CarsNews

Cara Mengatasi Jika Mobil Kamu Keluar Asap Putih

Jika Mobil Kamu Keluar Asap Putih

Cara Mengatasi Jika Mobil Kamu Keluar Asap Putih, Carscheck.id – Jika kamu memiliki mobil dan mobil kamu mengeluarkan asap putih dari knalpot, itu menandakan bahwa mobil kamu sedang dalam masalah. Pasti banyak diantara kalian menanyakan perihal bagaimana cara mengatasi jika mobil sudah mengeluarkan asap putih dari dalam knalpot.

Pada dasarnya jika mobil yang sehat akan memiliki asap knalpot yang tidak memiliki warna, akan tetapi jika mobil kamu knalpotnya sudah berubah menjadi warna putih, sudah dipastikan mobil kamu sedang mengalami kerusakan dibagian komponen mobil yang harus kamu waspadai. 

Cara mengatasi jika mobil mengeluarkan asap dari knalpot:

  • Melepaskan Saluran PCV.

pcv

Seperti yang kita ketahui bahwa PCV adalah sebagian mesin yang mengatur tekanan udara yang dapat dilepas dan diganti. Dengan itu kamu bisa mengecek terlebih dahulu, karena takut adanya kebocoran  atau adanya kerusakan separator atau tidak. Jika sudah dicek ada jejak olinya maka kamu. Harus mengganti PCV nya, dengan cara ini kamu sudah bisa mengatasi mobil kamu yang sedang bermasalah dengan asap putih.

  • Melakukan Pengecekan Pada Indikator Engine.

Indikator Engine

Nah, jika lampu indikator engine kamu sudah menyala, maka itu menandakan masalah atau kerusakan pada mesin mobil kamu. Hal ini kamu harus selalu memperhatikan kondisi mesin mobil kamu, supaya kamu bisa memahami dan mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil kamu jika sudah mengeluarkan asap putih dari knalpot.

  • Segera Ganti Seal Katup.

Seal Katup

Dengan kamu mengganti seal katup maka kamu bisa membantu menyelesaikan masalah mobil kamu yang sedang mengalami keluarnya asap putih dari knalpot. Karena pada umumnya seal katup mobil itu sudah aus atau bisa dibilang sudah berkerak oli dan diharuskan untuk segera menggantinya supaya dapat mengalirkan udara ke saluran pembakaran dan dapat bekerja dengan lancar.

  • Lepaskan Selang Ke Udara.

Yang ketiga ini yang harus kamu lakukan adalah lepas selang ke udara, karena hal ini menjadi salah satu bagian dari mesin turbo. Jadi, jika terdapat tetesan oli di selang udara mesin turbo, maka hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan lepas selang udara agar dapat memperbaiki masalah mobil yang keluar asap putih agar cepat diatasi.

  • Cek Turbocharger.

Turbocharger

Ini adalah cara mudah melakukan cek turbocharget dengan cara menyalahkan mesin mobil kamu dan dengarkan suaranya. Jika kamu mendengar suara yang tidak seperti pada biasanya maka kamu membawa mobil kamu ke bengkel resmi agar segera diperbaiki.

  • Cek Oli Mesin.

Oli Untuk Mobil di atas 10 Tahun

Kamu harus memastikan kondisi oli mobil kamu dalam keadaan yang sudah full, hal ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi mobil yang sudah mengeluarkan asap putih. Nah, jika oli kamu sudah ada di bawah indikator normal, maka bisa jadi oli kamu sedang mengalami kebocoran dan bisa saja sudah masuk keruang pembakaran. Dengan cara kamu selalu rutin cek oli mobil maka bisa membantu kamu mengurangi masalah pada oli agar kondisi oli tidak berada dibawah indikator.

Setelah kita membaca artikel ini, sudah dipastikan bagaimana cara mengatasi jika mobil keluar asap putih dan sudah bisa dipastikan bahwa penyebabnya ada di oli yang sudah memasuki keruang pembakaran sehingga hal itu bisa menyebabkan mobil kamu keluar asap putih dari knalpot. Namun, hal ini bisa saja tidak terjadi jika kamu melakukan service rutin untuk selalu memastikan kondisi kendaraan mesin mobil kamu.

Baca juga: Simak! Cara Mengatasi Aki Mobil Yang Soak

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *