CarsOto

8 Masalah Mobil Avanza Bekas yang Harus Diketahui

masalah mobil avanza bekas

Tahukah Anda apa saja masalah mobil Avanza bekas? Namanya mobil bekas, secara kualitas memang tidak sebagus mobil yang masih baru diproduksi.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab seluruh sparepart yang ada di dalamnya sudah berusia tua. Hal yang sama juga berlaku pada mobil Avanza bekas harga 80 jutaan ataupun lainnya.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas, sangat penting mengetahui apa saja problem-problem yang ada pada mobil tersebut.

Apa Saja Masalah Mobil Avanza Bekas?

Berikut ini beberapa problem yang ada pada mobil Avanza bekas yang harus Anda ketahui sebelum mempertimbangkan untuk membelinya:

1. Masalah pada Kaki Kaki

Masalah pertama yaitu pada bagian kaki-kakinya. Untuk bisa mengetahuinya, kamu harus melakukan test drive terlebih dahulu.

Coba jalankan di jalan berlubang, jika ada keluhan menandakan kaki kaki mobil Avanza bermasalah. Selain itu, jika saat digunakan ada sensasi mantul-mantul, itu berarti terdapat masalah pada bagian suspensinya.

2. AC Bunyi Ngorok

Masalah mobil Avanza bekas berikutnya adalah suara AC yang terdengar seperti orang ngorok. Adanya suara tersebut pastinya sangat mengganggu kenyamanan pengemudi dan orang-orang lain di dalam mobil tersebut.

Walaupun AC bukan komponen utama pada sebuah mobil, tetapi jika bermasalah tentu saja tetap harus mendapatkan perhatian serius.

3. Mesin Bising Saat RPM Tinggi

Ketika mengendarai Avanza dengan kecepatan tinggi, akan muncul suara-suara bising. Lagi dan lagi, ini soal kenyamanan berkendara.

Jika Anda akan membeli mobil Avanza bekas tetapi saat dikendarai muncul suara seperti itu, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya.

Suara bising ini disebabkan karena laher ban yang sudah rusak. Jika tidak ingin terdengar suara bising lagi, maka harus menggantinya dengan yang baru.

4. Transmisi Bermasalah

Mobil Avanza bekas biasanya juga mengalami problem pada bagian transmisinya. Terutama pada transmisi mobil matic.

Transmisinya mengalami keterlambatan karena sering membawa beban berat. Saat menurunkan gigi dan menaikkan RPM responnya sedikit delay, menandakan jika transmisinya bermasalah.

Selain itu, masalah lain pada transmisi mobil Avanza adalah respon perpindahan gigi yang lambat dan transmisi berat ketiak akselerasi.

5. Mesin Ngelitik

Mesin ngelitik merupakan suatu kondisi yang diakibatkan ketidaksesuaian tingkat kompresi dengan pengapian. Penyebab ketidaksesuaian ini adalah adanya sisa pembakaran di ruang bakar.

Selain itu, masalah mesin ngelitik ini bisa disebabkan karena penggunaan bahan bakar berkualitas rendah. Seharusnya, mobil Avanza harus menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus bukan bensin Premium.

6. Rem Kurang Pakem

Masalah pada mobil Avanza bekas berikutnya adalah remnya yang kurang pakem. Memang remnya berfungsi, tetapi tidak terlalu pakem seperti mobil Avanza yang baru.

Problem rem kurang pakem ini kerap dialami pada pemilik mobil Avanza Veloz. Tentu saja jika rem bermasalah sangat membahayakan keselamatan berkendara.

7. Adanya Bunyi-Bunyian di dalam Kabin

Sebenarnya adanya bunyi di dalam kabin ini hal yang normal, terutama pada mobil yang sudah berusia tua. Tetapi, untuk mobil Avanza ini agak sedikit berlebihan.

Lagi dan lagi, ini perihal kenyamanan. Baik supir maupun penumpang yang ada di dalam mobil pasti merasa tidak nyaman. Adapun sumber suara ini berasal dari gesekan antar material plastik yaitu dashboard, doortrim, atau jok.

8. Jok Kurang Empuk

Salah satu kekurangan mobil Avanza lawas adalah joknya yang terasa kurang empuk. Sebagian pemakainya berpendapat jika Avanza bekas kurang cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Dengan kondisi jok yang tidak empuk, membuat Anda merasa pegal-pegal pada area pinggul sehingga perjalanan pun terasa melelahkan. Terlebih lagi jika Anda yang mengendarai mobilnya, semakin double capeknya.

Tips Membeli Mobil Avanza Bekas

Karena cukup banyaknya masalah pada mobil Avanza bekas, tetapi Anda tetap ingin membelinya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips membeli mobil Avanza bekas:

1. Mengetahui Masing-masing Generasi

Sebelum membelinya, Anda harus tahu terlebih dahulu generasi Avanza dari tahun ke tahun. Masing-masing generasi memiliki fitur dan desain yang berbeda-beda.

Avanza generasi pertama rilis pada tahun 2003 – 2011, generasi kedua tahun 2011 hingga 2015, dan generasi ketiga lahir pada akhir tahun 2015. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli.

2. Menggunakan Jasa Inspeksi Mobil Bekas

Kedua, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil. Layanan ini sangat membantu bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana kualitas dari mobil tersebut.

Penyedia jasa inspeksi mobil bekas akan mengecek seluruh kondisi mobil yang ada di dalamnya. Termasuk bagian mesin yang sangat vital. Setelah itu, hasilnya akan dilaporkan kepada Anda.

Cari jasa inspeksi mobil Avanza bekas? CarsCheck saja. CarsCheck memberikan jaminan dan garansi mesin mobil bekas hingga 1 tahun.

Tidak hanya itu saja, kami juga menjamin atas segala masalah dan kerusakan yang ada pada mobil bekas pilihan Anda. Jadi, kami tidak hanya menginspeksi saja tetapi juga membantu memperbaiki supaya mobil bisa digunakan dengan layak.

Dapatkan kembali mobil Avanza bekas dengan kualitas terbaik seperti baru beli melalui CarsCheck. Hubungi kami untuk informasi selengkapnya.

FAQ

Apakah mobil Avanza baru juga bermasalah seperti mobil Avanza bekas?

Tidak, karena mobil Avanza baru semua teknologi dan mesinnya sudah mendapatkan perawatan dan pembaharuan.

Berapa harga mobil Avanza bekas?

Harga mobil Avanza bekas bisa berbeda-beda tergantung generasinya. Rata-rata Rp60 juta s.d. Rp150.000.000.

Avanza tahun berapa yang bermasalah?

Avanza tahun berapa yang paling bandel? Jawabannya adalah Avanza generasi pertama terutama yang berkode berkode K3DE.

Apakah aman menggunakan jasa inspeksi mobil?

Aman, selama penyedia yang Anda pilih benar-benar amanah dan bertanggung jawab. Hal tersebut bisa Anda dapatkan jika memilih CarsCheck.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *