CarsOto

Kelemahan Grand Livina di Tanjakan, Begini Penjelasannya

kelemahan grand livina di tanjakan

Kelemahan Grand Livina di Tanjakan merupakan salah satu keluhan terbesar dari pengendara. Banyak yang telah menyampaikannya di media sosial. Bahkan, tidak sedikit yang membuktikannya melalui rekaman video.

Nissan Grand Livina telah menjadi salah satu produk mobil favorit masyarakat di kelasnya semenjak pertama kali hadir pada 2007. Terdapat beberapa kelebihan yang sangat terkenal sehingga menjadikannya sebagai andalan masyarakat.

Sejatinya, mobil ini dinilai cukup nyaman dan efisien sebagai MPV, terutama untuk terpakai dalam perjalanan keluarga. Bahkan, banyak pula yang rela membelinya dalam kondisi bekas.

Pada akhirnya, kelemahan Grand Livina ketika berada di tanjakan patut menjadi pertimbangan bagi konsumen. Mari kita bahas selengkapnya mengenai keluhan khas dari mayoritas konsumen.

Kelemahan Grand Livina di Tanjakan

Keluhan Grand Livina saat di tanjakan bukanlah hal baru. Faktanya, konsumen banyak sekali mengeluhkan mobil keluarga ini sangat lambat saat berada di perbukitan.

Terlebih, ini disebutkan sebagai salah satu penyakit mobil Grand Livina paling umum. Belum lagi sejumlah kekurangan lain seperti suku cadang relatif mahal kerap menjadi keluhan.

Anda mungkin tidak hanya pernah melihat berbagai keluhan tersebut. Sering sekali, video Grand Livina gagal menanjak beredar di media sosial.

Saat berada di tanjakan, banyak pengguna Grand Livina mengaku kesulitan dalam berkendara. Mereka terpaksa menginjak gas dalam-dalam sambil menggunakan gigi terendah. Tidak sedikit pula mendeskripsikan pengalaman ini mendebarkan.

Faktanya, setiap mobil mengalami penurunan performa merupakan hal wajar saat sudah berumur tua. Akan tetapi, penurunan tersebut menjadi tidak wajar saat ada masalah tak biasa.

Bisa saja penyebab tersebut berupa jarang melakukan perawatan, penggunaan BBM tak sesuai dan tak berkualitas, atau terjadi kendala pada aki.

Faktor pemicu lain pun terdapat pada sejumlah komponen cukup lemah. Kendala terbesar yang sering ditemui kerap terjadi pada kaki-kaki depan, terutama pada varian matic.

Umumnya, Grand Livina matic sering sekali muncul suara “ngelitik” pada mesin sehingga memicu kurangnya tenaga pada mesin. Padahal biasanya sering terjadi pada mobil bertransmisi manual.

Nah, penyakit ini mungkin lebih sering terjadi pada mobil Grand Livina bekas. Mungkin konsumen lebih tertarik karena harganya jatuh, tetapi mereka harus bersiap untuk menghadapi masalah yang mungkin sering terjadi.

Tips Saat Grand Livina di Tanjakan

Jadi, bagaimana cara agar mobil Livina kuat menanjak? Terdapat empat tips sebagai berikut:

1. Sesuaikan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan

Mengingat menghadapi jalan menanjak merupakan salah satu kelemahan Grand Livina, hanya menggunakan mode D tidak cukup. Ini termasuk jalan yang biasanya lebih curam di sekitar pegunungan.

Ketika tanjakan lebih curam, gunakan gigi D1 pada mobil matic atau gigi 1 pada mobil manual. Ini akan memudahkan Anda untuk mengendalikan mobil saat berjalan merayap di tanjakan. Namun, jangan injak rem saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1.

2. Kurangi Beban

Muatan yang terlalu berat akan memicu kesulitan bagi mobil untuk berjalan di tanjakan. Semakin banyak atau berat barang bawaan, semakin rendah pula ground clearance-nya.

Solusi terbaik untuk menghadapi hal ini adalah mengurangi barang bawaan. Ini akan memudahkan dalam menghindari penurunan performa mobil Grand Livina.

3. Lakukan Servis secara Berkala

Jika masih merasa kesulitan juga, ada baiknya Anda melakukan servis secara berkala. Sering sekali terdapat pertanyaan “Spare part Grand Livina mahal atau murah?”. Tidak perlu khawatir, biaya perbaikan tersebut tidak membutuhkan biaya banyak.

Untuk mengatasi kekurangan Grand Livina matic atau manual, Anda patut menerapkan solusi sebagai berikut:

  • Remap ECU mobil
  • Piggyback PRO
  • Tune up mobil

Mengatasi kelemahan Grand Livina di tanjakan akan semakin mudah jika mengandalkan Carscheck.id. Kami memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan pelayanan berkualitas dengan suku cadang original.

Carscheck.id akan memastikan Anda mendapatkan pelayanan ramah, profesional, dan berkualitas. Maka, pastikan untuk mengandalkan Carscheck.id sebagai solusi terbaik perbaikan kendaraan Anda.

FAQ

Benarkah Grand Livina kurang cocok di tanjakan?

Sebenarnya, Grand Livina cukup nyaman untuk perjalanan di tanjakan. Namun, performa mungkin akan berkurang ketika menghadapi tanjakan panjang dan ekstrem.

Apakah mengurangi beban menjadi solusi untuk menghadapi tanjakan?

Benar. Pastikan untuk membawa beban sesuai dengan kapasitas mobil agar menghindari penurunan performa.

Apa yang terjadi ketika suara “ngelitik” pada mesin mobil?

Tenaga mesin akan berkurang, terutama ketika harus menghadapi jalan menanjak.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *