CarsTips

6 Air Radiator Mobil yang Bagus dan Paling Laris

air radiator mobil yang bagus

Sistem pendinginan punya peran krusial dalam menjaga suhu mesin mobil dalam rentang aman. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan air radiator mobil yang bagus.

Komponen dari sistem pendingin ini perlu diganti secara berkala supaya tetap optimal. Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kualitas saat mengganti air radiator.

Mari kenali lebih baik mengenai manfaat air radiator dan rekomendasi produknya.

Apa itu Air Radiator?

Air radiator mobil atau coolant merupakan cairan yang berfungsi sebagai media transfer panas, sehingga membantu menjaga suhu mesin tetap berada pada tingkat aman selama penggunaan kendaraan.

Dengan kata lain, coolant memiliki peran untuk mencegah terjadinya overheating (panas berlebihan) pada mesin.

Berbeda dari air keran biasa, coolant memiliki kandungan zat kimia yang bermanfaat bagi perawatan mesin. Selain itu, titik didih coolant juga ideal untuk memastikan sistem pendinginan bekerja optimal.

Air Radiator Mobil yang Bagus

air radiator mobil yang bagus

Setelah memahami peran penting coolant bagi radiator mobil, Anda tentunya ingin memilih produk yang berkualitas jempolan.

Berikut beberapa air radiator mobil yang bagus dan patut untuk Anda pertimbangkan:

1. Prestone Radiator Super Coolant

Rekomendasi coolant berkualitas pertama adalah produk asal Amerika, yaitu Prestone Radiator Super Coolant.

Coolant ini sangat bagus untuk kendaraan dengan intensitas penggunaan tinggi, seperti mobil yang digunakan setiap hari. Produk ini mengandung berbagai zat aditif yang bermanfaat untuk mencegah korosi, karat, dan kerak pada komponen radiator.

Selain itu, coolant Prestone  memiliki titik didih mencapai 126 derajat Celsius, sehingga mampu memberikan perlindungan pada mesin dari masalah overheating.

Keunggulan lain dari air radiator ini adalah kemampuan pencegah beku yang baik. Hal tersebut menjadikan penggunaannya bisa membuat suhu mesin lebih stabil dan tidak cepat panas.

Penggunaan Prestone Radiator Super Coolant perlu didahului dengan pelarutan atau pencampuran menggunakan air mineral atau air keran dengan perbandingan 1:1.

Produk ini tersedia dalam beberapa varian. Anda bisa mendapatkan coolant Prestone dengan harga mulai dari Rp35.000.

2. Top1 Power Coolant

Merk air radiator mobil yang bagus ini banyak dikenal sebagai sponsor ajang balap internasional.

Top1 menghadirkan coolant dengan kualitas unggulan dan mengandung berbagai zat kaya manfaat. Kandungan coolant ini berupa 20% Ethylene Glycol dan zat aditif Temperature Fighting Agent yang bisa menaikkan titik didih hingga 118 derajat Celsius.

Kandungan coolant Top1 juga mampu mencegah terjadinya korosi dan kerak pada radiator mobil. Coolant ini juga mampu menukar panas dengan cepat karena formulanya bebas dari kandungan silika.

Produk ini juga sudah memenuhi berbagai standar internasional sehingga terjamin efektif untuk memelihara dan mendukung fungsi radiator.

Tersedia beberapa varian ukuran Top1 Power Coolant, dengan harga sekitar Rp31.000 untuk kemasan 1 liter.

3. Carrera Air Radiator

Cari rekomendasi air radiator mobil yang bagus dan siap pakai? Maka, produk yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat.

Carrera Air Radiator merupakan coolant siap pakai yang tidak perlu penambahan air. Produk ini menawarkan keunggulan menjaga suhu mesin tetap stabil dan aman, bahkan setelah menempuh perjalanan jauh.

Pembuatan coolant Carrera menggunakan proses demineralisasi yang bermanfaat menghilangkan kandungan mineral dan logam. Berkat proses tersebut, coolant tidak akan mengakibatkan korosi, kerak, maupun karat pada komponen radiator.

Meskipun kualitasnya bagus, produk ini punya harga yang cukup terjangkau. Untuk kemasan 4 liter, Carrera Air Radiator dibanderol sekitar Rp100.000.

4. Wurth Radiator Coolant

Selanjutnya, ada merk air radiator mobil berkualitas dari Jerman, Wurth.

Wurth Radiator Coolant tersedia dalam dua varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Coolant Wurth memiliki formulasi dengan manfaat anti karat dan anti korosi.

Air radiator ini juga memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga temperatur panas mesin mobil dan mencegah overheating.

Penggunaan coolant Wurth diklaim mampu menjaga performa kendaraan tetap optimal dan bebas dari berbagai gangguan. Produk ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan seal karet kendaraan dan dapat mencegah munculnya jamur.

Coolant dari Wurth ini cocok untuk digunakan pada semua jenis kendaraan. Anda bisa mendapatkan produk coolant Wurth dengan harga sekitar Rp100.000.

5. Pertamina Coolant Xtreme Cool

Pertamina menghadirkan produk air radiator yang bagus untuk mobil. Menurut spesifikasi resminya, produk ini memiliki titik didih mencapai 165 derajat Celsius.

Pertamina Coolant Xtreme Cool bisa menjadi pilihan terbaik untuk memanajemen panas mesin mobil secara optimal. Selain itu, produk ini memiliki kandungan zat aditif yang mampu mengurangi risiko korosi dan karat pada komponen radiator.

Formulasinya terdiri dari 70% air destilasi bebas kandungan mineral dan logam, 30% ethylene glycol, dan zat aditif lain.

Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut dengan menggunakan coolant Pertamina seharga Rp120.000,- untuk kemasan 4 liter.

6. Brystone Long Life Radiator Coolant

Coolant dari Bryston mengusung teknologi Jepang untuk mendukung kerja radiator mobil dalam menjaga temperatur mesin tetap aman.

Bryston Long Life Radiator Coolant cocok untuk digunakan pada semua jenis mobil, bahkan bisa untuk kendaraan berat. Produk ini mengandung Ethylene Glycol yang berperan meningkatkan titik didih hingga 120 derajat Celsius.

Berkat titik didih yang tinggi, coolant Bryston bisa membantu mendistribusikan panas mesin mobil dengan baik sekaligus mencegah overheating selama berkendara.

Coolant Bryston juga memiliki kandungan zat aditif yang bermanfaat memberikan perlindungan aktif dari risiko korosi. Selain itu, penggunaan coolant ini mampu membuat kinerja AC mobil jadi lebih maksimal.

Brystone Long Life Radiator Coolant juga diklaim sebagai air radiator yang memiliki masa pakai terpanjang daripada produk lain. Coolant ini bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp40.000,-.

Itulah daftar air radiator mobil yang bagus dan paling laku. Sebelum memilih produk, pastikan untuk mengecek dulu spesifikasi pabrikan dari mobil yang Anda gunakan.

Layanan Inspeksi Mobil Terbaik

Anda berencana beli mobil bekas? Kalau begitu, pastikan dulu untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh.

CarsCheck menyediakan layanan inspeksi mobil secara teliti dan menyeluruh, mulai dari eksterior, interior, mesin, transmisi, hingga kelengkapan dokumen kendaraan.

Pemeriksaan dilakukan oleh inspektor ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang otomotif. Bukan hanya itu, kami menyediakan garansi hingga 1 tahun untuk mobil yang telah lulus pengecekan oleh inspektor CarsCheck.

Garansi CarsCheck juga termasuk layanan Customer Support 24 jam untuk kebutuhan darurat. Segera hubungi kami untuk mendapatkan layanan inspeksi mobil bergaransi.

FAQ

Mengapa tidak boleh ganti air radiator dengan air keran?

Karena air keran atau air biasa memiliki kandungan mineral yang berpotensi menyebabkan karat pada komponen radiator.

Bagaimana cara memilih air radiator mobil yang paling bagus?

Sebaiknya menggunakan air radiator yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan mobil Anda. Selain itu, pastikan air radiator memiliki titik didih tinggi dan titik beku rendah.

Apa saja manfaat menggunakan air radiator?

Pertama, air radiator membantu menjaga suhu mesin lebih stabil dan aman. Penggunaan air radiator juga bermanfaat mencegah karat, korosi, dan kerak, serta membuat radiator tidak mudah bocor dan awet.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *