu depan atau juga lampu pintu secara tidak sengaja dapat menguras daya aki secara cepat.
  4. Periksa Korosi dan Kondisi Aki: Rutinlah memeriksa kedua kutup dari aki mobil. Pastikan tidak ada karat atau kotoran yang ada menempel agar usianya tetap panjang.

 

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *