CarsTips

7 Penyebab Karburator Banjir Pada Saat Mesin Mati

penyebab karburator banjir saat mesin mati

Apa penyebab karburator banjir pada saat mesin mati? Karburator banjir memang dapat menyebabkan mesin jadi sulit dihidupkan karena suplai bensin ke ruang bakar melebihi batas yang seharusnya.

Fungsi karburator sendiri adalah untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara pada mesin dengan perbandingan tertentu. Ketika karburator banjir atau melebihi batas perbandingan, maka mesin tidak akan menyala.

Karburator banjir juga dapat menimbulkan kerusakan mesin jika tak ada perbaikan yang tepat. Oleh karena itu, penting mengetahui penyebab karburator banjir pada saat mesin mati di bawah ini. Yuk, simak!

Penyebab Karburator Banjir

Karburator mobil merupakan salah satu komponen penting pada mesin mobil. Jika karburator banjir, maka pembakaran kurang optimal. Lantas, apa penyebab utama karburator banjir? Berikut informasinya.

1. Karburator Mengalami Kerusakan

Saat mesin mati tentunya tidak ada proses pembakaran. Namun, karburator terdapat rembesan bahan bakar atau banjir. Hal ini dapat terjadi karena kondisi karburator mengalami kerusakan akibat kurang perawatan.

Biasanya, korosi dan kotoran menjadi faktor utama kerusakan disamping faktor usia karburator. Mobil tua lebih rentan terjadi banjir pada karburator.

2. Jarum Pelampung Kotor

Jarum pelampung kotor dapat menjadi penyebab karbu banjir yang memang harus Anda cek secara mendalam. Jika memang kotor, maka bersihkan jarum pelampung agar fungsinya kembali bekerja secara optimal.

Jarum pelampung adalah komponen pengatur aliran bensin, sehingga fungsinya cukup krusial pada mesin mobil. Jika jarum pelampung sudah tidak berfungsi, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

3. Jarum Pelampung Aus

Komponen karburator ini memiliki peran sangat penting pada sistem pembakaran mesin mobil. Jarum pelampung ini menjadi penyumbat aliran ke ruang bakar.

Jika jarum pelampung mengalami keausan, maka kontrol bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar tidak akan tepat. Dengan begitu, karburator dapat mengalami banjir karena bahan bakar tidak terkontrol.

4. Pelampung Karburator Bocor

Karburator banjir saat mesin mati biasanya ada kebocoran pada pelampung. Jika pelampung bocor, maka jarum pelampung tidak dapat menutup aliran bahan bakar sehingga karburator banjir meski mesin mati.

Jika kondisi ini tidak ada penanganan, maka akan terjadi rembesan pada karburator. Sebab, bahan bakar terus mengalir tanpa terkontrol akibat tidak berfungsinya bagian karburator tersebut. Jika bocor, ganti pelampung.

5. Spring Needle Valve Patah

Needle valve adalah komponen karburator yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar ke ruang pembakaran. Komponen karburator ini memiliki spring dan jarum panjang yang dapat Anda sesuaikan.

Spring needle valve patah, maka jarum tidak akan menutup rapat saluran bahan bakar. Kondisi ini tentunya dapat membuat karburator banjir.

6. Kesalahan Perakitan Karburator

Penyebab karburator banjir pada saat mesin mati selanjutnya adalah kesalahan saat perakitan. Jika karburator pernah diganti tetapi muncul permasalahan seperti banjir, maka kemungkinan salah saat perakitannya.

Kesalahan perakitan karburator seperti pelampung terjepit atau pemasangan seal karet tidak tepat. Alhasil, bahan bakar banjir atau terjadi rembesan.

7. Seal Karburator Mengeras

Seal karet pada bagian mangkok karburator mengeras menjadi salah satu penyebab karburator kebanjiran bahan bakar. Karet seal ini terletak pada bagian tengah yang berfungsi menutup bagian bak karburator.

Jika karet seal mengeras, maka tidak dapat menutup karburator secara sempurna. Bahan bakar akan rembes atau banjir, sehingga perlu penggantian seal baru.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

penyebab karburator banjir saat mesin mati

Prinsip kerja karburator adalah melalui sistem vakum memasok bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Jika terjadi banjir, maka vakum tidak akan bekerja. Adapun cara mengatasi banjir pada karburator sebagai berikut:

1. Periksa dan Bersihkan Busi 

Ketika Anda mengetahui ciri-ciri karbu banjir atau rembes, maka segera cek bagian busi. Jika busi basah, maka bersihkan busi dari rembesan bahan bakar.

Pastikan Anda bersihkan busi dengan menggunakan lap kering dan tutup kran bahan bakar agar tak terjadi rembesan. Busi yang bersih dari kotoran sangat penting untuk menghasilkan pembakaran yang efisien.

2. Periksa Pelampung dan Needle Valve

Adanya rembesan bahan bakar pada bagian luar karburator jadi salah satu tanda karburator banjir. Hal ini dapat disebabkan oleh needle valve tidak berfungsi.

Periksa bagian needle valve apakah masih mempu membuka dan menutup saluran bahan bakar atau tidak. Cek juga kondisi pelampung, pastikan tidak ada kebocoran dan pemasangannya sudah sesuai.

3. Bersihkan Karburator Menyeluruh

Membersihkan karburator bertujuan untuk menjaga kondisi tetap bagus. Bahkan, pembersihan karburator akan lebih baik dilakukan secara berkala.

Anda dapat menggunakan bahan pembersih karburator mobil untuk menghilangkan kotoran, sumbatan, dan endapan di dalam penampung. Pastikan membersihkannya dengan hati-hati dan secara detail.

FAQ

Apa penyebab karburator mobil banjir?

Penyebab utama karburator banjir dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penampung bocor, spring needle valve patah, dan seal keras.

Apa dampak karburator banjir?

Dampak karburator banjir, yaitu mesin sering mati, performa mobil berkurang, bahan bakar menjadi boros, dan kerusakan komponen mesin mobil.

Bagaimana cara mengatasi karburator banjir?

Periksa dan membersihkan busi dari kotoran atau rembesan bahan bakar, termasuk cek penampungan dan needle valve serta bersihkan karburator.

Butuh Inspeksi Mobil? CarsCheck Saja!

Bagi Anda yang membutuhkan layanan inspeksi mobil bekas bergaransi, CarsCheck adalah solusinya. Kami siap membantu Anda melakukan pemeriksaan mobil bekas oleh teknisi ahli di bidangnya.

Kondisi mobil yang kami periksa akan digambarkan lengkap, menyeluruh, dan mudah dipahami dalam bentuk laporan. Ini juga dapat termasuk laporan penyebab karburator banjir pada saat mesin mati.

Yuk, bawa mobil bekas Anda ke bengkel mitra CarsCheck! Kami akan membantu ketika Anda membutuhkan layanan darurat 24 jam di seluruh Indonesia.

author-avatar

About Erwin Juntoro

Erwin Juntoro telah menggeluti dunia otomotif sejak tahun 2018. Dengan latar belakang pendidikan dari SMK Otomotif, Erwin memiliki keterampilan yang baik mengenai kelistrikan, mesin, transmisi, dan modifikasi kendaraan. Saat ini ia aktif berbagi pengetahuan di website CarsCheck.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *