CarsInfo

Kenapa Sih Tangki Mobil Bisa Karatan?

tangki mobil berkarat

Kenapa Sih Tangki Mobil Bisa Karatan?, Carscheck.id – Tangki bahan bakar mobil adalah komponen vital yang bertanggung jawab untuk menyimpan bahan bakar dan menyediakan aliran yang konsisten ke mesin. Namun, seperti halnya komponen logam lainnya, tangki bahan bakar juga rentan terhadap korosi dan akumulasi karat seiring waktu. 

Kali ini Carscheck akan menjelajahi secara mendalam mengapa tangki bahan bakar mobil bisa berakarat, penyebabnya, dan cara-cara untuk mencegah masalah tersebut.

Penyebab tangki mobil berkarat:

Penyebab Karat pada Tangki Bahan Bakar Mobil

tangki mobil berkarat

  • Kelembaban dan Air: Salah satu penyebab utama korosi pada tangki bahan bakar adalah kelembaban yang terperangkap di dalamnya. Jika ada celah atau kerusakan pada lapisan pelindung dalam tangki, air dapat masuk dan menciptakan kondisi yang ideal untuk korosi.
  • Kualitas Bahan Bakar yang Rendah: Bahan bakar yang mengandung kotoran, air, atau kontaminan lainnya dapat mempercepat proses korosi di dalam tangki bahan bakar. Partikel-partikel tersebut dapat mengendap di bagian bawah tangki dan menimbulkan karat.
  • Umur dan Penggunaan Mobil: Semakin tua mobil dan semakin lama digunakan, semakin besar kemungkinannya untuk terjadi korosi pada tangki bahan bakar. Pengepakan bahan bakar yang terjadi selama penggunaan normal juga dapat menyebabkan gesekan dan akumulasi karat di dalam tangki.
  • Penggunaan Bahan Bakar dengan Kandungan Etanol Tinggi: Bahan bakar dengan kandungan etanol tinggi, seperti E85, dapat meningkatkan risiko korosi pada tangki bahan bakar. Etanol dapat menyerap air dari udara, menciptakan kondisi yang lebih korosif di dalam tangki.

Tanda-tanda Tangki Bahan Bakar Berakarat

biaya turun mesin

Untuk mengidentifikasi masalah korosi pada tangki bahan bakar mobil Anda, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda berikut:

  • Bau yang Aneh: Bau bahan bakar yang aneh atau bau yang tidak biasa dari area dekat tangki bahan bakar bisa menjadi indikasi bahwa ada karat di dalam tangki.
  • Penurunan Kinerja Mesin: Akumulasi karat di dalam tangki bahan bakar dapat menyebabkan sumbatan atau kerusakan pada saluran bahan bakar, yang dapat mengganggu aliran bahan bakar dan mengurangi kinerja mesin.
  • Penurunan Efisiensi Bahan Bakar: Karat yang terlepas dari dinding tangki dan tercampur dengan bahan bakar dapat menyebabkan penurunan efisiensi bahan bakar karena menghalangi aliran bahan bakar ke mesin.
  • Berkendara yang Tidak Stabil: Jika Anda merasakan getaran atau gangguan yang tidak biasa saat berkendara, hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah dengan aliran bahan bakar karena korosi di dalam tangki.

Cara Pencegahan Karat pada Tangki Bahan Bakar Mobil

  • Gunakan Bahan Bakar Berkualitas Tinggi: Pastikan untuk mengisi bahan bakar di pompa bensin yang terpercaya dan menggunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi dengan sedikit kontaminan.
  • Penggunaan Penambah Bahan Bakar: Beberapa penambah bahan bakar dapat membantu mengurangi risiko korosi pada tangki bahan bakar dengan menghilangkan air dari sistem bahan bakar.
  • Perawatan Rutin: Melakukan perawatan rutin pada mobil Anda, termasuk pemeriksaan terhadap tangki bahan bakar dan sistem bahan bakar secara berkala, dapat membantu mendeteksi masalah korosi lebih awal.
  • Penggunaan Penahan Karat: Beberapa produk penahan karat dapat ditambahkan ke dalam tangki bahan bakar untuk membantu melindungi dari korosi dan akumulasi karat.
  • Penggantian Reguler: Jika Anda memiliki mobil tua atau memiliki riwayat korosi pada tangki bahan bakar, pertimbangkan untuk mengganti tangki bahan bakar secara berkala untuk mencegah masalah yang lebih serius.

Pastikan ini ya:

Korosi pada tangki bahan bakar mobil adalah masalah yang serius yang dapat menyebabkan gangguan dan kerusakan yang signifikan pada mesin. Dengan memahami penyebab korosi, mengidentifikasi tanda-tanda, dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat membantu menjaga tangki bahan bakar mobil Anda tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Ingatlah untuk melakukan perawatan rutin dan pemeriksaan terhadap sistem bahan bakar Anda untuk mencegah masalah korosi sebelum mereka menjadi lebih serius.

Baca juga: Baca Deh! Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *