CarsTips

Cara Kerja Radiator Mobil, Fungsi, dan Komponennya

cara kerja radiator mobil

Menghindari terjadinya overheat pada mobil, radiator sebagai sistem pendingin adalah komponen paling berperan. Namun, beberapa orang belum tahu bagaimana cara kerja radiator mobil padahal alat ini berperan membuat suhu mesin jadi stabil.

Biar lebih paham bagaimana mobil bekerja secara sehat, pastikan Anda memahami setiap komponennya. Pada artikel kali ini Anda akan mendapat informasinya secara lengkap dan akurat. Yuk, cek.

Cara Kerja Radiator Mobil

Bagaimana cara kerja sistem radiator mobil? Proses kerja ini dimulai dari aliran air atau coolant yang memiliki suhu netral di dalam radiator.

Di mana, air ini nantinya akan mengalir menuju saluran dan mengelilingi mesin dengan tujuan menyerap panas.

Coolant pada radiator ini merupakan cair khusus dengan fungsi menyerap panas pada mesin dan berperan untuk mencegah karat atau korosi. Mengingat mobil terbuat dari material logam

Melalui fungsi inilah coolant atau air radiator akan membawa panas yang kemudian didinginkan kembali ke radiator. Agar proses berjalan lebih mudah, pastikan Anda memilih air radiator mobil dengan kualitas bagus.

Mengingat fungsinya yang krusial, sehingga mampu memberikan efek dingin lebih cepat pada mobil. Proses penyaluran ini masih akan berlanjut hingga ke bagian rangka upper tank.

Kemudian, baru dilanjutkan ke dalam radiator core. Melalui proses ini panas akan berpindah ke dalam radiator core dan tersalurkan pada sirip radiator. Apabila sudah ada udara yang melewati sirip, panas akan dilepas ke aliran udara tersebut.

Pada proses pelepasan atau perpindahan udara inilah nantinya cairan akan kembali dingin dan mengelilingi mesin lagi untuk menyerap panas.

Cukup sederhana tetapi perannya sangat krusial. Apabila terjadi masalah seperti radiator panas, maka mesin pada mobil pun akan ikut dampaknya sebab tidak dapat mempertahankan suhu pengoperasian mobil secara ideal.

Fungsi Radiator Mobil

Suhu panas ketika berkendara mobil terjadi karena adanya reaksi pembakaran pada mesin mobil.

Dalam kondisi menyala, suhu panas pada mesin akan terus meningkat. Sehingga, semakin lama Anda berkendara maka suhu panasnya akan semakin tinggi.

Apabila suhu panas terus berlangsung maka bisa menyebabkan overheat pada mobil. Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut mesin mobil membutuhkan sistem pendingin untuk menjaga suhunya tetap stabil.

Radiator merupakan sistem dari mobil yang berfungsi untuk mendinginkan mesin. Cara kerja radiator mobil ini dengan mengalirkan air (coolant) melalui saluran yang sebelumnya sudah terpasang di area mesin mobil.

Dalam kondisi mengalir inilah, coolant akan bekerja untuk menyerap suhu panas dan membawanya kembali ke radiator. Kemudian, radiator akan membuat suhu coolant menjadi dingin dan membuangnya ke udara.

Begitulah fungsi radiator secara sederhana yang masih banyak orang belum tahu.

Apa Saja Komponen Radiator Mobil?

Membantu kerja radiator agar lebih maksimal, berikut beberapa komponen yang meliputinya, antara lain:

1. Upper Tank

Pertama ada komponen upper tank. Alat ini berfungsi sebagai tempat penampungan air coolant yang bertugas membawa suhu panas pada mesin. Tempatnya di bagian atas radiator, biasanya disebut reservoir tank.

2. Radiator Core

Ada juga radiator core yang menjadi komponen inti dari radiator. Bentuknya seperti pipa kecil dan memiliki fungsi untuk menyalurkan panas dari air ke udara.

3. Sirip Radiator

Sirip radiator merupakan alat yang bertugas untuk membantu core membuang panas ke udara luar. Letaknya di tengah-tengah dengan fungsi mendukung kinerja dari core.

4. Lower Tank

Ketika air sudah melewati proses pendinginan, nantinya akan ditampung di lower tank. Setelah itu, barulah kembali bekerja untuk menyerap suhu panas pada saluran yang mengelilingi mesin.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara kerja radiator mobil serta komponen yang menyertainya. Setelah mempelajari pengetahuan tersebut, pastikan Anda menjaga radiator mobil agar bisa bekerja dengan baik.

Hal ini juga berlaku saat Anda ingin membeli mobil bekas. Pengecekan radiator mungkin dianggap sepele. Namun ternyata hal tersebut cukup krusial untuk kenyamanan berkendara.

Oleh karena itu, lakukan inspeksi secara mendetail, termasuk komponen dalam mobil seperti radiator. Apabila Anda orang awam dalam dunia otomotif dan butuh bantuan untuk melakukan inspeksi secara mendetail terkait kondisi mobil.

Maka, CarsCheck bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Tim profesional kami akan melakukana pengecekan terhadap 175+ titik pada mobil yang ingin Anda beli. Jadi, sangat aman dan rinci sekali. Yuk gunakan layanan dari kami sekarang juga.

FAQ

Apakah radiator mobil bisa rusak?

Tentu saja bisa. Apalagi jika tidak Anda rawat dengan baik.

Apa penyebab radiator mobil bocor?

Biasanya karena tidak sengaja rusak terbentuk baut atau benda lain saat servis.

Di mana tempat service mobil yang aman dan terpercaya?

Cars Check bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Layanan perawatan super lengkap dengan garansi memuaskan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *