CarsOto

7 Tips Membeli Mobil Avanza Bekas Aman, Anti Menyesal

tips membeli mobil avanza bekas

Apakah Anda tertarik untuk membeli mobil Avanza bekas? Jika benar, maka lakukan seleksi dengan tepat agar tidak menyesal. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah tips membeli mobil Avanza Bekas yang tepat.

Pasalnya, Avanza menjadi mobil yang cukup pasaran di Masyarakat. Sehingga, penggunanya pun sangat banyak sekali. Presentase ini juga meningkatkan kecurangan pedagang mobil bekas.

Agar Anda terhindar dari mobil bekas yang tidak berkualitas. Ikuti panduan membeli mobil bekas pada artikel di bawah ini.

Tips Membeli Mobil Avanza Bekas

Terkenal dengan harga yang terjangkau di pasaran membuat Avanza diminati berbagai kalangan. Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas Avanza berkualitas, ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Cek Kondisi Mesin dan Performanya

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, pastikan untuk melakukan test drive terlebih dahulu. Lakukan pemeriksaan total untuk mengecek performa dari mobil.

Selain itu, mengecek kondisi mesin dan performanya juga bisa memudahkan Anda untuk menemukan masalah yang ada pada mobil. Jangan lupa cek kondisi rem, akselerasi, dan juga suara mesinnya.

Apabila Anda temukan tanda-tanda kerusakan atau permasalahan pada mobil, sebaiknya hindari untuk membelinya. Pilih mobil dengan kondisi bagus saja.

Jika Anda mencari mobil Avanza yang paling bandel di bagian mesinnya, maka bisa pilih kendaraan di rentang tahun 2003 – 2010an.

2. Periksa Riwayat Kendaraan

Setelah Anda mengecek kondisi mesin dan performanya, tips membeli mobil Avanza bekas selanjutnya adalah memastikan pengecekan riwayat dari kendaraan yang akan dibeli. Mulai dari BPKB, STNK, dan juga faktur penjualannya.

Pengecekan ini akan memudahkan Anda untuk memastikan mobil original milik pembeli, bukan hasil curian. Selain itu, melalui kondisi ini Anda bisa mencari tahu apakah mobil memiliki masalah perizinan atau pajak.

3. Survei Harga Pasar

Melakukan survey harga mobil bekas Avanza di pasaran menjadi satu langkah strategis agar Anda tidak ditipu oleh penjual. Bandingkan antara satu tempat dengan tempat lainnya. Tentunya dengan spesifikasi sama atau justru diatasnya.

Meski begitu jangan sampai Anda tergoda oleh harga murah dari mobil. Analisis harga ini hanya dijadikan salah satu pembanding dari faktor pembelian lainnya.

4. Cek Kelengkapan Dokumen Mobil

Berikutnya adalah pengecekan dokumen mobil. Periksa secara menyeluruh apakah dokumen perawatan mobil lengkap seperti catatan perbaikan dan buku servis.

Meskipun cukup jarang kelengkapan ini ditanyakan, tetapi dengan pengecekan ini Anda bisa memperkirakan kesehatan mobil. Sehingga, masalah mobil Avanza bekas tidak akan separah kendaraan yang tidak pernah di servis sama sekali.

5. Periksa Kondisi Eksterior dan Interior Mobil

Tips membeli mobil bekas Avanza bagus selanjutnya dengan melakukan pengecekan pada eksterior dan interior kendaraan. 

Untuk pemeriksaan eksterior mungkin sudah biasa, tetapi ketika ingin membeli pastikan untuk cek eksteriornya juga.

Kondisi eksterior dan interior mobil yang wajib Anda periksa meliputi kaca, cat, lampu, ataupun aksesoris lainnya.

Apabila terdeteksi kerusakan yang signifikan, pertimbangkan terlebih dahulu agar terjadi penurunan harga atau justru sebisa mungkin cari kendaraan lain saja yang lebih sehat.

6. Pakai Jasa Pemeriksaan Mobil Bekas yang Berkualitas

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan apabila tidak paham dengan kondisi mobil tetapi ingin memiliki kendaraan roda empat adalah menggunakan jasa inspeksi mobil bekas.

Menggunakan layanan inspeksi akan memudahkan Anda untuk menemukan mobil mana yang masih bagus ataupun tidak. Sebab, mereka sudah berpengalaman dengan kondisi mobil secara mendetail.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan laporan lengkap mengenai kondisi mobil yang dicek. Jadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk mempertimbangkan membelinya atau tidak karena jasa inspeksi akan menyampaikan saran terbaiknya.

Nah, salah satu jasa inspeksi mobil bekas yang bisa Anda pertimbangkan adalah Cars Check. Layanan ini sangat berkualitas dengan penawaran garansi mesin dan transmisi mobil bekas sampai 1 tahun penuh.

CarsCheck juga menawarkan pelayanan darurat secara gratis dan pemeriksaan selama 24 jam. Klaim garansinya pun sangat mudah dan transparan sekali. Jadi, tidak akan menyusahkan atau merugikan Anda sebagai klien.

Yuk gunakan jasa inspeksi mobil bekas berkualitas sambil mempraktekkan tips membeli mobil Avanza bekas dari Cars Check sekarang juga.

FAQ

Beli mobil Avanza dana Rp80 Jutaan dapat tahun berapa?

Budget sekitar Rp80 Jutaan, Anda bisa mendapatkan mobil Avanza tahun 2009 ke atas. Cukup bagus asalkan Anda melakukan perawatan secara rutin.

Bagaimana cara cek kondisi mesin mobil Avanza Bekas?

Anda bisa ikuti tujuh petunjuk pengecekan: Periksa level oli, cek tanda-tanda kebocoran, evaluasi kualitas oli, perhatikan bunyi mesin, uji kondisi baterai, dan terakhir periksa kondisi ac mobil.

Bagaimana cara memilih jasa inspeksi mobil bekas yang terpercaya?

Memberikan laporan detail dan transparansi, memiliki reputasi baik dan berpengalaman, memanfaatkan teknologi canggih, jujur, dan amanah.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *