CarsOto

7 Keunggulan Grand Livina Dibanding Avanza, Bagus Mana?

keunggulan grand livina dibanding avanza

Apa saja keunggulan Grand Livina dibanding Avanza? Kedua mobil ini telah menjadi produk MPV yang cocok bagi keluarga. Menentukan salah satu dari keduanya pun tidak mudah dan membutuhkan pertimbangan panjang.

Banyak yang menyebut Nissan Grand Livina lebih unggul daripada Toyota Avanza, termasuk di media sosial. Terlihat dari spesifikasi dan berbagai fitur yang tersedia.

Lantas, apa saja keunggulan dari Grand Livina? Bagaimana perbandingannya dengan Avanza? Mari kita simak artikel berikut ini untuk penjelasannya.

Keunggulan Grand Livina Dibanding Avanza

keunggulan grand livina dibanding avanza

Apa yang menjadikan Grand Livina lebih unggul dari Avanza? Berikut adalah tujuh kelebihannya:

1. Efisiensi Bahan Bakar

Untuk membandingkan Avanza vs Grand Livina, efisiensi bahan bakar merupakan salah satu faktor terpenting sebelum membeli. Ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran untuk membeli BBM setiap bulannya.

Grand Livina mengandalkan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Faktor ini tentunya akan membantu efisiensi lebih baik dalam penggunaan bahan bakar. Alhasil, Anda bisa lebih irit dalam pengeluaran biaya.

Sebaliknya, Avanza justru menggunakan sistem penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD). Inilah yang menyebabkan proses penyaluran tenaga dari mesin sangat panjang sehingga lebih boros bahan bakar.

2. Faktor Kenyamanan Penumpang

Ternyata, faktor sistem penggerak roda berdampak pada kenyamanan bagi penumpang. Maka, sistem FWD menonjolkan keunggulan Grand Livina. Pasalnya, sistem penyaluran tenaga menuju roda belakang menimbulkan efek getaran rendah.

Belum lagi suspensi ikut berkontribusi dalam kenyamanan. Keduanya sama-sama memakai monoshock. Namun, kaki-kaki Avanza lebih keras, sehingga akan memicu penumpangnya merasa seperti melompat-lompat saat menghadapi jalan berlubang.

Lain halnya dengan Grand Livina, ground clearance-nya lebih rendah sehingga dapat lebih stabil bahkan ketika berada di kecepatan tinggi.

3. Fitur Keselamatan

Kedua mobil ini memiliki desain fitur keselamatan yang memadai. Pasalnya, baik Grand Livina dan Avanza sudah tersedia Anti Break System, yakni sistem agar roda tidak memberikan traksi terus menerus saat pengendara mengerem.

Sistem ini juga akan mencegah terpicunya penguncian roda yang tentu saja membahayakan bagi pengendara dan penumpang.

Ada juga fitur anti benturan samping berupa mesin penahan bodi dan airbag. Keduanya dapat melindungi pengendara dan penumpang saat terjadi tabrakan.

Keunggulan mobil Grand Livina dalam aspek ini lebih menonjol daripada Avanza. Adanya dual LED day-time running lights and fitur konektivitas head unit membuatnya memiliki sistem keselamatan lebih lengkap.

4. Performa Mesin

Walau terdapat penyakit mobil Grand Livina yang khas, nyatanya itu tidak menghalangi performa mesin yang menjadi keunggulan saat kondisi prima. Mobil MPV Nissan tersebut memiliki kapasitas mesin 1499 cc dan tenaga 103 hp.

Sementara itu, Avanza tercatat memiliki kapasitas mesin 1329 cc dan 97 hp. Sekali lagi, Grand Livina unggul dalam memberikan performa dan tenaga baik. Ini membuktikan keunggulan Grand Livina dibanding Avanza terdapat pada keandalannya.

5. Akselerasi

Dalam hal akselerasi, Avanza lebih unggul karena menganut RWD. Akselerasi mobil Toyota itu lebih cepat dan lebih kuat, terutama saat berada di jalan menanjak atau daerah pegunungan. Sementara kelemahan Grand Livina di tanjakan sudah umum.

Lain halnya saat berada di jalanan kota yang rata. Grand Livina justru akan lebih dominan. Ini karena faktor kenyamanan mengemudi akan memudahkan akselerasi.

6. Dimensi

Perbandingan Grand Livina dan Avanza terdapat pada dimensi. Pertama, Toyota Avanza tercatat memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.665 mm. Wheelbase-nya berada di angka 2.750 mm.

Sedangkan Grand Living memiliki dimensi lebih panjang. Tercatat bahwa Livina memiliki panjang 4510 mm, lebar 1750 mm, tinggi 1695 mm, dan ground clearance 200 mm.

7. Interior

Dari aspek interior, Grand Livina terlihat mengutamakan kenyamanan penumpang lebih baik daripada Avanza. Terlihat dari dimensinya yang menjadikan ruangan interior lebih luas bagi penumpang.

Selain itu, kursi atau jok Grand Livina menggunakan material kulit sebagai pembungkus. Ini menjadikannya terkesan lebih mewah dan membuat nyaman bagi pengendara serta penumpang.

Harga spare part Grand Livina vs Avanza ikut sering menjadi pertanyaan. Baik mobil baru atau bekas, Carscheck.id siap untuk membantu Anda sebagai solusi terbaik dalam pelayanan servis dan penyedia mobil bekas.

Kami akan memberikan informasi tentang riwayat perawatan dan perbaikan mobil agar Anda mendapat gambaran sebelum membeli. Dengan begitu, Anda akan semakin yakin dengan pilihan terbaik Anda. Inspeksi terbaik, CarshCheck solusinya!

Demikianlah pembahasan keunggulan Grand Livina dibanding Avanza. Berminatkah Anda untuk membelinya?

FAQ

Lebih irit mana antara Avanza atau Grand Livina?

Dalam efisiensi biaya bahan bakar, Grand Livina lebih unggul. Ini karena Grand Livina menggunakan sistem Front Wheel Drive yang membantunya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Apakah fitur keselamatan Grand Livina lebih unggul dari Avanza?

Grand Livina lebih unggul dalam aspek fitur keselamatan secara lengkap. Ini karena terdapat dual LED daytime running lights dan fitur konektivitas head unit.

Apakah harga Grand Livina lebih terjangkau?

Banyak yang menyebut harga Avanza justru lebih murah. Meski begitu, harga Grand Livina terkadang lebih bersaing dan terjangkau.

Apakah Grand Livina lebih luas daripada Avanza?

Grand Livina memiliki panjang, lebar, dan tinggi lebih banyak, sehingga menjadikan dimensinya lebih panjang. Artinya, ruang lebih luas bagi penumpang dan barang bawaan.

Lebih nyaman mana saat berada di jalan raya, Avanza, atau Grand Livina?

Grand Livina memiliki sistem Front Wheel Drive yang memudahkan akselerasi saat berada di jalan raya yang menambah faktor kenyamanan.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *