CarsInfo

Cara Merawat Pintu Mobil Agar Awet

Cara Merawat Pintu Mobil Agar Awet

Cara Merawat Pintu Mobil Agar Awet, Carscheck.id – Pintu mobil adalah salah satu komponen yang sering kita gunakan setiap hari. Agar pintu mobil tetap awet dan berfungsi dengan baik, ada beberapa langkah perawatan yang perlu kita lakukan:

  • Hindari Menutup Pintu Terlalu Keras

Masalah: Sering menutup pintu mobil dengan keras dapat merusak engsel pintu dan komponen pengunci pintu. Dampak: Engsel yang aus dan karet pintu yang getas dapat mengurangi keamanan dan kenyamanan berkendara. Solusi: Tutup pintu dengan lembut dan hindari membanting pintu. Jika perlu, gunakan juga silicone spray untuk melumasi engsel dan karet pintu secara rutin.

  • Jaga Kondisi Karet Pintu

Periksa Karet Pintu Secara Berkala: Cek apakah karet pintu mobil masih dalam kondisi baik. Jika sudah lama dipakai dan tidak terawat, fungsinya akan berkurang dan sudah selayaknya harus diganti.

Ciri-ciri Karet Pintu yang Harus Diganti: Bentuknya berubah menjadi gepeng. Kurang kedap suara di kabin hingga terdengar suara angin seperti siulan. Secara fisik, karet tampak rusak. Solusi: Ganti karet pintu yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

  • Pilih Tempat Parkir yang Teduh

Paparan Sinar Matahari: Mobil yang terlalu lama terkena sinar matahari terik dapat membuat karet pintu cepat kering dan mengeras. Solusi: Pilih tempat parkir yang teduh untuk melindungi karet pintu dari paparan sinar matahari.

  • Hindari Gesekan Keras dengan Karet

Kontak Langsung: Saat keluar-masuk mobil atau memasukkan dan mengeluarkan barang, hindari gesekan langsung dengan karet pintu. Dampak Gesekan Keras: Gesekan yang terlalu keras bisa membuat karet mudah robek. Solusi: Buka dan tutup pintu dengan hati-hati.

  • Bersihkan Kotoran pada Karet Pintu

Cuci Karet Mobil: Cuci karet pintu dengan air bersih untuk merontokkan kotoran. Gunakan Cairan Silikon: Untuk menjaga kelembaban karet, gunakan cairan silikon pada karet pintu.

Ingatlah bahwa merawat pintu mobil dengan baik akan memperpanjang umur pintu dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Jadi, perhatikan kondisi pintu mobil kamu secara rutin.

 

Baca juga: Fungsi dan Penggunaan Lampu Hazard di Mobil

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *