7 Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Awet

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print
Cara Merawat Cat Mobil

Mobil tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga menjadi aset berharga. Oleh karena itu, ketika membeli mobil bekas, penting mengetahui cara merawat cat mobil  dengan benar agar tidak mudah memudar.

Cat mobil memudar setelah penggunaan lama dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah perawatan kurang maksimal. Padahal, perawatan cat mobil sama pentingnya dengan perawatan mesin. 

Lalu, bagaimana cara perawatan cat mobil yang benar agar tetap mengkilap seperti baru? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Mengapa Merawat Cat Mobil itu Penting?

Cat mobil merupakan bagian terluar mobil yang dapat terlihat langsung oleh mata, sehingga perlu perawatan rutin. Adapun alasan harus merawat cat mobil sehingga menjadi penting adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan Body Mobil

Cat mobil memiliki fungsi sebagai lapisan pelindung body mobil agar tidak mudah terkena goresan saat benturan ringan. Sebab, jika body mobil tergores, maka dapat menyebabkan korosi pada logam body mobil.

Oleh karena itu, cat mobil berperan penting mencegah terjadi goresan langsung pada bodi mobil, disamping menjaga tampilan mobil tetap terlihat terawat.

2. Menjaga Cat Mobil Tetap Bagus

Perawatan cat mobil secara rutin bermanfaat menjaga cat mobil agar tetap terlihat bagus seperti baru. Selain itu, perawatan cat mobil juga membantu melindungi cat dari kerusakan seperti terkelupas atau memudar.

Itulah sebabnya, penting mengetahui cara merawat cat mobil, agar ada gambaran saat Anda membeli mobil bekas sudah tahu cara perawatannya.

Baca juga: Bagian Mobil yang Paling Sering Terkena Karat dan Cara Mengatasinya

3. Meningkatkan Nilai Jual

Alasan terakhir pentingnya perawatan cat mobil adalah untuk meningkatkan nilai jual. Biasanya, mobil yang terawat dan cat masih bagus memiliki nilai jual tinggi.

Oleh karena itu, cara menaikan nilai jual mobil atau paling tidak mempertahankan nilai jualnya, maka perlu perawatan cat mobil secara rutin. Pastikan perawatannya dengan cara yang tepat dan benar.

Cara Merawat Cat Mobil Dengan Benar 

Saat membeli mobil bekas, bagian yang tidak boleh luput dari pemeriksaan adalah cat mobil. Jika cat masih mengkilap, maka hanya perlu mencari tahu cara merawat cat mobil agar tidak pudar. Berikut caranya:

1. Cuci Mobil Secara Rutin

Ketika mobil kotor, sebaiknya langsung membersihkannya agar cat mobil terawat dan bersih dari kotoran menempel. Meskipun mobil Anda tidak pernah digunakan, tetapi tetap harus Anda cuci secara rutin.

Hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena bisa meninggalkan bekas sabun di permukaan mobil. Hal ini juga dapat membuat cat menjadi kusam karena sabun dan air yang cepat mengering.

2. Bersihkan dengan Sampo Khusus

Cara agar cat mobil mengkilap dan terawat sebenarnya hanya masalah kebiasaan. Jika Anda terbiasa membersihkan mobil dengan sampo khusus, maka mobil pun akan terlihat mengkilap seperti mobil baru.

Meskipun demikian, ketika Anda membersihkan mobil pastikan sampo yang Anda gunakan aman untuk cat mobil. Pastikan pilih sampo cuci mobil yang tidak merusak cat dan membuat tampilan cat menjadi pudar.

Baca juga: Beli Mobil Baru atau Bekas, Mana yang Terbaik untuk Anda?

3. Hindari Lap Mobil Saat Kering

Ketika mobil dalam keadaan kering, jangan Anda lap meskipun terdapat debu atau kotoran. Sebaiknya siram air terlebih dahulu agar terhindar dari goresan kecil yang berasal dari partikel debu yang menempel di mobil.

Selain itu, ketika mengelap mobil sebaiknya menggunakan kain lap halus dan bersih setelah mencucinya. Penggunaan kain lap kotor dapat menyisakan bekas noda dan membuat warna cat mobil menjadi tidak mengkilap.

4. Jangan Parkir Sembarangan

Cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap yang dapat Anda praktekkan adalah hindarilah memarkirkan mobil di bawah sinar matahari langsung. Pastikan Anda memarkirkan mobil di tempat yang teduh dan aman.

Selain itu, hindari pula memarkirkan mobil di tempat terbuka saat malam hari karena dapat berembun. Embun ini dapat membuat cat jadi memudar. Jika dibiarkan terus menerus, maka muncul retak kecil pada cat mobil.

5. Memberikan Proteksi Cat Mobil

Cara memproteksi cat mobil agar tidak pudar dan kusam adalah rutin membersihkan mobil menggunakan bahan proteksi seperti wax dan sealant. Kedua bahan ini dapat membuat cat mobil tetap terawat dan mengkilap.

Selain itu, bahan proteksi cat mobil tersebut juga berfungsi untuk mencegah debu menempel di permukaan cat. Pengapliaksian bahan peoteksi ini dapat Anda lakulan secara berkala, minimal dua kali dalam setahun.

Baca juga: 6 Keuntungan Membeli Mobil Bekas dengan Garansi, Wajib Tahu!

6. Segera Perbaiki Kerusakan Cat

Cara Merawat Cat Mobil

Intip Cara Merawat Cat Mobil

Jika Anda menemukan goresan atau korosi pada bodi mobil meskipun ukurannya kecil, maka segera perbaiki agar kerusakan tidak semakin parah. Jika dibiarkan saja, maka dapat menyebar ke bagian lainnya.

Tips merawat cat mobil ini dapat menjadi solusi jika ada bagian body mobil korosi. Anda dapat mengecat ulang bagian korosi tersebut sesuai dengan warna mobil bawaannya. Pastikan pilih cat yang berkualitas.

7. Melakukan Detailing Mobil

Detailing mobil merupakan salah satu cara merawat cat mobil yang populer saat ini. Teknik merawat mobil ini dapat mempercantik tampilan mobil secara keseluruhan, baik bagian interior maupun eksterior mobil.

Proses detailing mobil dilakukan dengan cara membersihkan seluruh bagian mobil secara detail dan teliti. Bahkan, bagian mesin mobil juga tak luput dari pembersihan. Hal ini tentu saja membuat mobil seperti baru.

Butuh Inspeksi Mobil Bekas? Hubungi Kami

Ingin membeli mobil bekas tetapi tidak mengerti cara mengecek kondisinya? Tidak perlu khawatir, hubungi saja CarsCheck, jasa inspeksi mobil bekas terbaik dengan tim berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Kami akan mengecek semua kondisi mobil, termasuk cat mobil pun tidak luput dari pengecekan kami. Hal ini demi memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Yuk, hubungi kami sekarang! Saat Anda menggunakan jasa inspeksi mobil bekas, Anda akan mendapatkan laporan terperinci mengenai kondisi mobil. Dengan begitu, laporan ini dapat menjadi referensi sebelum membeli mobil bekas.

Realated Post

Post Terbaru