Garansi

3 Komponen Garansi Mobil Bekas, Wajib Tercover!

komponen garansi mobil bekas

Berencana beli mobil bekas? Anda wajib memahami komponen garansi mobil bekas yang harus tercover oleh penjual. 

Sebenarnya, ini bukan hal yang wajib ada dan disediakan penjual. Tapi, penjual yang memang benar-benar butuh kepercayaan dari konsumen harus memberikan garansi terhadap beberapa komponen mobil. 

Anda yang ingin membeli pun harus pro-aktif dalam menanyakan ini kepada penjualnya. Tapi, kira-kira apa saja komponen yang harus tercover garansi? Kami bahas di sini!

Komponen Garansi Mobil Bekas, Wajib Tercover

Benar, ada bagian atau komponen mobil yang harus tercover oleh garansi atau penjual memberikan jaminan atas beberapa bagian tersebut. Ini bagian-bagiannya: 

1. Garansi atas Mesin Mobil

Komponen pertama tentu saja mesin. Ini jadi bagian yang wajib tercover. Bukan tanpa alasan, tapi siapa yang mau membeli mobil bekas dengan mesin yang sudah ngos-ngosan? Tidak ada.

Setiap penjual harus mampu memberikan garansi atas mesin mobil. Garansi mobil berapa tahun untuk komponen mesin? Bisa beda-beda. Anda bisa dapat garansi selama 1 tahun dan jika beruntung bisa sampai 2 – 3 tahun. 

Pihak penjual juga wajib mengcover setiap detail komponennya. Setiap suku cadang yang mendukung kinerja mesin seperti busi, koil, kinerja injektor, filter, sensor air flow, sensor O2, harus tercover. 

Mobil yang Anda incar harus sudah lebih dulu diperiksa mesinnya secara menyeluruh terutama agar Anda tak rugi di kemudian hari karena kerusakan mendadak.

2. Transmisi

Komponen kedua adalah transmisi. Mengapa? Utamanya karena bagian transmisi cukup rentan dengan kerusakan. Mobil bekas, apalagi matic, biasanya banyak yang bermasalah di bagian transmisinya. 

Maka, sebaiknya Anda tidak hanya mencari penjual dengan garansi mesin mobil saja. Namun, sekaligus yang menyediakan garansi untuk kerusakan transmisi. 

Bagian ini cukup rentan karena memang rawan tertahan dan selip ketika berakselerasi. Mobil yang sering tersendat juga bisa jadi salah satu penyebabnya. 

Sebelum beli, sebaiknya cek bagian ini. Apakah ada keanehan seperti raungan atau getaran mesin saat Anda ganti gigi atau tidak. Persneling susah untuk Anda gunakan? Sebaiknya pertimbangkan ulang untuk beli. 

Jika ingin memaksa beli, cukup pastikan ada garansi untuk berbagai macam kerusakan tersebut. Saat penjualnya sudah memastikan adanya garansi, Anda bisa dengan tenang membawanya pulang ke rumah. 

3. Komponen AC

Bagian yang harus Anda cek lainnya dan harus tercover oleh garansi adalah AC. Bagian ini jadi begitu penting karena AC-lah yang mempengaruhi tingkat kenyamanan Anda ketika melaju bersama mobil bekas idaman. 

Sama halnya dengan transmisi, AC juga rawan mengalami kerusakan karena penggunaan sembarangan dari pemilik sebelumnya. 

Dalam beberapa kasus, misalnya AC rusak dan bau gara-gara sering merokok di dalam mobil, filternya tak pernah diganti, pipa AC bocor, evaporator bermasalah, freon tak pernah ada penggantian, dan sejenisnya. 

Masuk juga sebagai alasan mengapa garansi begitu penting karena Anda bisa saja keluar biaya besar buat perbaiki komponen-komponen dalam AC. Maka, pastikan penjual yang Anda pilih bisa cover komponen AC. 

Tak Ingin Boncos Beli Mobil Bekas? Ini Solusinya!

Dengan maraknya penjual mobil bekas yang enggan memberi garansi atau menyusahkan saat klaim, percayakan saja pada kami. Beli mobil bekas hanya di CarsCheck. Kami menjamin setiap komponen plus jaminan kemudahan klaim.

Ingin beli mobil bekas tapi belum paham cara inspeksi? Ada jasa cek mobil bekas dari kami dengan inspektor berpengalaman! Beli dan cek mobil bekas bebas khawatir, tidak akan Anda dapatkan selain dari sini!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *