CarsOto

7 Mobil Tua yang Tidak Rewel, Perawatannya Mudah!

mobil tua yang tidak rewel

Para pecinta otomotif masih banyak yang mengidamkan mobil tua yang tidak rewel. Meskipun lawas, mobil tua memang menawarkan daya tariknya sendiri. Jika mau, Anda perlu memastikan performa mobil dalam kondisi prima dan perawatannya mudah.

Sebelum membeli mobil tua, cek terlebih dahulu kondisi mesin, kondisi bodi, dan kelengkapan interiornya. Anda tentu tidak ingin mobil itu nantinya malah merepotkan karena sering diservis.

Daftar Mobil Tua yang Tidak Rewel

mobil tua yang tidak rewel

Membeli mobil tua sebenarnya cukup tricky lantaran umumnya barang-barang tua atau lawas justru membutuhkan perawatan lebih intensif. Namun, jangan khawatir soal perawatan jika Anda memilih mobil tua berikut.

1. Daihatsu Espass

Daihatsu Espass atau Daihatsu Zebra merupakan mobil tua yang diluncurkan pada 1995. Desain mobil ini menggunakan pintu geser, kabin lebih besar dengan body semi monokok.

Mobil Daihatsu Espass termasuk mobil keluarga karena performanya yang andal. Harga mobil murah, irit bahan bakar, dan sparepart yang terjangkau juga menjadi alasan pemilihan Espass. 

Perawatan mobil tua irit BBM ini pun cukup mudah, banyak bengkel yang mampu menangani masalah mobil ini. Jadi, tidak perlu repot mencari service jika sewaktu-waktu membutuhkan perbaikan.

2. Toyota Starlet

Rekomendasi mobil tua yang ngetrend era 90-an adalah Toyota Starlet. Mobil ini berbentuk membulat seperti katsul sehingga membuatnya ikonik. Tampilan Starlet Kapsul pun modis dengan desain yang timeless.

Mobil ini menarik karena memiliki garnish pada bagian bagasi. Karena itulah plat nomor belakang dipasang pada bumper mobil. Toyota Starlet menggunakan mesin Toyota E Series tergantung pada tipenya.

Toyota Starlet yang tersedia di Indonesia hanya menggunakan transmisi manual 5-percepatan. Alasannya karena pada era itu, masyarakat belum terbiasa memakai transmisi otomatis.

3. Honda Civic Wonder

Mobil tua yang tidak rewel dan masih banyak peminat yaitu Honda Civic Wonder. Mobil keluaran 1985 ini memiliki dua tipe dengan 4 pintu dan 2 pintu. Honda Civic Wonder memiliki kapasitas mesin yang cukup andal sekaligus hemat bahan bakar.

Mobil ini legendaris karena memiliki desain klasik dengan eksterior yang menarik dan interior khas mobil lawas. Meskipun keluaran lama, Honda Civic Wonder ini masih terawat dengan baik pada dealer-dealer terpercaya.

Perawatan Honda Civic Wonder pun tergolong mudah. Asalkan Anda melakukan perawatan berkala, mobil ini tidak akan rewel.

4. Toyota Great Corolla

Toyota Great Corolla dapat menjadi pilihan mobil tertua yang hemat bensin. Awal mula peluncuran Corolla yaitu pada tahun 1970-an. Dalam satu tahun, kehadiran mobil ini mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Desain Corolla timeless, mesin andal, irit bahan bakar, dan harga jual termasuk stabil untuk mobil lawas seusianya. Alasan itulah yang membuat mobil tua hemat bensin ini masih eksis hingga sekarang.

Onderdil mobil Corolla pun mudah Anda dapatkan pada bengkel mobil terdekat. Tentu saja hal ini akan membuat perawatannya mudah. Tidak perlu repot mencari mekanik karena sebagian besar mekanik pasti mampu mengerjakan perbaikannya.

5. Suzuki Esteem

Suzuki Esteem menjadi andalan untuk para pecinta mobil yang suka dengan mobil klasik dan legendaris. Mobil tua yang murah perawatannya ini masih bertahan dengan versi hatchbacknya.

Suzuki Esteem menggunakan karburator dengan varian mesin 1300 cc dan 1600 cc. Jenis mobil dengan mesin ini perlu Anda rawat secara teratur. Contoh pemeliharaannya yakni membersihkan karburator menggunakan karburator cleaner.

Berdasarkan spesifikasi mesin, interior, dan sistem kelistrikan, Suzuki Esteem termasuk mewah jika Anda bandingkan dengan mobil pada era 90-an.

6. Suzuki Baleno

Pilihan selanjutnya untuk mobil tua yang mudah perawatannya yaitu Suzuki Baleno. Mobil ini terkenal dengan harga jual yang murah. 

Meskipun murah, perawatannya tidak rewel. Setelah menempuh 50.000 km, biaya perawatannya sekitar tiga ratusan ribu saja.

Desainnya timeless dan sporty. Balone memiliki wheelbase panjang sehingga interiornya terkesan lega. Fitur keselamatan pada mobil ini pun lengkap seperti adanya Head-Up Display dan Cruise Control.

Mobil Suzuki Baleno ini menggunakan tenaga 103 hp dengan transmisi otomatis. Spesifikasi tersebut membuat Baleno cocok untuk penggunaan sehari-hari.

7. Toyota Kijang Super

Terakhir, ada Toyota Kijang Super yang juga patut untuk Anda pertimbangkan. Merek Toyota Kijang memang legendaris di Indonesia. Mobil ini pertama kali hadir pada 1977, sekarang telah memiliki beberapa generasi.

Mobil tua 5 jutaan hingga 20 jutaan ini memiliki tampilan yang sederhana dan klasik. Fitur-fiturnya terkesan minimalis karena menggunakan Full Pressed Body (FPB) yakni panel bodi mobil memanfaatkan mesin press.

Dari segi mesin, Kijang Super menggunakan mesin 4-silinder dengan kapasitas 1800 cc. Penggunaan bahan bakarnya termasuk irit. Untuk perawatannya pun mudah karena bengkel-bengkel di Indonesia familiar dengan merek Toyota Kijang.

Pilihan mobil tua yang tidak rewel tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika Anda hendak membeli mobil tua dalam kondisi bekas. Namun, pastikan Anda melakukan pengecekan mobil sebelum benar-benar membelinya.

Pesan Jasa Inspeksi Sebelum Membeli Mobil Bekas

Inspeksi mobil adalah pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh. Jasa inspeksi mobil bekas merupakan layanan yang berguna untuk mengurangi risiko besarnya biaya perawatan setelah membeli kendaraan bekas. 

Inspeksi mobil akan membantu Anda mengetahui bagaimana kondisi mobil yang sebenarnya. 

Melalui proses inspeksi, Anda juga akan lebih paham kondisi mesin dan kualitas sparepart. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari biaya perawatan tidak terduga.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pastikan Anda memilih jasa inspeksi profesional. Pilihlah pihak jasa yang memiliki reputasi baik seperti CarsCheck.

Jasa inspeksi mobil dari CarsCheck siap membantu Anda menganalisis kondisi mobil bekas. Kami akan memeriksa bagian eksterior, interior, mesin dan transmisi, serta surat dan dokumen kendaraan.

Inspektor CarsCheck akan datang ke lokasi ketika Anda butuhkan. Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim terkait kesediaan jadwal. Setelah inspeksi selesai, kami akan membuat laporan kondisi mobil secara detail. Yuk, booking inspeksi sekarang!

FAQ

Berapa lama mobil tua tahan tanpa perawatan?

Mobil tanpa perawatan dapat bertahan sesuai dengan kondisi mobil saat Anda membeli bekas. Untuk menghindari kerusakan yang parah, sebaiknya Anda melakukan perawatan berkala minimal 2 kali selama setahun.

Apa penyebab mobil tua mogok?

Penyebab mobil mogok bisa karena ban bocor, aki soak, kampas kopling habis, radiator tidak bekerja, dan sebagainya. Segera pesan layanan bengkel darurat untuk mendapatkan penanganan langsung.

Apakah merawat mobil tua sulit?

Perawatan mobil tua yang tidak rewel sebenarnya tergantung pada kondisi awal mobil. Meskipun membeli mobil bekas, Anda harus memastikan mobil dalam kondisi baik.

Pakai jasa inspeksi mobil bekas agar mengetahui kondisi sebenarnya untuk memastikan kemudahan perawatan mobil.

Bagaimana merawat mobil tua dengan benar?

Sebaiknya Anda melakukan perawatan kendaraan secara rutin dan terjadwal, membersihkan eksterior secara teratur, melindungi interior mobil, dan selalu memperhatikan sistem kelistrikannya.

Bisakah saya memasang mesin mobil modern ke mobil tua?

Hal tersebut mungkin saja karena mesin mobil modern lebih bertenaga dan awet daripada mesin lama. Namun, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dealer atau jasa inspeksi mobil demi memastikan tidak terjadi masalah di masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *