CarsTips

Mengenal Karburator Mobil: Cara Kerja, Fungsi, dan Komponen

karburator mobil

Salah satu komponen yang memainkan peran penting dalam mesin adalah karburator mobil. Pentingnya bagian mesin satu ini adalah tempat yang bisa menghasilkan energi gerak atau tenaga yang membuat mobil mampu berjalan. 

Karburator ini menjadi alat dalam mesin yang fungsi utamanya untuk mencampur udara dengan bahan bakar pada proporsi yang pas sehingga bisa terbakar dengan efisien pada mesin. 

Prinsip utama yang digunakan dalam cara kerjanya yakni vakum serta memasok udara dan bahan bakar ke mesin lewat saluran masuk udara. 

Walaupun kini sudah jarang mobil yang memakai karburator, tapi masih ada peminat mobil dengan komponen mesin ini. 

Apa Itu Karburator Mobil?

Karburator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem bahan bakar dalam mesin kendaraan. 

Fungsi dari bagian ini adalah mencampurkan antara udara serta bahan bakar sebelum masuk ke bagian ruang pembakaran. 

Karburator ini bekerja dengan cara menghisap udara di sekitarnya. Kemudian, akan mengatur aliran dari bahan bakar lewat bagian jet kecil. 

Di dalam karburator, bahan bakar dan udara yang tercampur sesuai proporsi akhirnya bisa menghasilkan energi yang pas sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. 

Campuran ini lalu akan tersalurkan ke bagian ruang pembakaran yang kemudian mampu menghasilkan tenaga agar mobil bisa bergerak sebagaimana mestinya. 

Cara Kerja Karburator Mobil

karburator mobil

Sistem yang masih ada pada mesin mobil konvensional ini juga mempunyai cara  kerja tersendiri. Cara kerja ini merupakan serangkaian alur mekanis yang menjelaskan bagaimana energi dapat dihasilkan dari dalam karburator. Lengkapnya, di sini: 

  • Pertama, udara akan masuk lewat filter dan kemudian melalui proses penyaringan. 
  • Setelah lewat dari filter, maka udara akan terarahkan menuju ruang karburator. Biasanya lewat saluran udara atau katup udara. 
  • Pada bagian dalam karburator, udara akan tercampur bersama dengan bahan bakar yang asalnya dari tangki bahan bakar. 
  • Kemudian, bahan bakar ini akan disemprot lewat bagian yang bernama nozzle, biasanya terkenal dengan sebutan venturi. 
  • Saat udara sudah lewat bagian venturi, tekanannya akan menurun dan berbarengan dengan itu, kecepatannya meningkat. 
  • Tekanan yang menurun serta terjadi peningkatan kecepatan, akan membuat bahan bakar yang masuk lewat nozzle terpisah jadi partikel kecil. 
  • Kemudian, akan terdispersi. Nah, proses dispersi ini adalah momen saat partikel terdistribusi pada fase kontinyu pada bahan yang lainnya. 
  • Lalu, campuran antara bahan bakar serta udara yang telah terdispersi ini akan melewati intake manifold dan berlanjut pada bagian ruang bakar mesin. 
  • Pada bagian ruang bakar inilah campuran antar keduanya akan terbakar dan mampu menghasilkan energi/tenaga untuk membuat mobil bergerak. 

Memang, proses atau cara kerja karburator mobil tidak sesederhana kelihatannya. Ada tugas untuk memastikan proporsi yang sesuai ketika mencampur udara dan bakar, kemudian melakukan tahap lanjutan hingga menghasilkan energi. 

Namun, karburator mobil dan cara kerjanya ini telah tergantikan dengan sistem injeksi yang cara kerjanya lebih efisien dan juga lebih canggih. 

Apa Fungsi Utama Karburator Mobil?

Karburator sebenarnya punya beberapa fungsi. Hanya saja, fungsi karburator mobil yang paling utama adalah untuk memastikan proposisi antara bahan bakar sekaligus udara tepat dan sesuai kebutuhan. Selain itu, ini fungsinya: 

1. Mengatur Komposisi Udara dan Bahan Bakar

Pertama dan yang paling utama adalah menjadi alat yang mengatur komposisi/proporsi dari bahan bakar dan udara agar tepat dan sesuai kebutuhan. 

2. Menyediakan Tempat untuk Aliran Bahan Bakar

Di samping tugasnya yang mengatur proporsi, karburator juga bertugas untuk mengatur dan menyediakan tempat untuk aliran bahan bakar. Pasalnya, di dalam karburator terdapat jet-jet kecil. 

Karburator akan menyesuaikan aliran menurut kebutuhan mesin. Misalnya, ketika kecepatan konstan dan saat akselerasi, tingkat alirannya berbeda. 

3. Mengatur Saat Idle

Setiap karburator mobil juga memiliki fungsi mengatur idle yang memungkinkan kendaraan bisa tetap berjalan ketika dalam kecepatan idle stabil. 

Karburator mobil fungsinya akan mengatur ketepatan jumlah campuran antara bahan bakar sekaligus udara yang pas agar mesin bisa tetap hidup serta mampu berjalan dengan baik ketika kendaraan dalam kondisi idle. 

4. Mengatur Choke/Starter

Selain ketiga fungsi di atas, karburator juga menjadi alat yang bertanggung jawab mengatur dan mengendalikan choke. Hal ini akan membantu mobil saat akan memulai mesin meskipun dalam kondisi dingin. 

5. Berguna untuk Akselerasi

Terakhir, fungsinya adalah memberi campuran yang tepat ketika mobil butuh akselerasi tepat. Akhirnya, tingkat akselerasi yang diinginkan bisa tercapai dengan ketepatan komposisi ini. 

Bagian karburator mobil dan fungsinya ini memang dominan soal pengaturan komposisi karena memang inilah yang menjadi fungsi paling utamanya. 

Komponen-Komponen dalam Karburator Mobil

karburator mobil

Meskipun menjadi salah satu bagian kecil dalam mesin mobil secara keseluruhan, dalam karburator tetap ada komponen-komponen yang lebih kecil dan berguna untuk mendukung kinerjanya. 

Penjelasan setiap komponen dari karburator, bisa Anda baca di sini: 

1. Float Chamber

Pertama, ada float chamber. Sering juga disebut ruang pelampung. Di dalamnya ada pelampung yang geraknya sesuai dengan tingkat bahan bakar. Intinya, komponen ini bakal mempengaruhi buka-tutupnya katup bahan bakar. 

Saat bahan bakar sudah mencapai tingkat tertentu pada tangki, maka pelampung terangkat lalu menekan katup. Akhirnya, aliran bahan bakar akan terhenti. Tujuannya tentu mencegah meluapnya bahan bakar dan tingkatnya masih sesuai kebutuhan. 

2. Choke Valve

Komponen karburator mobil satu ini punya fungsi sebagai pengontrol tekanan pada bagian intake manifold. 

Ketika mesin menyala dan utamanya dalam kondisi dingin, sebagian katup choke akan tertutup atau bahkan bisa tertutup sepenuhnya guna memperkaya tingkat bahan bakar dan udara yang masuk jumlahnya bisa berkurang. 

Maka, komponen ini berguna ketika kondisi dari mesin belum memiliki panas yang cukup. Sering kesusahan menghidupkan mobil saat dingin? Mungkin bagian Choke Valve pada karburator mobil Anda yang bermasalah. 

3. Floater

Istilah lainnya adalah pelampung. Tugasnya yakni menjaga keseimbangan tingkat bahan bakar di bagian float chamber. 

Fungsinya semakin krusial terutama jika mobil sedang di dalam kondisi miring/dalam kemiringan tertentu. 

4. Throttle Valve

Sebutan lain dari throttle valve adalah katup throttle. Ini merupakan komponen yang akan mengatur besaran campuran udara yang bisa masuk ke bagian ruang bakar. 

Komponen yang ada dalam karburator ini akan bekerja bersama bagian lain yakni main jet. 

5. Main Jet

Benar, inilah bagian yang akan bekerja sama dengan katup throttle. Bagian main jet tugasnya mengatur tingkat pasokan bahan bakar di bagian ruang pembakaran. 

Komponen ini punya tanggung jawab atas bahan bakar ketika mobil sedang berakselerasi atau ketika beban mesin tinggi. 

Bentuknya mirip seperti jarum mengerucut ke bagian bawah, ukurannya kecil, sering dapat sebutan lain sebagai jarum skep. 

6. Pilot Screw dan Piston Valve Screw

Kemudian, bagian karburator mobil lain adalah pilot screw dan piston valve screw. Fungsi utamanya adalah mengatur besaran saluran venturi serta bahan bakar yang akan masuk ke bagian silinder. 

Komponen ini juga yang akan mengubah dan mempertahankan putaran serta kecepatan mesin. 

Ketika bagian piston valve terbuka, maka jarum skep juga ikut terbuka untuk mengatur komposisi. 

7. Slow Jet

Lalu, ada bagian slow jet. Tugasnya yakni mengatur suplai udara bersih dan bahan bakar ketika mobil Anda sedang dalam keadaan diam atau idle. 

Jadi, fungsi dari slow jet ini begitu penting agar mesin bisa tetap stabil walaupun Anda tidak menggunakannya. 

8. Jet Needle

Bentuknya seperti jarum dan ujungnya lancip. Komponen ini menjadi bagian pengontrol debit bahan bakar yang akan masuk ke bagian ruang pembakaran. 

9. Main Nozzle

Anda akan menemukan komponen ini jika menggunakan mobil dengan karburator venturi. Fungsinya ialah menjadi pemancar utama bahan bakar. 

10. Venturi

Nah, pada bagian venturi, akan ada proses yang mengatur kecepatan aliran udara. Fungsi dari bagian ini akan mempengaruhi kecepatan dari mobil. Tapi, bagian ini bisa saja berbeda pada setiap jenis mobil. 

11. Inlet Hose

Dalam karburator, ada proses pengabutan bahan bakar. Nah, komponen utama dalam karburator yang bermanfaat untuk pengabutan adalah inlet hose. Bagian ini akan mengatur besaran aliran bahan bakar yang akan masuk ke dalam karburator. 

12. Jarum Pelampung

Bagian jarum pelampung juga sering dapat sebutan katup bensin. Fungsinya yakni menutup inlet hose agar aliran bahan bakarnya sesuai komposisi yang pas. 

13. Screw Control

Selanjutnya, komponen karburator mobil lainnya adalah screw control yang fungsi utamanya yakni mengatur sudut bukaan pada bagian katup gas di pedal release. 

Di samping itu, tugasnya yakni menjaga agar nantinya katup gas tetap terbuka meskipun mobil Anda dalam keadaan idle. 

Screw Control menjadi bagian krusial dalam proses menjaga stabilitas mesin kendaraan Anda. 

14. Idle Jet

Komponen satu ini punya fungsi atas kebersihan ruang bakar karena akan memastikan kebersihan udara yang bisa masuk ke dalam ruang pembakaran. Sangat berguna jika mobil sedang dalam kondisi idle atau mesin diam. 

15. Economizer Jet

Bagian terakhir adalah economizer jet. Seperti namanya, bagian ini akan membuat ‘ekonomis’ untuk urusan bahan bakar.

Economizer jet ini bisa membantu agar bahan bakar bisa lebih homogen dan hanya akan bekerja saat mesin dalam kecepatan idle. 

Komponen yang terakhir ini juga bertanggung jawab dalam tingkat efisiensi pemakaian bahan bakar ketika mesinnya sedang tidak digunakan. 

Dengan seluruh uraian mengenai karburator mobil ini, sekarang Anda mungkin sudah cukup paham tentang bagian yang mengatur komposisi udara dan juga bahan bakar yang kemudian menghasilkan tenaga penggerak untuk mobil. 

FAQ

Karburator apa gunanya?

Menjadi bagian dalam mesin yang mengatur tingkat komposisi antara bahan bakar dan juga udara yang tercampur untuk kebutuhan tenaga penggerak mobil. 

Apa bedanya injeksi dan karburator?

Bedanya terletak di bagian emisi yang dihasilkan. Karburator menghasilkan tingkat emisi yang lebih tinggi daripada mesin injeksi. 

Apa saja isi dari karburator mobil?

Berisikan sekitar 15 komponen utama yang telah kami sebutkan. 

Mau Dapat Mobil Bekas Bergaransi? CarsCheck Solusinya!

Kini, Anda tak perlu lagi risau saat ingin dapat unit mobil bekas berkualitas. Dengan bantuan CarsCheck, unit mobil impian Anda dijamin dalam kondisi prima. 

Kami punya inspektor handal yang siap melakukan pengecekan kondisi mobil dan bersedia memberi garansi untuk setiap mobil bekas yang tersedia di sini. Butuh mobil bekas berkualitas? Ingat CarsCheck, ya!

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *