9 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Penting Diketahui

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print
kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Sesuai namanya, mobil listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber energinya. Sebelum membeli kendaraan model ini, Anda harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik.

Mengetahui kelebihan dan kekurangannya akan meminimalisir penyesalan di kemudian hari. Lantaran bisa menjadi bahan pertimbangkan sebelum membeli. Menariknya, jumlah penggunaan mobil listrik terus meningkat. 

Terutama karena banyaknya keunggulan yang dimiliki. Salah satu keunggulannya yang cukup terkenal adalah konsep ramah lingkungannya. 

Namun, dengan segudang kelebihan tersebut, apakah lantas membuatnya worth it digunakan untuk saat ini? 

Supaya tidak bingung dan bimbang lagi, Anda bisa simak ulasan terkait dengan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Semakin banyaknya pengguna mobil listrik cukup menjadi pemantik bagi orang lain. Hal inilah yang membuat Anda masih bimbang antara beli atau tidak. Maka, ketahui kelebihan dan kekurangannya, supaya bisa mengambil keputusan!

1.  Ramah Lingkungan

Mobil listrik terkenal sebagai jenis kendaraan yang ramah lingkungan. Ini merupakan keunggulan mobil listrik yang paling menonjol. Itu artinya, selain menguntungkan bagi para pengguna, kendaraan satu ini juga sangat baik bagi lingkungan. 

Pasalnya, ia sama sekali tidak menghasilkan gas emisi apapun. Berbeda halnya dengan mobil konvensional pada umumnya, yang sudah pasti melakukan proses pembakaran, kemudian menghasilkan emisi buang.

Sehingga, semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan mobil listrik mampu mengurangi tingkat polusi di Indonesia.  

2. Kondisi Kabin Tenang

Kelebihan mobil listrik yang satu ini berkaitan dengan kenyamanan penggunaan. Hal ini karena kabin yang tenang akan memberikan kenyamanan tersendiri, terutama ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh. 

Kabin yang tenang lantaran proses pembakaran yang berbeda jauh dengan mobil konvensional. 

Adapun cara kerja mobil listrik ialah dengan menggunakan dua sistem penggerak, yaitu motor traksi dengan mesin pembakaran. 

Bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan kondisi kabin yang agak berisik, bisa coba alihkan ke penggunaan mobil listrik saja.

3. Biaya Perawatan Tergolong Rendah

Berikutnya, dari segi perawatan. Setiap kendaraan butuh perawatan, termasuk mobil listrik. Kabar baiknya, mobil listrik membutuhkan biaya perawatan yang cenderung lebih murah daripada mobil konvensional. 

Terdapat berbagai faktor yang membuat biaya perawatannya murah. Salah satunya adalah komponen-komponennya. 

Dalam hal ini, mobil listrik tidak mempunyai komponen yang mesti mendapatkan perawatan secara rutin. Seperti harus ganti oli setiap bulan, ganti busi, dan yang lainnya. 

4. Bebas Ganjil Genap

Beberapa pengendara mobil konvensional mungkin kurang suka dengan peraturan ganjil genap. Iya kan? 

Jika Anda termasuk salah satunya, coba gunakan mobil listrik saja. Berdasarkan Surat Keputusan tahun 2019, mobil listrik tidak terkena aturan ganjil genap. 

5. Pengisian Baterai Lama

kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Setelah membahas 4 poin kelebihan mobil listrik, sekarang kita akan bahas kekurangannya. Kekurangan pertama ialah dari segi pengisian baterai. Ternyata, proses pengisian baterai mobil listrik tergolong cukup lama. 

Umumnya, membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam, yaitu dari kondisi kosong sampai penuh. 

6. Stasiun Pengisian Baterai Masih Terbatas

Kekurangan mobil listrik di Indonesia berikutnya ialah dari segi stasiun pengisian baterai. Sangat disayangkan, apabila jumlah stasiun pengisian baterai mobil listrik  di Indonesia sendiri memang masih sangat terbatas. 

Sedikitnya jumlah stasiun akan membuat pengendara merasa kesulitan tiap kali akan mengisi daya, terlebih lagi saat kehabisan baterai di tengah jalan. 

Ini termasuk salah satu kekurangan yang wajib sekali menjadi pertimbangan serius, ya. Apalagi jika Anda tinggal di daerah-daerah yang pelosok.

7. Jarak Tempuh Terbatas

Kekurangan berikutnya adalah dari jarak tempuhnya. Dalam hal ini, jarak tempuhnya disesuaikan dengan pengisian daya. Sebagai contoh, ketika melakukan pengisian satu baterai penuh, mobil hanya bisa menempuh jarak sekian km. 

Adapun rata-rata jarak tempuh yang dapat dilalui tiap pengisian daya full adalah 96.000 sampai dengan 193.121 km. Jarak tempuh tersebut jauh lebih rendah daripada jarak tempuh tangki mobil konvensional yang full.

Oleh karena itu, Anda perlu atau bahkan wajib melakukan perencanaan, terutama perencanaan yang berkaitan dengan daya baterai serta jarak. Supaya perjalanan lancar dan aman.

8. Harga Lumayan Mahal

Sementara kekurangan berikutnya adalah harganya yang lumayan mahal. Ternyata, harga satu unit mobil listrik cukup untuk membeli mobil konvensional. Ukurannya yang kecil, tidak lantas membuat harganya terjangkau, ya. 

Sebagai contoh, mobil listrik Wuling Air EV. Mobil tersebut dihargai sekitar Rp243 hingga Rp299,5 juta. 

9. Harga Baterai Mahal

Selain harga unitnya yang lumayan mahal, harga baterai mobil listrik juga lumayan. Baterai sendiri menjadi bagian vital bagi sebuah mobil listrik. 

Wajar jika harganya mahal, ya. Biasanya, pihak produsen memberikan garansi baterai yang cukup panjang yakni sampai 8 tahun atau setara dengan 160 ribu km. 

Sayangnya, kemampuan baterai mobil akan terus berkurang seiring dengan penggunaan. Apabila sudah demikian, maka Anda harus mengganti baterai. Harganya beragam. 

Hyundai sendiri mematok harga Rp400 juta untuk yang long range, sementara yang ioniq 5 sekitaran Rp300 juta. Mahal sekali, bukan?

Pertimbangkan Membeli Mobil Bekas

Dari ulasan di atas, mungkin banyak yang bimbang. Apakah membeli mobil listrik,  mobil baru atau bekas, kan? Apalagi setelah mengetahui harga unit dan harga baterai yang lumayan mahal.

Daripada bimbang, mending beli mobil bekas saja. Tenang, Anda tetap bisa memperoleh mobil bekas yang berkualitas. Asalkan menggunakan jasa inspeksi mobil CarsCheck.

Kami merupakan jasa inspeksi mobil yang siap melakukan pengecekan terhadap mobil bekas yang akan Anda beli. Kami melakukan pengecekan secara menyeluruh dan super detail. 

Selain itu, ada juga layanan lain. Seperti garansi mesin dan transmisi mobil bekas sampai 1 tahun. Sehingga, mobil lebih terlindungi. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang!



Realated Post

Post Terbaru