CarsTips

Fungsi Radiator Mobil, Bagian Penting Pendingin Mesin Mobil

fungsi radiator mobil

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa mesin mobil Anda memerlukan radiator? Atau bagaimana sebenarnya radiator bekerja untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil saat berkendara? Untuk menjawabnya, yuk ketahui fungsi radiator mobil!

Radiator merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan mobil yang seringkali terabaikan. Padahal sebenarnya radiator memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mesin kendaraan Anda.

Definisi Radiator

Tempat terjadinya pembakaran dalam mobil sehingga kendaraan roda empat ini dapat memiliki daya disebut sebagai mesin mobil. Pembakaran dalam mesin mobil ini dapat menyebabkan kenaikan suhu terus menerus selama mesin berjalan.

Jika Anda mengemudi untuk jangka waktu yang lama, suhu mesin mobil akan menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu, mobil Anda harus memiliki sistem pendingin mesin sehingga suhu di dalam mesin terkontrol dan terhindar dari overheating.

Radiator adalah alat yang berfungsi untuk mentransfer panas mesin mobil ke udara. Peran utamanya menyebarkan campuran antifreeze dan air yang melepaskan sebagian panas mesin, sembari menyerap udara dingin sebelum melanjutkan sisanya ke mesin.

Di dalam radiator ada air yang disebut sebagai coolant yang akan berjalan di saluran-saluran yang dipasang di sekitar mesin.

Cairan ini bekerja dengan menyerap panas di dalam mesin dan membawanya kembali ke radiator. Air akan didinginkan di dalam radiator dan membuang panas dari mesin ke udara di luar.

Bersama dengan radiator ada jalur pendek, pompa air, dan kopling kipas. Masing-masing memiliki peran berbeda dalam membantu radiator untuk menjaga mesin tetap dingin.

Jalur pendek mengirimkan coolant hangat ke inti pemanas untuk menghasilkan udara panas. Sementara, pompa air mengirimkan coolant untuk mengalir ke seluruh mesin.

Hal paling penting adalah peran kopling kipas. Tujuan bagian ini untuk membawa lebih banyak udara ke dalam radiator dan membantu menurunkan suhu campuran antifreeze dan air.

Fungsi Radiator

Seperti yang sudah kita ketahui, pembakaran yang terjadi dalam mesin mobil akan menyebabkan mesin menjadi panas. Suhu panas ini akan terus meningkat selama mobil terus berjalan.

Artinya, semakin lama Anda menggunakan mobil, semakin tinggi suhu akibat pembakaran mesin. Itulah sebabnya setiap mobil membutuhkan sistem pendingin yaitu radiator agar suhu di dalam mesin tidak overheating.

Lalu, bagaimana radiator mobil bekerja? Radiator bekerja dengan mentransfer panas dalam mesin mobil ke udara. Radiator akan membuang air ke saluran-saluran yang ada di sekitar mesin mobil.

Air ini berfungsi untuk menyerap panas mesin dan membawanya kembali ke radiator. Setelah air ini kembali ke radiator, air akan didinginkan sedangkan panasnya dibuang ke udara.

Prinsip Operasi Radiator

Dalam radiator, ada 3 bagian utama, yaitu tangki keluaran dan masukan, inti, dan tutup tekanan. Setiap bagian radiator mobil memainkan peran masing-masing.

Peran utama selang radiator adalah untuk menghubungkan mesin ke radiator dan memungkinkan coolant mengalir melalui tangki.

Tangki masukan bertanggung jawab mengarahkan coolant panas dari mesin ke radiator untuk didinginkan. Lalu, berputar kembali ke mesin melalui tangki keluaran.

Setelah coolant panas masuk, bagian inti beredar melalui pelat logam besar yang berisi beberapa baris sirip logam tipis. Tujuannya membantu mendinginkan coolant panas yang masuk.

Sementara coolant menjalani proses tersebut, ada juga tutup tekanan radiator. Fungsi tutup radiator adalah untuk mengunci dan menutup sistem pendinginan dengan rapat dan memastikan tetap bertekanan hingga titik tertentu.

Begitu mencapai titik tersebut, bagian ini akan melepaskan tekanan. Tanpa tutup tekanan, coolant mungkin akan overheat dan menyebabkan tumpahan berlebih. Dengan demikian, kondisi ini menyebabkan radiator bekerja tidak efisien.

Demikian fungsi radiator mobil. Agar mobil yang Anda gunakan sehari-hari dapat berfungsi secara optimal, Anda wajib melakukan perawatan terhadap mesin mobil, termasuk radiatornya.

Selama penggunaan mobil, pastikan rutin mengecek mesin dan radiator agar tetap kondisi prima. Anda bisa melakukannya melalui layanan inspeksi mobil dari CarsCheck. Layanan ini akan membantu Anda memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh.

CarsCheck berkomitmen menyediakan pelayanan terbaik demi menjaga performa mobil Anda. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan layanannya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *