CarsTips

Penyebab Setir Mobil Goyang

Penyebab Setir Mobil Goyang

Penyebab Setir Mobil Goyang, Carscheck.id – Setir mobil yang tiba-tiba saja goyang saat dikendarai bisa menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan. Selain mengurangi kenyamanan berkendara kita, kondisi ini juga berpotensi menyebabkan risiko kecelakaan karena pengemudi kesulitan mengendalikan pergerakan kemudi.

Mari kita bahas beberapa penyebab umum setir mobil goyang dan bagaimana mengatasinya:

  • Kondisi Velg Penyok:

Velg mobil yang mengalami benturan dengan medan jalan bergelombang atau berlubang dapat mengalami kerusakan. Velg yang penyok akan membuat kendaraan kurang seimbang dan menyebabkan setir mudah goyang.

  • Ban Mobil Menggelembung:

Ban yang telah lama dipakai cenderung menggelembung dan tidak layak. Penggunaan ban yang menggelembung dapat menyebabkan setir mobil goyang. Sebaiknya ganti dengan ban baru untuk memastikan performa kendaraan optimal.

  • Kampas Rem Habis Sebelah:

Pada mobil, terdapat dua kampas rem yang berfungsi sebagai penjepit piringan cakram atau tromol. Jika salah satu kampas rem habis, kendaraan menjadi tidak seimbang dan setir mudah goyang. Segera periksa dan ganti jika diperlukan.

  • Link Stabilizer Rusak:

Bunyi gluduk-gluduk saat melewati jalanan rusak atau medan terjal menandakan kerusakan pada link stabilizer. Link stabilizer berfungsi sebagai penahan goncangan dari jalanan tidak rata. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan setir mobil goyang.

  • Butuh Spooring dan Balancing:

Spooring dan balancing adalah prosedur untuk mengatur posisi roda dan memastikan distribusi beban yang merata. Jika roda tidak sejajar atau tidak seimbang, setir mobil bisa goyang.

Ingatlah bahwa menjaga kondisi setir biar mudah dikendalikan adalah langkah penting untuk keselamatan berkendara kamu. Jangan abaikan tanda-tanda setir mobil goyang dan segera periksa di bengkel untuk perbaikan yang diperlukan.

bengkel mobil

Bengkel Mobil Balikpapan no 1 HaloBengkel

Baca juga: Penyebab Mobil Turun Mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *