Mengenal Baterai Mobil Listrik, Fungsi, dan Jenisnya

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Print
baterai mobil listrik

Baterai mobil listrik merupakan komponen terpenting pada mobil dengan penggerak motor traksi. Tanpa baterai, tentu saja mobil tidak akan bisa melaju marena motor traksi membutuhkan energi dari baterai.

Energi yang tersimpan pada baterai merupakan sumber energi untuk menggerakan mobil. Oleh karena itu, penting mengecek atau memeriksa kondisi baterai pada saat Anda ingin membeli mobil listrik bekas atau baru.

Sebenarnya tidak sulit mengecek baterai pada mobil listrik, hal paling penting Anda mengetahui jenis baterai yang digunakan. Berikut ini informasi lengkapnya tentang baterai di mobil listrik. Yuk, simak!

Baca juga: Analisa Lengkap Kalau Kamu Beli Mobil Listrik

Apa itu Baterai Mobil Listrik?

Baterai di mobil listrik adalah sumber energi untuk menggerakan motor traksi agar mobil dapat melaju. Jika energi pada baterai habis, Anda dapat isi ulang melalui stasiun pengisian khusus atau di rumah.

Lama pengisian baterai sendiri tergantung dari besar kapasitas baterai mobil listrik dan kecepatan charge. Biasanya, pada mobil telah terpasang indikator yang berisi informasi mengenai pengisian daya baterai.

Letak baterai umumnya berada di lantai mobil dengan ukuran tertentu. Baterai ini terdiri dari rangkaian modul berukuran kecil, hal ini untuk memudahkan perbaikan jika mengalami penurunan performa.

Keberadaan bagian ini yang membedakan mobil listrik dan mobil konvensional. Sebab, baterai mobil elektrik ini menjadi sumber energi penggerak mobil. Sedangkan, mobil konvensional menggunakan bensin.

Fungsi Baterai di Mobil Listrik

Baterai mobil listrik memiliki fungsi untuk menyimpan energi dan menyalurkan energi dalam periode tertentu, ini bergantung pada kapasitasnya. Semakin besar kapasitas baterai, semakin panjang jangkauannya.

Selain itu, juga berfungsi sebagai penyimpanan sementara energi kinetik yang dihasilkan dari  pengereman regeneratif.

Ketika menginjak rem, energi kinetik dapat disimpan kembali dalam baterai. Hal ini dapat memperpanjang jangkauan mobil. Jadi, fungsi baterai ini tidak hanya sebagai sumber energi tetapi juga penyimpan energi.

Penggunaan baterai ini yang memungkinkan mobil bergerak dengan memanfaatkan energi listrik, sehingga ramah lingkungan tanpa gas buang. Inilah kelebihan mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional.

Baca juga: Mobil Listrik Nissan Ariya: Spesifikasi, Keunggulan, Harga

Jenis Baterai Mobil Listrik

baterai mobil listrik

Perlu diketahui, setiap mobil listrik memiliki jenis baterai yang berbeda. Jenis baterai ini dapat mempengaruhi kinerja dan kualitas baterai itu sendiri. Adapun jenis baterai pada mobil elektrik sebagai berikut:

1. Lithium-ion (Li-ion)

Lithium-ion adalah jenis baterai yang dapat Anda isi ulang yang memiliki ukuran relatif kecil dan ringan. Baterai jenis ini umumnya digunakan di perangkat elektronik, kendaraan listrik, dan peralatan rumah tangga.

Baterai Li-ion memiliki kelebihan dapat Anda isi ulang dengan mudah dan cepat, serta dapat Anda pakai berkali-kali tanpa mengalami degradasi kapasitas. Ini menjadikan Li-ion tahan lama dalam penggunaannya.

2. Ternary Lithium-ion (NMC)

Ternary Lithium-ion adalah baterai yang mengandung nikel sebagai bahan utama yang sangat penting untuk meningkatkan kinerja baterai. Baterai jenis ini biasanya digunakan pada jenis mobil penggerak hybrid.

Kelebihan baterai jenis Ternary Lithium-ion adalah kapasitas besar, tegangan tinggi, termal dengan stabilitas yang baik, dan biaya rendah dibandingkan baterai Li-ion. Hal ini karena penggunaan nikel pada baterai.

3. Nickel-Metal Hydride (NiMH)

Nickel-metal Hydride adalah jenis baterai isi ulang berbahan nikel dan perpaduan hidrida logam sebagai bahan aktif dalam elektroda. Baterai jenis ini terkenal lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Kelebihan baterai mobil listrik NiMH adalah usia pakai dan siklus hidup yang lama dibandingkan Li-ion. Selain itu, jenis baterai NiMH ini juga dapat didaur ulang. Hanya saja, harga baterai NiMH sangat mahal.

4. Baterai Solid-state

Solid-state adalah baterai yang menggunakan bahan elektrolit padat. Elektrolit padat pada baterai jenis ini sebagai pengganti elektrolit cair yang biasa digunakan pada baterai Li-ion dan jenis baterai lainnya.

Kelebihan baterai Solid-state adalah keamanannya. Baterai jenis ini mengandung elektrolit padat yang lebih stabil dan tidak mudah terbakar. Oleh karena itu, baterai ini sangat aman jika mobil terjadi kecelakaan.

5. Baterai Lead-acid

Lead-acid adalah baterai yang menggunakan elektroda berbasis asam sulfat dan timbal pada elektrolitnya. Baterai mobil listrik ini merupakan jenis baterai tertua yang penggunaannya masih ada hingga saat ini.

Penggunaan lead-acid pada kendaraan bermotor, seperti mobil, truk, dan motor, berfungsi sebagai baterai starter untuk menyalakan mesin. Selain itu, baterai ini juga sebagai penyimpan energi listrik industri.

6. Baterai Nickel-cadmium

Nickel-cadmium atau NiCd adalah jenis baterai yang punya bobot cukup berat dan rentan mengalami penurunan kinerja apabila mengalami pengosongan sebagian. Oleh karena itu, butuh perawatan rutin.

Kelebihan baterai NiCd ini adalah memiliki kepadatan sistem penyimpanan yang signifikan. Selain itu, baterai ini juga memiliki usia pakai yang lama. Penggunaan baterai ini cukup populer di tahun 1990-an.

7. Baterai Ultracapacitor

Ultracapacitor adalah jenis baterai yang memiliki kapasitas rendah tetapi memiliki daya yang tinggi dalam waktu singkat. Baterai jenis ini dapat mengisi ulang dan menyalurkan energi dengan cepat.

Kelebihan baterai ultracapacitor adalah usia siklus baterai panjang. Artinya, baterai dapat Anda isi ulang dan Anda salurkan berkali-kali tanpa mengalami degradasi yang signifikan terhadap kinerja baterai.

Jasa Inspeksi Mobil Bekas Terbaik

Saat ini, animo konsumen terhadap mobil listrik di Indonesia memang sedang mengalami peningkatan. Oleh karena itu, perlu jasa yang mampu memberikan layanan perawatan terbaik.

Jika Anda berencana membeli mobil listrik bekas tetapi tidak memiliki pemahaman yang cukup, Anda dapat konsultasikan dengan CarsCheck. Kami siap membantu mengecek dan memeriksa mobil listrik Anda.

Yuk, hubungi CarsCheck untuk konsultasi dan rencanakan pengecekan mobil listrik Anda! Setiap komponen akan kami cek, termasuk bagian baterai mobil listrik untuk memastikan kondisinya masih bagus.

Realated Post

Post Terbaru