CarsTips

10 Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya Secara Lengkap

komponen karburator mobil

Pengetahuan tentang komponen karburator mobil dan fungsinya sangat penting bagi pemilik kendaraan.

Hal ini karena karburator memegang peran krusial bagi mobil model lama yang belum memiliki sistem injeksi. Karburator sendiri terdiri dari banyak sekali komponen di dalamnya. Mari kenali apa saja komponen dari karburator.

Sekilas tentang Karburator

Karburator atau karbu merupakan bagian dari mesin kendaraan yang berfungsi mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara dalam proporsi tepat. Kerja karburator memungkinkan pembakaran terjadi secara efisien.

Nah, proses pembakaran tersebut akan menghasilkan energi yang diperlukan bagi mobil untuk bergerak. Jadi, sudah jelas bahwa fungsi karburator sangat krusial bagi kinerja mobil.

Komponen Karburator Mobil

Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, karburator mobil memerlukan dukungan dari komponen komponen karburator mobil, antara lain:

1. Float Chamber

Float chamber (ruang bakar) berperan penting dalam melakukan pengaturan proporsi bahan bakar yang nantinya masuk ke mesin. Komponen ini terletak tepat pada bagian kepala silinder.

Dalam float chamber terdapat pelampung yang bergerak sesuai tingkat bahan bakar. Pelampung ini juga berfungsi menentukan pembukaan dan penutupan katup bahan bakar.

Float chamber merupakan komponen karburator yang menentukan kualitas campuran bahan bakar dan udara. Sehingga termasuk faktor kunci dalam menjamin kelancaran kinerja mesin.

2. Float 

Float (pelampung) merupakan komponen berukuran kecil yang terdapat dalam float chamber. Fungsi float adalah untuk menjaga ketinggian bahan bakar yang stabil di dalam karburator.

Saat ketinggian bahan bakar mencapai titik yang ditentukan, float akan naik dan menekan katup sehingga tertutup. Dengan begitu, aliran bahan bakar ke dalam karburator akan terhenti dan tidak menyebabkan banjir.

Karena perannya yang sangat penting, float perlu mendapatkan perawatan berkala untuk memastikan tidak terjadi kerusakan atau kebocoran.

3. Throttle Valve

Bagian karburator mobil ini dikenal juga sebagai piston valve. Fungsi piston valve adalah sebagai pengatur atau penentu volume campuran bahan bakar dan udara yang mengalir ke ruang pembakaran.

Komponen ini akan terbuka saat pengemudi menginjak pedal gas, sehingga terjadi peningkatan aliran campuran ke dalam mesin. Alhasil, mobil mendapatkan tenaga lebih besar untuk bergerak.

4. Choke Valve

Choke valve (katup choke) berperan dalam mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang pencampuran bahan bakar dan udara.

Saat mesin menyala, katup choke akan menutup sebagian atau sepenuhnya, sehingga udara yang masuk berkurang dan campuran bahan bakar lebih kaya. Hal ini berfungsi dalam meningkatkan kinerja mesin.

Sementara itu, setelah mesin mencapai suhu tertentu, katup choke akan kembali terbuka sehingga aliran udara dan bahan bakar kembali dalam proporsi seimbang.

5. Main Jet

komponen karburator mobil

Main jet merupakan komponen karburator mobil yang memegang peran penting dalam mengendalikan aliran bahan bakar. Komponen ini berbentuk menyerupai jarum sehingga mampu melakukan penyesuaian volume bahan bakar secara presisi.

Ketika mobil berjalan dengan kecepatan tinggi, main jet akan terbuka lebih lebar sehingga memungkinkan aliran bahan bakar meningkat.

Dengan demikian, mesin mampu menghasilkan energi yang mencukupi untuk menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi.

Main jet memiliki beberapa ukuran yang berbeda, sehingga Anda perlu memilih secara teliti menyesuaikan karakteristik mesin dan tipe kendaraan.

6. Slow Jet

Slow jet adalah komponen karbu mobil yang berfungsi mengatur bahan bakar yang saat kecepatan idle. Kerja komponen ini memastikan mesin tetap stabil dan beroperasi dengan lancar meskipun mobil tidak sedang bergerak. 

Komponen ini juga memerlukan perawatan secara berkala. Tujuannya untuk menjaga tetap bersih dari kotoran atau endapan sehingga mencegah terjadinya penyumbatan.

7. Jet Needle

Komponen yang satu ini memiliki ujung runcing yang berfungsi untuk menyesuaikan aliran bahan bakar yang disalurkan melalui main jet.

Fungsi dari jet needle (jarum jet) adalah untuk mengoptimalkan proses pencampuran udara dan bahan bakar, khususnya untuk menyesuaikan pengoperasian mesin. 

Jarum jet mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran mesin dengan cara bergerak naik atau turun sesuai bukaan throttle valve.

8. Venturi

Venturi merupakan komponen karburator pada mobil yang berfungsi sebagai akselerator aliran udara menuju ke mesin.

Komponen ini terletak di dalam tabung karburator. Bentuknya menyempit pada bagian tengah untuk mendukung fungsi memastikan udara yang mengalir mengalami peningkatan kecepatan.

Ketika kecepatan udara meningkat, maka terjadi penurunan tekanan, sehingga tercipta kondisi ideal untuk pencampuran bahan bakar dan udara.

Cara kerja venturi terbilang rumit karena memungkinkan pergerakan cairan dari tekanan tinggi ke rendah.

9. Main Nozzle

Main nozzle terletak sejajar dengan permukaan bahan bakar dalam bak pelampung. Fungsi komponen karburator mobil ini adalah untuk menyuplai bahan bakar ke mesin kendaraan.

Letaknya yang strategis memungkinkan main nozzle untuk dapat mengatur aliran bahan bakar secara presisi. 

Komponen ini disebut-sebut sebagai jantung sistem bahan bakar. Hal tersebut karena selain berperan penting dalam efisiensi penggunaan bahan bakar, main nozzle juga berperan dalam menjaga performa mesin secara keseluruhan.

10. Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Dua komponen karburator mobil ini berfungsi mengatur besar kecilnya saluran venturi. Piston valve screw dan pilot screw juga berperan dalam mempertahankan kecepatan mesin mobil yang sedang beroperasi.

Piston valve screw mengatur ukuran saluran venturi, sehingga mempengaruhi jumlah campuran bahan bakar dan udara yang mengalir masuk ke ruang bakar. Hal ini kemudian akan berpengaruh pada kecepatan mesin dan tingkat efisiensi.

Sementara itu, pilot screw berperan menyesuaikan campuran bahan bakar dan udara saat kecepatan mesin rendah atau idle. Pengaturan komponen ini bermanfaat penting dalam menjaga kondisi mesin tetap stabil dan efisien ketika putaran rendah.

Pada mobil model lama, komponen-komponen tersebut memerlukan pemeliharaan yang baik untuk menjaga performa mesin yang optimal.

FAQ

Bagaimana karburator mobil bekerja?

Karburator mobil bekerja berdasarkan sistem kerja Bernoulli, yaitu pengaturan aliran dalam kecepatan fluida. 

Apakah karburator perlu dibersihkan?

Ya. Karburator memerlukan perawatan berkala termasuk pembersihan komponen karburator. Mulai dari bagian filter udara, hingga seluruh komponen lain.

Pembersihan bagian karburator akan sangat berpengaruh terhadap performa dari salah satu bagian mesin ini yang kemudian akan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Apa beda karburator dan sistem injeksi?

Karburator dan sistem injeksi sama-sama berfungsi untuk melakukan pembakaran. Perbedaan utamanya terletak pada adanya sensor dalam sistem injeksi. Sementara sistem karburator mengandalkan gerakan piston.

Inspeksi Mobil Bekas Profesional

Anda berminat membeli mobil bekas yang masih mengandalkan sistem karburator? Kalau begitu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada setiap komponen.

CarsCheck menghadirkan layanan inspeksi mobil bekas yang siap menjadi solusi ideal Anda untuk mendapatkan mobil berkualitas. Kami memiliki inspektor profesional yang melakukan pemeriksaan secara detail dan menyeluruh.

Segera dapatkan inspeksi mobil menyeluruh termasuk komponen karburator mobil oleh ahlinya. Hubungi CarsCheck sekarang juga.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *