CarsTips

8 Cara Kerja Karburator Mobil, Fungsi, dan Tips Perawatannya

cara kerja karburator

Mendengar kata karburator pastinya tidak asing lagi bagi pemilik kendaraan. Namun, tidak jarang orang masih belum tahu seperti apa cara kerja karburator mobil.

Untuk menambah wawasan dalam dunia otomotif, pastikan Anda paham betul mengenai karburator. Sebab, perannya sangat krusial dalam sistem bahan bakar kendaraan.

Dengan paham mengenai karburator mobil, sedikit banyak Anda akan tahu seperti apa teknik perawatan yang tepat. Biar lebih jelas lagi, Anda bisa cek informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa Fungsi dari Karburator?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara kerja karburator mobil, sebaiknya pahami terlebih dahulu seperti apa fungsi utamanya.

Secara umum, karburator pada mobil memiliki fungsi untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar serta udara yang sudah masuk ke dalam silinder mesin.

Salah satu bagian yang letaknya di dalam karburator adalah air bleeder. Keberadaan dari air bleeder ini untuk tempat percampuran antara bahan bakar dengan udara yang masuk. Sehingga akan menghasilkan pengabuan yang halus.

Karburator sendiri mempunyai sistem kerja dari dalam. Di mana, sistem karburator ini memiliki fungsi untuk menghasilkan campuran udara dengan bahan bakar yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

Tanpa disadari fungsi karburator ini membuat bahan bakar pada mobil menjadi lebih irit.

Selain fungsi utama, karburator juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya. Seperti membantu menyalakan mesin mobil melalui proses pembakaran yang sempurna, mengatur rasio campuran antara udara dan bensin di ruang pembakaran.

Tidak hanya itu, karburator juga dapat mengatur tingkat kecepatan mesin antara cepat ataupun pelan, serta mengatur jumlah udara serta bahan bakar yang masuk untuk disesuaikan dengan kecepatan dan beban kendaraan.

Cara Kerja Karburator

cara kerja karburator

Memiliki fungsi yang sama membuat karburator sering disamakan dengan injeksi. Padahal secara kinerja cukup jelas perbedaan karburator dan injeksi dalam kendaraan.

Di mana, karburator membutuhkan penyetelan secara periodik, sedangkan injeksi mendapat kendali penuh dari komputer. Nah, karena karburator harus dilakukan secara manual, maka beginilah cara kerja karburator mobil:

1. Masuknya Udara ke Karburator

Pertama, proses kerja dari karburator dimulai setelah udara berhasil masuk ke dalam. Perjalanan masuk ini bermula dari saringan udara untuk menyaring kotoran serta debu yang ingin turut masuk.

Kemudian, jika sudah tersaring akan langsung diarahkan ke karburator melalui saluran udara.

2. Venturi

Aliran udara tersebut akan mengalir melalui bagian venturi. Area ini akan menyempit ketika berada di dalam saluran udara. Proses penyempitan yang terjadi membuat kecepatan udara semakin meningkat dan terciptalah tekanan yang rendah.

3. Bahan Bakar Tertarik ke Nozzle

Cara kerja karburator mobil berikutnya, tekanan rendah yang sudah berhasil tercipta di daerah venturi akan menarik bahan bakar dari pelampung untuk masuk ke dalam nozzle. 

Di mana, peran dari saluran kecil ini nantinya untuk menyemprotkan bahan bakar ke aliran udara.

4. Bahan Bakar dan Udara Saling Bertemu

Pada nozzle, bahan bakar akan disemprotkan ke dalam aliran udara dengan gerakan yang sangat cepat. Pertemuan keduanya (bahan bakar dan udara) akan menciptakan campuran yang sempurna dan siap untuk mesin gunakan.

5. Pengaturan Udara dan Bahan Bakar

Berikutnya, melakukan pengaturan bahan bakar dan udara. Katup kupu-kupu yang berada di saluran masuk udara ini memiliki fungsi penting di dalam mengatur intensitas udara yang berhasil masuk ke karburator.

Proses buka dan tutup dari katup kupu-kupu ini akan membantu prediksi jumlah udara yang berhasil masuk untuk bisa diatur kembali sesuai dengan kebutuhan dari mesin.

6. Pengaturan Intensitas Bahan Bakar

Komponen karburator mobil seperti idle jet dan main jet merupakan saluran kecil yang bertugas sebagai pengendali jumlah bakar bakar untuk masuk ke dalam mesin.

Idle jet sendiri memiliki fungsi untuk memberikan bahan bakar pada mesin dalam kondisi idle atau diam. Sedangkan main jet mempunyai tanggung jawab penuh atas pasokan bahan bakar dalam proses akselerasi atau beban kerja tinggi.

7. Mengalir ke Intake Manifold

Setelah itu, seluruh campuran dari bahan bakar dan udara yang sudah terbentuk sempurna akan mengalir melalui intake manifold. Aliran ini berlangsung sebelum campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar mesin.

8. Proses Pembakaran dan Tenaga

Terakhir, dengan bantuan komponen karburator yang saling berkesinambungan di ruang bakar campuran ini akan dipadatkan oleh piston. Setelah itu, baru dinyalakan oleh bantuan dari busi.

Tujuan dari proses pembakaran ini untuk menghasilkan energi yang dapat mendorong piston ke arah bawah. Sehingga, dapat menghasilkan gerakan poros engkol untuk memutar roda mobil menjadi melaju.

Tips Perawatan Karburator Mobil

Agar kinerja mesin mobil maksimal, Anda perlu melakukan perawatan rutin setiap bulannya. Berikut beberapa langkah perawatan ringan yang dapat Anda lakukan.

  • Bersihkan filter udara dengan melepaskannya dari lubang karburator. Lakukan pembersihan dengan semburan angin kompresor atau mencucinya sampai bersih apabila terbuat daari bahan busa.
  • Lepaskan setiap komponen dari karburator. Gunakan kunci yang tepat saat membuka untuk mencegah kebocoran. Lepas komponen mulai dari jarum pelampung, main jet, pelampung, pilot jet, mangkok, dan komponen lainnya.
  • Pastikan Anda membersihkan seluruh bagian karburator dengan maksimal menggunakan kuas halus. Jangan lupa semprotkan angin di area lubang dengan kekuatan tinggi. Anda juga bisa mengamplas dengan hati-hati.
  • Setelah selesai dan komponen sudah kering, rakit ulang ke bentuk semula. Nyalakan mesin mobil dan lakukan penyetelan mesin dengan proses memutar searah jarum jam. Kemudian, putar kembali sesuai standar.

Berdasarkan tips perawatan serta cara kerja karburator mobil di atas, dapat kami ambil kesimpulan bahwa proses membersihkan karburator memang sangat penting dan harus dilakukan secara rutin.

Namun, karena tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan perawatan meskipun dapat membeli alat pembersih karburator. Maka, bisa coba menggunakan jasa terpercaya.

Terutama bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan secara menyeluruh hingga komponen terdalam sekalipun. Salah satu jasa inspeksi mobil bekas yang berkualitas adalah Cars Check.

Cars Check membuka layanan inspeksi selama 24 jam penuh, sehingga dapat Anda hubungi kapan saja. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan klaim garansi dengan laporan inspeksi yang mudah dipahami oleh pelanggan.

Seluruh pengecekan juga dilakukan oleh tim teknis berpengalaman di bidangnya. Yuk, jangan sampai salah pilih mobil bekas, gunakan jasa inspeksi dari Cars Check sekarang juga!

FAQ

Apakah cara kerja karburator mobil dan motor sama?

Meskipun tidak jauh berbeda, inti kerja dari karburator dua kendaraan ini adalah sama.

Berapa biaya servis karburator mobil?

Harganya cukup bervariasi. Mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000-an. Tergantung pada tingkat kerusakannya.

Bagaimana ciri-ciri karburator mobil rusak?

Mobil menjadi tidak bertenaga, suara mesin bising, keluar asap dari knalpot, boros bahan bakar, serta mesin sulit untuk menyala.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *