CarsInfo

Baca Deh! Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab Mobil Terbakar

Baca Deh! Ini Dia Penyebab Mobil Terbakar, Carschcek.id – Penyebab mobil yang terbakar sudah pasti sangat membahayakan pengemudi serta penumpangnya bukan? Jika ada mobil yang terbakar ada sebab dan akibatnya.biasanya mobil terbakar terjadi apabila ada masalah yang serius pada  komponen mobil, jadi dapat terjadi kecelakaan atau benturan yang lumayan keras yang mengakibatkan mobil tersebut kebakaran. 

Mobil dapat terbakar karena berbagai faktor, termasuk korsleting listrik, kebocoran bahan bakar, kerusakan pada sistem kelistrikan, mesin yang panas berlebihan, atau paparan panas eksternal seperti api dari sumber eksternal.

Nah, karna itu ada beberapa faktor yang pengemudi harus ketahui, sehingga pengemudi dapat menghindari terjadinya mobil bisa terbakar sendiri. Yuk, simak sampai habis mengalah mobil bisa terbakar dan apa saja penyebabnya.

Berikut ini adalah penyebab terjadinya mobil terbakar.

  • Bocor nya Bahan Bakar.

bensin mobil bocor

Permasalahan yang pertama adalah terjadinya kebocoran pada bahan bakar yang sangat fatal di sebuah kendaraan. Bocor nya bahan bakar ini sudah bayak yang tahu jika bahan bakar bocor maka akan terjadi mobil terbakar.

Sehingga kamu harus selalu memperhatikan untuk selalu menutup lubang serta dari sisi manapun yang terdapat pada pengampunan bensin atau oli agar tidak terjadi kebocoran. Karena jika kebocoran itu terjadi  dapat sangat membahayakan jika bensin dan oli ketemu dengan api.

  • Kecelakaan.

Yang kedua adalah kecelakaan lalu lintas yang bisa juga menyebabkan mobil terbakar. Karena pada saat kecelakaan itu terjadi akan banyak komponen dari mobil yang sudah pasti akan mengalami kerusakan akibat benturan yang keras.

Untuk kamu yang sering menggunakan mobil untuk berpergian, kamu harus selalu hati – hati serta kamu juga harus seleksi dalam memilih mobil, pastikan mobil yang kamu miliki sudah mempunyai sistem keamanan, seperti sudah ada fitur airbag, Anti Lock System (ABS), serta sudah memiliki Electronic Brake Distribution (EBD).

  • Rusaknya Aliran Listrik Pada Mobil.

kelistrikan mobil

Selanjutnya, penyebab terjadinya mobil terbakar itu dengan adanya kerusakan pada aliran listrik. Sehingga kondisi ini bisa menyebabkan mobil terbakar saat sidang dikendarai atau pada saat sedang parkir.

Terjadinya rusak pada aliran listrik di mobil dapat memicu timbulnya gas hidrogen yang ada dibagian dalam mesin, maka gas tersebut bisa menyebabkan terjadinya mobil terbakar. 

  • Mesin Mobil Yang Overheat.

mobil overheat

Mesin mobil yang overheat juga menjadi salah satu pemicu mobil terbakar yaitu jika suhu mesin sudah diatas rata – rata atau overheat. Karena overheat itu adalah kondisi mobil dengan suhu mesin yang sangat tinggi dari biasanya. Pada dasarnya kinerja suhu mesin ada di 69 – 95 derajat celcius. 

Walaupun mesin mobil sudah di rancang yang sudah bisa mengatur suhu mesin tapi dengan cuaca panas di luar yang sangat panas akan membuat mesin mobil kamu menjadi overheat. Atau suhu yang ekstrem juga dapat menimbulkan kebakaran di seluruh mesin sehingga mobil bisa meledak.

  • Modifikasi Mobil Yang Berlebihan.

Untuk kamu sangat suka memodifikasi mobil yang gemar merubah penampilan mobil luar atau bagian bodi mobil sampai komponen mesin dalam juga diganti, hati – hati ya.

Karena mobil yang sering dimodifikasi yang tidak sesuai dengan kapasitasnya mesin kamu, akan menyebabkan keberatan suplai daya pada mesin mobil kamu. Serta dapat mengakibatkan ketidakseimbangan pada kinerja mesin mobil sehingga dapat menyebabkan terjadinya mobil terbakar, karena watt yang besar bisa membuat aki terkuras serta dapat menimbulkan panas yang berlebihan atau overheat.

Baca juga: Simak! Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Soak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *