CarsTips

Pembersih Karburator: Definisi, Bahan, dan Cara Penggunaan

pembersih karburator

Anda sering kesusahan dalam menyalakan mobil tua? Mungkin bisa jadi karena karburator mobil Anda sangat kotor. Jika demikian, maka inilah waktu yang tepat untuk mendapatkan pembersih karburator atau karbu cleaner. 

Saat karburator kotor, maka mobil bisa juga terhenti dengan kasar atau saat Anda ragu ketika mau akselerasi atau tidak. Apalagi, kotornya bagian karburator ini bisa juga ditandai dengan asap hitam yang keluar dari knalpot. 

Mobil jadi boros, performanya tak optimal, dan masih banyak dampak negatif lain. Jika mengalaminya, artinya Anda harus membersihkan karburator dari kotoran. Bukan dengan cara biasa, tapi harus pakai pembersih karburator mobil khusus agar optimal. 

Apa Itu Pembersih Karburator?

Bagi Anda yang belum tahu, karbu cleaner adalah semacam pelarut yang mampu menghilangkan kotoran hingga karbon yang mengendap di karburator. 

Cairan ini mudah terbakar dan maka dari itu, Anda akan sering menemukannya dalam bentuk kaleng semprot. 

Carb cleaner ini sangat berguna terutama karena Anda tidak perlu melepas karburator lebih dulu dan repot untuk bongkar-pasang. 

Anda pun bisa memakai ini guna menggantikan larutan kimia lain yang belum jelas efektivitasnya. 

Dengan bantuan merk pembersih karburator yang bagus di pasaran, Anda bisa membersihkan karburator dengan cara dan metode yang aman sekaligus efektif. 

Bahan-bahan Kimia dalam Carb Cleaner

Guna membersihkan semua komponen karburator yang kotor, carb cleaner ini memiliki sejumlah kandungan bahan kimia yang memang efektif untuk membersihkannya. Dalam pembersih bagian karburator, ada kandungan ini: 

  • Aseton
  • Heptana
  • Toluena
  • Karbon dioksida

Di dalam produk ini, aseton dan juga heptana memiliki peran untuk bahan pembersih. Kemudian, karbon dioksida yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai propelan atau bahan yang akan memicu reaksi/bahan pendorong reaksi. 

Selanjutnya, ada kandungan toluena yang fungsi utamanya yakni pencegah aromatik dan memperingatkan bahwa di dalam kaleng ada larutan bahan kimia dan berbahaya bagi manusia. 

Biasanya, bahan-bahan ini juga yang menjadi campuran dari pembersih rem dan suku cadang mobil pada umumnya. Hanya saja, ada tambahan metanol yang membedakannya. 

Metanol ini akan merusak karet. Hadirnya metalon juga membuat bahan-bahan kimianya lebih cepat menguap dan kering serta menyebabkan noda setelah Anda menggunakannya. 

Mengapa Perlu Memakai Carb Cleaner?

Ini mungkin menjadi pertanyaan dasar di benak Anda. Mengapa harus repot-repot pakai pembersih? 

Sebenarnya, Anda perlu memakainya karena bahan bakar itu akan terus-menerus mengalir lewat karburator. 

Atas kontinuitas aliran bahan bakar ini, maka bisa saja ada partikel yang menumpuk dan berisiko menyumbat karburator. 

Jika karburator tersumbat, dampaknya akan terasa pada mobil dan juga cukup signifikan. Penggunaan cairan pembersih ini sebenarnya untuk mencegah terjadinya dampak serius khususnya pada karburator, dan secara keseluruhan untuk mobil Anda. 

Nantinya, pembersih karburator yang Anda gunakan akan melindungi bagian ini agar tidak ada artikel yang mengendap dan tidak menumpuk. Paling tidak, agar partikel tidak terlalu cepat menumpuk. 

Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda karena Anda hanya butuh sedikit perawatan dan lebih minim penggantian di masa depan. 

Selain itu, karburator dan injeksi itu berbeda. Karburator cenderung punya risiko menumpuk partikel karena seluruh proses pencampuran udara dan bahan bakar terjadi dalam satu tempat. 

Berbeda dengan injeksi yang punya mekanisme dan prinsip kerja terpisah. Apalagi, injeksi terkenal dengan efektivitasnya meminimalisir masuknya kotoran dan partikel tak dibutuhkan dalam proses pencampuran bahan bakar dan udara. 

Maka, tak heran jika perawatan untuk injeksi bisa lebih minim daripada Anda yang menggunakan mobil dengan karburator. 

Cara Menggunakan Cairan Pembersih Karburator

pembersih karburator

Meskipun nampak sederhana, penggunaan cairan dan larutan kimia ini tak bisa Anda semprotkan sembarangan. Jika ingin memakai carb cleaner dengan benar, maka urutan ini bisa Anda lakukan: 

  • Sebelum membersihkan, sebaiknya cabut aki lebih dulu agar tidak memicu terjadinya percikan api yang bisa mengakibatkan kebakaran. 
  • Kemudian, lepaskan karburatornya dari mesin mobil Anda agar memperoleh akses yang lebih tepat untuk saluran dan bagian jet karburator. 
  • Lalu, pakailah pembersih karburator guna melarutkan endapan partikel yang menumpuk. 
  • Dalam label pembersih yang Anda miliki, pastinya ada petunjuk pemakaian. 
  • Namun, untuk menggunakannya secara efektif Anda bisa menyemprotkan pembersihnya langsung ke bagian jet dan juga saluran karburator. 
  • Lalu, biarkanlah pembersih bisa terendam selama beberapa waktu. 
  • Pakailah mesin bertekanan untuk menyemprotkan udara ke bagian jet. 
  • Lakukan secara berulang hingga Anda mampu membersihkan gumpalan atau endapan yang menyumbat karburator. 
  • Terakhir, pakailah kain bersih untuk membersihkan karburator agar tampak seperti baru lagi. 
  • Sisanya tinggal pasang karburator ke bagian yang seharusnya dalam mesin mobil. 

Dengan cara menggunakan pembersih karburator ini, sekarang bagian pencampur udara-bahan bakar sudah bersih dari endapan partikel yang mungkin ikut masuk ke dalam bagian karburator. 

Harap Jaga Keselamatan Diri Anda Saat Menggunakannya dengan Ini!

Ketika menggunakan carb cleaner, sebaiknya jaga keselamatan diri Anda agar tidak mengakibatkan risiko pada tubuh Anda. Perhatikan tips ini jika ingin mengaplikasikan cairan pembersih ke karburator: 

  • Lindungilah tangan dan mata dengan sarung tangan serta kacamata pengaman. 
  • Harap untuk tidak menggunakan pembersih ini dekat dengan nyala api maupun percikan api. 
  • Jangan sampai menyemprotkan pembersih secara langsung ke bagian mesin mobil. Sebaiknya buka dan pisahkan karburator lebih dulu sebelum menyemprotkannya. 
  • Biarkan lebih dulu menguap sebelum Anda menghidupkan mesin mobil. 

Tips Memilih Carb Cleaner yang Cocok untuk Karburator

Di pasaran sangat banyak tersedia produk dengan harga carbu cleaner kecil dan bervariasi. Namun, Anda harus hati-hati dalam memilih pembersih bagian karburator ini. Perhatikan tips berikut ketika ingin memilih carb cleaner: 

  • Hindari pembersih dengan kandungan zat asam dan amonia karena kedua zat ini bisa mengakibatkan karat. 
  • Pilih cleaner yang tidak panas saat masuk ke bagian karburator agar tidak merusak bagian-bagiannya. Cara ceknya bisa tuang ke wadah dan sentuh pakai tangan yang telah Anda lapisi plastik atau sarung pengaman. 
  • Jika panas, sebaiknya urungkan niat Anda membelinya. 
  • Pilih harga yang tidak murah, tapi tidak terlalu mahal juga untuk carb cleaner. Terlalu murah bisa jadi merusak karburator, jika terlalu mahal bisa merusak kantong Anda. 

Itulah sedikit penjelasan soal pembersih karburator. Dapatkan yang pembersih terbaik dengan berbagai tips dari kami, ya!

FAQ

Carburator cleaner untuk apa?

Sesuai dengan namanya, yakni cairan untuk membersihkan bagian dalam karburator yang biasanya memiliki endapan kotoran. 

Berapa harga pembersihnya? 

Cukup bervariasi, tapi paling murah bisa Anda dapatkan dengan harga Rp26.800 saja. 

Apakah karbu cleaner aman untuk karet? 

Aman terhadap karet, sil, dan semua bagian plastik yang terdapat di dalam sistem mobil. 

Berapa lama waktu membersihkan karburator? 

Paling tidak, Anda butuh waktu 30 menit untuk membersihkannya menggunakan cairan pembersih. Lalu, tambahan 60 menit lagi untuk proses perakitan karburator secara hati-hati.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *