CarsOto

Konsumsi BBM Grand Livina Irit, Ini Penjelasannya!

konsumsi bbm grand livina

Banyak yang mengatakan konsumsi BBM Grand Livina cukup irit. Padahal, kapasitas mesin mobil ini sebesar 1.500 cc, jumlah tersebut cukup besar.

Nissan Grand Livina telah lama menjadi salah satu produk favorit bagi keluarga Indonesia. Pasalnya, mobil ini memiliki interior dan eksterior yang menarik hati. Belum lagi, fasilitasnya tergolong lebih memudahkan pengendara dan penumpang.

Lebih penting lagi, efisiensi bahan bakar ikut menjadi percakapan bagi pecinta otomotif. Memang, menghemat pengeluaran untuk bahan bakar menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Belum lagi, ini akan membantu menjaga lingkungan hidup.

Artikel ini akan membahas berapa liter konsumsi BBM Grand Livina, cara menghitung dan tips untuk menghemat biaya untuk bahan bakar.

Mengenal Kelebihan Grand Livina

Sebelum membahas bahan bakar untuk Grand Livina, mari ketahui beberapa kelebihannya terlebih dahulu. Mobil dari Nissan ini menjadi unggulan bagi konsumen berkat berbagai kelebihan yang menonjol.

Pertama, dari eksterior-nya, lapisan body mobil tergolong cukup tebal dan tampil lebih modern. Desain interiornya mengandalkan kulit untuk kursi untuk menonjolkan elemen elegan dan mengutamakan kenyamanan.

Faktor kenyamanan lain berasal dari sistem Front System Drive yang membuat efek getaran lebih rendah. Tidak hanya itu, suspensi Grand Livina menggunakan monoshock berkualitas tinggi, sehingga sangat cocok untuk terpakai di jalan tak rata.

Satu lagi keunggulan Grand Livina adalah kemampuan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Ini menjadikan mobil ini sesuai dengan keinginan konsumen yang sudah sadar akan pentingnya efisiensi bagi biaya dan lingkungan.

Berapa Konsumsi BBM Grand Livina?

konsumsi bbm grand livina

Selanjutnya, berapakah konsumsi BBM oleh Nissan Grand Livina. Tentunya, jawaban ini tidak memandang faktor lain seperti penyakit mobil Grand Livina paling umum.

Disebutkan bahwa Grand Livina mampu menghasilkan tenaga hingga 102 hp pada 6000 rpm. Menariknya lagi, 1 liter bahan bakar dapat terpakai untuk jarak 9 hingga 12 kilometer.

Jika mengambil sebuah hasil uji, terdapat estimasi bahwa Grand Livina mampu menjangkau 11,5 kilometer per liter bahan bakar. Itu pun jika hanya dalam kecepatan rata-rata kurang lebih 20 kilometer per jam.

Sedangkan apabila di luar jalanan kota, hasil pengujian efisiensi BBM mencatat konsumsi BBM Grand Livina dapat mencapai 16 kilometer per liter. Ini menunjukkan keiritan di luar jalanan kota justru lebih meningkat.

Lebih penting lagi, Grand Livina memiliki dukungan teknologi Eco Driving. Teknologi ini bertujuan untuk mengoptimalkan bahan bakar secara efisien sehingga membantu mengurangi pengeluaran karbondioksida.

Saat menerapkan teknologi Eco Driving dengan melaju dalam 70-80 kilometer per jam, hasil pengujian menunjukkan konsumsi BBM mencapai 20-21 km/liter.

Menariknya lagi, Nissan pernah mengumumkan Grand Livina mencatat rekor konsumsi BBM terefisien, yakni sebesar 30,3 km per liter. Data ini berdasarkan angka tertinggi pada Multi Information Display yang sebelumnya sudah diset pada awal keberangkatan.

Patut diingat bahwa hasil tersebut berasal dari pengendara yang tidak menyalakan AC mobil. Sementara dalam kondisi AC menyala, konsumsi bahan bakar tercatat mencapai 23 kilometer per liter berdasarkan catatan MID.

Catatan tersebut berdasarkan perjalanan dari Bandung ke Jakarta. Di sini, Grand Livina memiliki keuntungan dalam menghadapi jalan menurun yang sering ditemui. 

Ini membuat mobil dapat melaju cepat meski pengendara hanya menekan pedal gas sedikit.

Sebaliknya, kelemahan Grand Livina di tanjakan sering sekali merupakan keluhan paling umum. Meski begitu, ini tidak menghalangi mobil buatan Nissan ini tetap dapat irit bahan bakar.

Konsumsi BBM Grand Livina vs Avanza

Mari bandingkan konsumsi BBM oleh Grand Livina dengan produk kendaraan lain. Dalam kasus ini, Avanza merupakan mobil MPV yang terkenal sebagai pesaing beratnya. Maka dari itu, mari bandingkan keduanya.

Mungkin Anda sering sekali mendengar bahwa Grand Livina lebih irit daripada Avanza. Ternyata, hal tersebut sudah terbukti.

Grand Livina mampu menghabiskan satu liter BBM untuk 10-11 kilometer jika di dalam kota. Sedangkan untuk di luar kota, jangkauannya mencapai 12-13 kilometer per liter.

Sedangkan Avanza justru dapat mencapai 10-12 kilometer per liter untuk di dalam kota. Pada situasi di luar kota, mobil Toyota tersebut mampu menghabiskan 1 liter BBM untuk 13-14 kilometer.

Ini artinya, Grand Livina lebih unggul ketimbang Avanza dalam efisiensi BBM.

Tips Hemat Konsumsi BBM Grand Livina

Ingin mencoba hemat bahan bakar saat mengendarai Nissan Grand Livina? Berikut adalah tips agar penggunaan bahan bakar dapat lebih efisien.

1. Periksa Tekanan Ban

Pertama, sangat penting untuk memeriksa tekanan ban. Pasalnya, tekanan angin dalam ban harus sesuai rekomendasi pabrikan.

Ketika ban mengalami kekurangan tekanan angin, diameternya akan mengecil. Akibatnya, ban akan seperti terseret saat mobil melaju. Inilah yang menyebabkan pemborosan bahan bakar.

Hal yang sama juga berlaku saat tekanan ban lebih tinggi yang membuat diameter terlihat lebih besar. Ini akan tidak sesuai dengan drive train rekomendasi. Oleh karena itu, tekanan ban wajib sesuai dengan rekomendasi.

2. Injak Gas Secara Perlahan

Anda sudah mengetahui menginjak gas secara perlahan wajib saat berada di jalanan menurun. Nah, ini juga berkontribusi pada efisiensi bahan bakar. Tidak heran berdasarkan data tadi, hal ini mampu mengurangi pemborosan BBM.

Pada kendaraan dengan transmisi manual, pengendara wajib langsung memindahkan gigi saat akan memperlambat kecepatan. Sedangkan pada kendaraan transmisi CVT, transmisi tersebut akan menyesuaikan akselerasi dengan kendali pengendara.

3. Hindari Membawa Muatan Berlebih

Salah satu kesalahan paling umum saat bepergian jauh bersama keluarga adalah membawa muatan berlebih. Padahal ini dapat menurunkan performa mobil karena beban berat.

Terlebih, muatan berlebih juga akan membuat mobil boros BBM. Mesin mobil harus bekerja lebih keras untuk melaju sambil membawa beban. Oleh karenanya, bawalah muatan barang secukupnya.

4. Atur AC dengan Temperatur Sedang

Tips terakhir untuk menghemat BBM Grand Livina adalah mengatur AC dalam kondisi efisien. Anda sebaiknya mengatur AC dengan temperatur sedang saat berkendara.

Ketika suhu AC terlalu dingin, biasanya kompresor pada mesin akan bekerja lebih keras. Ini membuat mesin mendapat beban kinerja lebih keras sehingga konsumsi bahan bakar tidak efisien.

Itulah pembahasan konsumsi BBM Grand Livina. Efisiensi bahan bakar Nissan Grand Livina bisa tercapai saat menerapkan berbagai tips tadi.

Mengetahui jawaban dari “kenapa harga Grand Livina jatuh?” saja tidak cukup. Penting juga untuk mengetahui penerapan perawatan terbaik, termasuk dalam urusan suku cadang.

Carscheck.id akan memudahkan Anda agar efisiensi bahan bakar mobil lebih efektif. Kami akan memberi pelayanan terbaik, termasuk menyediakan suku cadang original dengan kemudahan bagi Anda.

FAQ

Benarkah Grand Livina Irit dalam konsumsi BBM?

Benar sekali! Berdasarkan berbagai faktor dan kondisi tertentu, konsumsi BBM dapat mencapai 30,3 kilometer per liter.

Berapakah rata-rata konsumsi BBM untuk Grand Livina?

Rata-rata Grand Livina dapat konsumsi BBM sebesar 11 km/liter untuk perjalanan dalam kota atau 13 km/liter untuk di luar kota.

Benarkah ada perbedaan konsumsi BBM saat menggunakan AC atau tidak?

Ada perbedaan. Apabila AC menyala, konsumsi BBM dapat lebih efisien.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *