CarsOto

7 Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatan Paling Recommended

mobil tua irit bbm dan murah perawatan

Banyak yang enggan merawat mobil tua karena identik dengan anggapan boros BBM. Padahal ada juga mobil tua irit BBM dan murah perawatan yang cocok untuk Anda jadikan kendaraan pilihan.

Belakangan ini mobil tua juga makin digandrungi, termasuk oleh kalangan anak muda. Trend tersebut berkat keunikan yang muncul dari nilai historis dan estetika mobil tua yang menjadi daya tarik tersendiri.

Nah, apabila Anda juga tertarik mengikuti trend tersebut, maka sebaiknya perhatikan konsumsi BBM dan perawatan mobil sebelum membeli. Mari simak selengkapnya rekomendasi mobil tua terbaik.

Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatan 

mobil tua irit bbm dan murah perawatan

Rupanya, tidak semua mobil tua perlu banyak perawatan dan boros BBM. Beberapa mobil tua irit perawatan mudah dan murah berikut patut jadi pilihan Anda:

1. BMW 318i E36

Rekomendasi pertama berasal dari brand Eropa, BMW. Mobil BMW 318i merupakan varian dari Seri E36 BMW 3 yang diperkenalkan pada tahun 1992.

Mobil ini ditenagai oleh 1,8 L M43 dengan 114 hp. Mesin tersebut berkombinasi dengan opsi transmisi manual dan otomatis. 

Menurut klaimnya, mobil ini dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 201 km/jam dan percepatan 0-100 km/jam dalam 11,3 detik. Meskipun begitu, ada juga yang mengeluhkan bahwa performanya kurang kuat.

Sementara itu, dari segi konsumsi BBM, BMW 318i E36 terbilang sangat irit. Rata-rata konsumsi bahan bakar hanya sekitar 1 liter/10 km.

Mobil tua irit BBM ini juga terkenal bandel, sehingga Anda tidak perlu sering mengeluarkan biaya perawatan.

2. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser patut masuk rekomendasi mobil tua yang kuat di tanjakan. Mobil ini mulai diproduksi sejak tahun 1951. Sejak rilis, reliabilitas dan usia pakai yang panjang membuat popularitas mobil ini melejit.

Land Cruiser memiliki beberapa seri yang berbeda. Salah satu model yang populer adalah Land Cruiser FJ60 tahun 1980an yang mendominasi pasar SUV 4WD. 

Mobil ini mewarisi mesin 4,2 liter inline 6 cylinder 2F dari model sebelumnya, yaitu FJ40. Bedanya, FJ60 memiliki body yang lebih besar dan modern.

FJ60 memiliki tampilan bergaya Jeep yang kokoh dan tangguh, sesuai dengan performanya. Mobil ini mengkombinasikan tenaga dari mesin 2F dan transmisi 4 kecepatan yang membuatnya handal dalam menempuh medan sulit. 

3. Peugeot 306

Meskipun terbilang sebagai sedan yang underrated, Peugeot 306 termasuk mobil tua irit yang patut Anda pertimbangkan.

Mobil keluaran Prancis ini memiliki tampilan yang sederhana dan elegan. Mobil ini ditenagai oleh mesin 2,0 liter 16v petrol 4 cylinder yang mampu memberikan kenyamanan berkendara melalui berbagai medan.

Konsumsi BBM Peugeot 306 adalah mulai dari 6 liter/100 km. Sementara tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 167 PS / 165 HP.

Walau termasuk salah satu merk mobil tertua di dunia, mobil ini terkenal bandel. Selain itu, perawatan Peugeot tidak sulit karena banyak mekanik yang familiar dengan model mobil kecil ini. 

4. Mercedes-Benz C180

Rekomendasi mobil tua irit BBM dan murah perawatan berikutnya berasal dari merk ternama Mercedes-Benz.

Mobil jenis sedan ini memiliki tampilan klasik yang elegan dan timeless. Konsumsi bahan bakar Mercedes-Benz C180 juga efisien, yaitu sekitar 9,5 liter/100 km. 

Dari segi mesin, mobil ini menggunakan 2.0L inline 4 engine dan transmisi otomatis dengan 5 tingkat kecepatan. Kombinasi tersebut mampu menghasilkan performa yang bertenaga.

Sebagai produk dari merk unggulan, sedan jadul ini punya reliabilitas tinggi dan tidak perlu banyak perawatan yang merepotkan. 

5. Honda Civic

Ada lagi mobil tua irit mudah perawatan keluaran produsen Jepang, yaitu Honda Civic. 

Mobil bergaya klasik ini pertama kali diproduksi tahun 1972. Generasi pertama Honda Civic mengandalkan tenaga dari 1,2 liter petrol engine dengan transmisi manual 4 kecepatan.

Honda Civic mengkonsumsi sekitar 7,5 liter BBM / 100 km. Tergolong irit, bukan? Menariknya lagi, mobil ini memiliki kabin dengan gaya khas tahun 70an. Meskipun termasuk mobil kecil, bagian kabinnya cukup luas dan nyaman.

6. Nissan March

Bagi Anda yang suka mobil bergaya retro klasik, Nissan March bisa menjadi pilihan ideal.

Bentuk headlamp bulat dan grill khas mobil jadul tahun 60-an membuat kesan retro Nissan March terasa kental. Bagian kabin pun tampil estetik dengan ornamen kayu dan jok kulit mewah.

Anda bisa mempertimbangkan generasi kedua dari Nissan March sebagai mobil tua irit BBM dan murah perawatan

Mobil super mini ini memiliki performa yang handal menggunakan mesin 1,3 liter inline 4-cylinder DOHC. Sementara itu, konsumsi bahan bakarnya hanya sekitar 5 – 6,75 liter / 100 km.

Nissan March generasi kedua, K11, juga banyak diminati karena reliabilitas dari mesin berkualitas tinggi. Berkat mesinnya yang bandel, mobil ini tidak menuntut perawatan dengan biaya besar.

7. Isuzu Panther

Berbicara tentang mobil irit BBM belum lengkap tanpa menyebutkan Isuzu Panther. Mobil ini memiliki angka konsumsi BBM sekitar 1:13 km/liter.

Selain termasuk sebagai MVP (Multi-Purpose Vehicle) paling irit, mobil ini juga mudah dari segi perawatan. Terlebih lagi, Anda bisa menemukan suku cadangnya dengan mudah dan harganya terjangkau.

Dari segi eksterior, Isuzu Panther memiliki tampilan yang gagah. Salah satu model yang populer yaitu Kapsul Panther generasi kedua.

Model tersebut dibekali mesin 4 silinder 2500cc OHV direct injection yang mampu menghasilkan 86 PS / 3900 RPM tenaga kuda.

FAQ

Apa pertimbangan paling penting dalam memilih mobil tua?

Supaya mendapatkan mobil tua anti rewel, maka Anda wajib memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Mulai dari eksterior, hingga kondisi mesin.

Bagaimana cara membedakan mobil yang mudah perawatannya?

Anda bisa mengecek dulu ketersediaan suku cadang mobil sebelum membeli. Dengan demikian, Anda bisa memastikan untuk melakukan perawatan dan perbaikan mobil dengan mudah nantinya.

Bagaimana cara memilih mobil tua yang irit?

Selain memilih berdasarkan model yang irit, Anda sebaiknya juga mengecek sistem pembakaran mobil. Pastikan bahwa sistem pembakaran berfungsi dengan baik serta tidak terdapat penyumbatan pada piston, filter, dan mesin.

Jasa Inspeksi Mobil Tua Berkualitas

Membeli mobil bekas apalagi mobil tua wajib melalui inspeksi terlebih dahulu. Pasalnya, inspeksi akan membantu Anda memastikan kelayakan mobil.

CarsCheck menyediakan jasa inspeksi kendaraan profesional dengan garansi hingga 1 tahun. Kami memiliki inspektor berpengalaman yang siap melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dari eksterior, interior, mesin, hingga kelengkapan dokumen mobil.

Layanan kami bisa Anda booking dengan mudah dengan menghubungi customer service. Setelah booking, Anda tinggal mendiskusikan jadwal inspeksi. Maka inspektor kami akan datang ke lokasi sesuai jadwal untuk melakukan pemeriksaan.

Sudah menentukan pilihan mobil tua irit BBM dan murah perawatan? Kalau begitu, segera hubungi CarsCheck untuk mendapatkan layanan inspeksi terbaik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *