CarsTips

Kenapa Mobil Keluar Asap Putih?

Kenapa Mobil Keluar Asap Putih?

Kenapa Mobil Keluar Asap Putih?, Carscheck.id – Mobil yang tiba-tiba mengeluarkan asap putih dari knalpot itu bisa menjadi momen yang mengkhawatirkan bagi kita sebagai pemilik. Namun, jangan panik sobat! Mari kita bahas beberapa penyebab umumnya dan bagaimana mengatasinya:

  • Seal Katup Yang Aus:

Seal katup berfungsi membuka ruang antara saluran intake/exhaust ke sisi ruang bakar. Jika seal katup aus, udara tidak dapat masuk dengan maksimal, dan bahkan oli bisa bocor ke dalam ruang bakar.

  • Gasket Kepala Silinder Rusak:

Gasket kepala silinder merapatkan hubungan antara blok mesin dan kepala silinder. Kerusakan gasket bisa menyebabkan oli menetes ke ruang bakar.

  • Kerusakan Sistem PCV (Positive Crankcase Ventilation):

Sistem PCV menjaga tekanan udara dalam ruang engkol tetap stabil. Jika rusak, oli bisa masuk ke saluran ini dan keluar melalui knalpot.

  • Kebocoran Oli:

Terkadang, fungsi turbo pada mobil menyebabkan oli bocor ke bagian exhaust atau intake. Hasilnya adalah asap putih yang keluar dari knalpot.

  • Ring Piston dan Silinder Blok Aus:

Keausan ring piston dan silinder blok memungkinkan oli masuk ke ruang bakar. Pembesaran volume silinder blok juga dapat menyebabkan masalah ini.

  • Pengembunan Pada Gas Buang:

Pada mobil modern, gas buang mengandung titik-titik air yang menguap saat saluran buang atau knalpot memanas. Ini normal terutama pada pagi hari atau cuaca dingin.

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih:

  1. Periksa serta Ganti Komponen Rusak: Cari tahu penyebabnya dan juga ganti komponen yang perlu diperbaiki.
  2. Perawatan Yang Rutin: Ganti oli dan juga filter secara teratur sesuai rekomendasi pabrikan.
  3. Konsultasikan dengan Ahli: Jika masalah tadi berlanjut, segera konsultasikan ke bengkel terpercaya.

Ingatlah bahwa pemeliharaan rutin dan perhatian pada tanda-tanda awal masalah akan menjaga mobil kamu tetap berjalan lancar.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *